Faktor Pendorong dan Penghambat Mobilitas Social | ujiansma.com

Kamu Berada di:
Home » Pembelajaran » Faktor Pendorong dan Penghambat Mobilitas Social

Faktor Pendorong dan Penghambat Mobilitas Social

 

                Dalam sebuah proses social pasti ada yang namanya moblitas social yang timbul di kalangan masyarakat dimana moobilitasini merupakan sarana untuk melakukan kontak ataupun proses social jadi kita sebagai makhluk social perlu mengetahui apa saja factor pendorong dan penghambat mobilitas social tersebut sebab dengan begitu kita mampu menghindari atau mampu mencari cara yang dapat dilakukan untuk membuat sebuah mobilitas social berjalan lancar.

            factor pendorong dan penghambat mobilitas social perlu sangat di ketahui oleh kita oleh karena itu mari kita lihat apa saja factor factor penghambat sebuah mobilitas social :

  • Adanya perbedaan kelas rasial

Kelas rasial merupakan perbedaan social antara masyarakata yang memiliki perbedaan seperti suku, ras, kulit dan budaya. Seperti contoh sistim pemerintahan  yang terjadi di Afrika Selatan di masa lalu yaitu politik apartheid, dimana ras berkulit putih yang berkuasa dan tidak memberi kesempatan kepada mereka yang berkulit hitam selaku penduduk asli di Afrika Selatan untuk dapat duduk bersama – sama di pemerintahan sebagai penguasa atau bagian dari sebuah pemerintahan.

  • Perbedaan Agama

Karena banyaknya agama yang berbeda di setiap Negara maka termasuk ke dalam factor penghmbat mobilitas social. seperti yang terjadi di India mereka menggunakan sistem kasta dalam kependudukan.

  • Diskriminasi Kelas

dalam sebuah sistem kelas terbuka akan dapat menghalangi mobilitas ke atas. Hal ini terbukti dengan adanya pembatasan suatu organisasi tertentu dengan berbagai syarat dan ketentuan yang ada, sehingga hanya sedikit orang yang mampu untuk masuk dalam suatu organisasi tersebut.

Contoh singkat yaitu jumlah peserta dalam sebuah lomba hanya di perbolehkan 2 orang dari setiap sekolah maka hanya 2 orang tersebut yang mendapat kesempatan untuk menaikan status sosialnya menjadi peserta lomba.

  • Kemiskinan

Kemiskinan secara tidak langsung dapat membatasi kesempatan bagi seseorang untuk berkembang dan mencapai suatu sosial tertentu. Contohnya saja seorang anak yang tidak bersekolah karena kekurangan biaya maka ia tidak memiliki kesempatan untuk meningkatkan status sosialnya lebih tinggi lagi.

factor pendorong dan penghambat mobilitas social, dimana anda telah mengetahui mengenai factor penghambat maka sekarang kita akan membahas mengenai factor pendorong mobilitas social yaitu :

  1. Faktor Struktural

Faktor structural ini adalah jumlah relatif dari kedudukan tinggi yang bisa dan harus diisi serta kemudahan untuk memperoleh factor tersebut. Dimana hal hal yang termasuk dalam cakupan faktor struktural antara lain sebagai berikut :

  • Struktur Pekerjaan

Pada masyarakat akan terdapat beberapa kedudukan dimana dapatberupa kedudukan tinggi dan kedudukan rendah yang mana harus diisi oleh anggota masyarakat tersebut. Biasanya hal ini menyangkut kegiatan perekonomian yang ada dalam masyarakat tersebut.

  • Perbedaan Fertilitas

Fertilitas yaitu tingkat kelahiran pada setiap masyarakat yang berbeda – beda. Tingkat fertilitas akan berhubungan erat dengan jumlah jenis pekerjaan yang mempunyai kedudukan tinggi atau rendah dimana orang yang memiliki pekerjaan tetap akan memiliki anak lebih dari satu sebab ia merasa mampu untuk membiayai anak mereka. Hal ini tentu akan berpengaruh terhadap proses mobilitas social yang akan berlangsung kelak.

  1. Faktor Individu

Faktor individu merupakan sebuah kualitas orang perorang baik ditinjau dari segi tingkat pendidikan, penampilan, maupun keterampilan pribadi yang ada pada diri seseorang. Adapun yang termasuk dalam faktor individu adalah :

  • Perbedaan Kemampuan

Ada seseorang yang mampu melakukan orientasi sikap terhadap Mobilitas social yang ada

  • status social

sini merupakan suatu factor kemujuran juga yang di dapat individu sebelum mereka lahir dimana setiap manusia dilahirkan dalam status sosial yang dimiliki oleh orang tuanya, karena ketika ia dilahirkan tidak ada satu manusia pun yang memiliki statusnya sendiri maka dari itu status di dapatkan dari orang tua.

  • keadaan ekonomi

keadaan ekonomi akan dapat mendorong terjadinya mobilitas social dalam sebuah masyarakat. Cara mereka berusaha untuk engubah status sosialnya merupakan proses terjadinya mobilitas social contohnya saja bagi seseorang yang kekurangan kemudian ia berpindah ke kota besar untuk mencari peruntungan maka secara sosiologis terjadi mobilitas social.


Posted by 0 Responses
     

Leave a Reply to this Post

Feb
7
2013
 
 
ujiansma.com Search form
DUKUNG GERAKAN LULUS UAN 100% Yang GAG DUKUNG berarti GAG PENGEN LULUS!!!



Recently Active Users
admin