ujiansma.com

Portal pendidikan no 1

Menu

Faktor yang mempengaruhi hubungan interpersonal

October 2, 2015 | IPS

848162_detail

Faktor yang mempengaruhi hubungan interpersonal

Terdapat beberapa hal yang mempengaruhi hubungan interpersonal, yaitu :

  • Komunikasi efektif. Komunikasi interpersonal dinyatakan efektif bila pertemuan antara pemangku kepentingan terbangun dalam situasi komunikatif—interaktif dan menyenangkan.
  • Ekspresi wajah. Ekspresi wajah menimbulkan kesan dan persepsi yang sangat menentukan penerimaan individu atau kelompok. Wajah telah lama menjadi sumber informasi dalam komunikasi interpersonal dan merupakan alat komunikasi yang sangat penting dalam menyampaikan makna dalam beberapa detik raut wajah akan menentukan dan menggerakkan keputusan yang diambil.
  • Kepribadian sangat menentukan bentuk hubungan yang akan terjalin. Kepribadian mengekspresikan pengalaman subjektif seperti kebiasaan, karakter dan perilaku. Faktor kepribadian lebih mengarah pada bagaimana tanggapan dan respon yang akan diberikan sehingga terjadi hubungan.
  • Stereotyping merupakan cara yang banyak ditemukan dalam menilai orang lain yang dilibatkan pada kategorisasi tertentu. Individu atau kelompok akan merespon pengalaman dan lingkungan dengan cara memperlakukan anggota masyarakat secara berbeda atau cenderung melakukan pengelompokan menurut jenis kelamin, cerdas, bodoh, rajin, atau malas.
  • Kesamaan karakter personal. Manusia selalu berusaha mencapai konsistensi dalam sikap dan perilakunya atau kita cenderung menyukai orang lain, kita ingin mereka memilih sikap yang sama dengan kita, dan jika menyukai orang, kita ingin memilih sikap mereka yang sama.
  • Dan lainnya

Related For Faktor yang mempengaruhi hubungan interpersonal