Flora atau dunia tumbuh tumbuhan atau jika diartikan dalam bahasa Latin adalah alam tumbuhan atau nabatah yang merupakan khazanah segala macam jenis tanaman dan tumbuhan. Biasanya ditulis di depan nama geografis, misalnya nabatah Jawa, nabatah Asia atau nabatah Australia.

Indonesia sendiri merupakan Negara yang terkenal dengan floranya. Banyak sekali flora langka Indonesia yang menjadi pusat perhatian dari seluruh dunia. Sebut saja salah satunya Rafflesia Arnoldi yang merupakan bunga yang sangat langka.

Akan tetapi, kelangkaan flora atau kepunahan flora di Indonesia sendiri sudah sangat sering sekali terjadi. Hal ini mungkin karena kurangnya perhatian dari pemerintah atau bisa juga karena masyarakat yang kurang berpendidikan, sehingga tidak tahu bahwa flora tersebut harus dilestarikan.

Oleh karena itu, sekarang ini flora langka Indonesia mulai dimasukkan ke dalam cagar alam untuk menghindari terjadinya kepunahan, karena sekali terjadi kepunahan, maka tidak ada lagi cara untuk mengembalikannya.

Melalui artikel ini, sangat diharapkan bagi anda untuk melestarikan flora sebaik baiknya. Flora ini juga merupakan salah satu asset bangsa Indonesia. Banyak sekali turis asing yang jauh jauh datang hanya untuk melihat atau meneliti flora yang ada di Indonesia.

Banyak sekali flora langka Indonesia yang bisa dinikmati keindahan atau keunikannya. Untuk lebih jelas mengenai flora langka Indonesia, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

  • Raflesia Arnoldi

 

Bunga yang satu ini pastinya sudah tidak asing lagi bagi kita semua. Bunga yang berasal dari Taman Nasional Bengkulu ini mempunyai ukuran dengan diameter bunga yang hampir mencapai 1 meter. Bunga ini juga sering disebut sebagai bunga bangkai.

Hal ini karena bunga ini bisa mengeluarkan bau yang sangat menyengat. Bau ini dikeluarkan dengan sengaja untuk menarik lalat agar hinggap dan membantu proses penyerbukan. Bunga yang satu ini juga termasuk ke dalam tanaman parasit yang memerlukan inangnya untuk hidup.

Pada saat ini, kondisi habitat bunga ini sangatlah memprihatinkan, karena jumlahnya yang terus menurun secara drastis dari tahun ke tahun. Menyusutnya habitat tanaman ini kebanyakan disebabkan oleh aktivitas manusia.

Misalnya pembukaan wikalay hutan, baik untuk kegiatan pertambangan, pertanian, ataupun untuk permukiman penduduk.

  • Cendana

 

Cendana atau yang disebut sebagai Santalum album dalam bahasa Latin, merupakan tanaman langka penghasil kayu cendana dan minyak cendana. Kebanyakan kayunya digunakan sebagai rempah rempah, bahan dupa, aroma terapi, campuran parfum, serta sangkur keris (warangka).

Cendana juga termasuk ke dalam tumbuhan parasit pada awal kehidupannya. Kecambahnya memerlukan pohon inang untuk hidup dan mendukung pertumbuhannya, karena sistem perakarannya sendiri tidak bisa mendukung kehidupannya.

Karena hal inilah cendana sukar untuk dikembang biakkan atau dibudidayakan. Kayu cendana wangi sekarang ini sangatlah langka dan harganya sangat mahal. Kayu cendana juga dianggap sebagai obat alternatif untuk membawa orang lebih dekat kepada Tuhan.

Minyak dasar kayu cendana harganya sangatlah mahal dalam bentuknya yang murni. Minyak ini biasanya lebih banyak digunakan terutama untuk penyembuhan cara Ayurveda dan untuk menghilangkan rasa cemas.

  • Enau

 

Enau atau Arenga Pinnata atau sering juga disebut sebagai aren merupakan palma yang terpenting setelah kelapa (nyiur) karena merupakan tanaman serba guna. Palma yang besar dan tinggi dapat mencapai 25 m.

Tanaman ini juga memiliki diameter sampai dengan 65 cm. batang pokoknya yang kokoh dan bagian atas yang diselimuti oleh serabut berwarna hitam dikenal sebagai ijuk atau duk. Sebenarnya, ijuk merupakan bagian dari pelepah daun yang menyelubungi batang.

Pohon enau ini memiliki sangat banyak kegunaan. Tanaman ini juga sangat populer sebagai tanaman yang serba guna, terutama sebagai penghasil gula.

  • Mimba

 

Mungkin tanaman ini masih jarang anda dengar. Tanaman langka yang sering disebut sebagai mimbo ini merupakan pohon yang tinggi dan batangnya bisa mencapai ketinggian 20 m. Kulit batangnya sangat tebal dan kasar.

Sedangkan buahnya merupakan buah batu dengan panjang 1 cm. Buah mimba dihasilkan dalam satu sampai dua kali setahun, berbentuk oval, bila masak dagingnya berwarna kuning.

Inilah sekilas mengenai flora langka Indonesia. Semoga bermanfaat