ujiansma.com

Portal pendidikan no 1

Menu

Formulir Pendaftaran Universitas Islam Negeri Alauddin

August 11, 2012 | PTN

Pendidikan agama adalah salah satu hal yang dapat memotivasi seorang pelajar untuk melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi. Hal ini dikarenakan pelajar tersebut ingin mendapatkan ilmu keagamaan yang lebih baik. Oleh karenanya, tidak sedikit pelajar yang melanjutkan pendidikannya di perguruan tinggi yang berbasis keagamaan. Salah satu universitas keagamaan yang sering kita dengar adalah Universitas Islam Negeri (UIN). Universitas Islam Negeri merupakan salah satu perguruan tinggi yang berbasiskan agama Islam. Dan Universitas Islam Negeri (UIN) tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Salah satunya adalah Universitas Islam Negeri (UIN) yang ada di Makassar, yaitu Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin.

Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin merupakan salah satu institusi pendidikan yang berbasis agama Islam yang terletak di Makassar, Indonesia. Oleh karenanya, tidak sedikit pula pelajar yang ingin melanjutkan pendidikan perguruan tingginya di sana. Terutama bagi para lulusan SMA dan sederajat yang berada di Kota Makassar. Terutama bagi mereka yang ingin melanjutkan pendidikan sekaligus dengan pengetahuan agamanya. Jadi, Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin ini menjadi salah satu pilihan bagi para lulusan SMA dan sederajat dalam melanjutkan pendidikannya.

Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin

Sebagai salah satu institusi pendidikan agama Islam, Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin telah berdiri cukup lama. Namun sebelumnya tidak dengan nama Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin. Sebagai salah satu Universitas Islam Negeri (UIN), Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin mempunyai visi dan misi yang intinya adalah untuk menghasilkan para lulusan yang memiliki kemampuan dan juga memiliki nilai-nilai akhlak mulia. Jadi intinya Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin didirikan untuk dapat menghasilkan para lulusan yang berkualitas serta memiliki akhlak mulia.

Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin memiliki 7 fakultas berbeda, dengan total 47 program studi. Adapun fakultas dan program studinya antara lain :

  • Fakultas Syariah dan Hukum, program studinya antara lain : Hukum Acara Peradilan dan Kekeluargaan, Hukum Pidana dan Ketatanegaraan, Ekonomi Islam, Perbandingan Hukum, Manajemen, Ilmu Hukum, Akuntansi, Ekonomi Pembangunan.
  • Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, program studinya antara lain : Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Bahasa Arab, Manajemen Pendidikan Islam, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Matematika, Pendidikan Biologi, Pendidikan Fisika, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI).
  • Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, program studinya antara lain : Filsafat Agama, Ilmu Aqidah, Sosiologi Agama, Perbandingan Agama, Ilmu Hadist, Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, Ilmu Politik.
  • Fakultas Adab dan Humanion, program studinya antara lain : Bahasa dan Sastra Arab, Sejarah dan Kebudayaan Islam, Bahasa dan Sastra Inggris, Ilmu Perpustakaan.
  • Fakultas Dakwah dan Komunikasi, program studinya antara lain : Komunikasi dan Penyiaran Islam, Bimbingan Penyuluhan Islam, Pengembangan Masyarakat Islam, Kesejahteraan Sosial, Manajemen Dakwah, Jurnalistik, Ilmu Komunikasi.
  • Fakultas Sains dan Teknologi, program studinya antara lain : Teknik Arsitektur, Teknik Informatika, Teknik Perencanaan wilayah dan kota, Fisika, Biologi, Kimia, Matematika, Ilmu Peternakan, Sistem Informasi.
  • Fakultas Ilmu Kesehatan, program studinya antara lain : Kesehatan Masyarakat, Keperawatan, Farmasi, Kebidanan (D3)

Formulir Pendaftaran Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin

Bagi anda yang merasa tertarik untuk melanjutkan pendidikan di Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin, ada beberapa jalur pendaftaran yang dapat dilalui. Ada jalur yang bersifat nasional yang sudah kita kenal, yaitu jalur SNMPTN. Adapun jalur masuk yang ada di Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin antara lain :

  • Jalur PMJK
  • Jalur SNMPTN Undangan
  • Jalur SNMPTN Tertulis
  • Jalur SPMB-PTAIN
  • Jalur UMB-PT (Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi)
  • Jalur UMM (Ujian Masuk Mandiri)
  • Jalur UMK (Ujian Masuk Khusus)

Setiap jalur tersebut memiliki waktu pendaftaran, seleksi, serta pengumuman yang berbeda.

Dengan adanya berbagai program studi dan jalur masuk yang dapat dipilih, tidak heran Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin dapat menjadi perguruan tinggi yang anda incar. Untuk mendapatkan info lebih jelasnya mengenai Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin beserta formulir pendaftarannya, dapat dilihat di situs resmi Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin, yaitu di www.uin-alauddin.ac.id.


Related For Formulir Pendaftaran Universitas Islam Negeri Alauddin