Formulir Pendaftaran Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga | ujiansma.com

Kamu Berada di:
Home » PTN » Formulir Pendaftaran Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga

Formulir Pendaftaran Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga

 

Formulir Pendaftaran Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Pendidikan adalah salah satu elemen penting dalam kehidupan seorang pelajar. Karena dengan adanya pendidikan, maka seorang pelajar akan memiliki bekal yang dapat dibawa hingga ke dunia kerja. Karenanya tidak jarang seorang pelajar melanjutkan pendidikannya hingga ke jenjang paling tinggi yang bisa ia raih. Dalam menempuh suatu pendidikan, ada beberapa faktor yang dapat menunjang ilmu yang didapat seorang pelajar. Salah satu faktor pendukungnya adalah lingkungan tempat pelajar tersebut melakukan proses pembelajaran. Karenanya, tidak sedikit para pelajar yang ingin melanjutkan pendidikannya di sekolah atau perguruan tinggi ternama. Tak jarang pelajar tersebut melanjutkan pendidikannya di luar negeri. Semua itu hanya demi satu tujuan, yaitu mendapatkan ilmu yang lebih baik. Memiliki pengetahuan yang lebih baik dibanding yang lainnya merupakan salah satu keuntungan yang dapat dipakai dalam dunia kerja. Karenanya setiap pelajar sangat ingin melanjutkan pendidikannya di universitas ternama ataupun luar negeri. Namun, ada satu pelajaran yang biasanya ingin dipelajari oleh seorang pelajar. Pelajaran tersebut adalah ilmu agama. Hal ini dikarenakan para pelajar tersebut ingin memperdalam ilmu keagamaannya. Oleh karenanya, tidak jarang para pelajar tersebut melanjutkan pendidikan perguruan tingginya di Universitas Islam Negeri (UIN). Universitas Islam Negeri (UIN) merupakan perguruan tinggi negeri yang  berbasiskan agama Islam yang sudah memiliki reputasi bagus dalam menciptakan para lulusan berkualitas dan bermoral. Universitas Islam Negeri (UIN) tersebut terbagi di beberapa daerah di Indonesia. Salah satunya adalah Universitas Islam Negeri (UIN) yang berada di Daerah Istimewa (DI) Yogyakarta, yaitu Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga.

Untuk bergabung ke dalam UIN Sunan Kalijaga, maka sangat diperlukan pengisian formulir yang lengkap dan benar, berikut adalah langkah langkah untuk menulis formulir tersebut :

  1. Jika pengisian adalah manual, gunakan pena yang tidak macet dan hindari penulisan kalimat yang salah, jika terjadi kesalahan, gunakan tip-ex untuk menghilangkan tulisan yang salah tersebut. Untuk pengisian secara online, ketikkan dengan benar informasi dan biodata anda.
  2. Usahakan informasi tentang biodata anda adalah relevan dengan kenyataan.
  3. Hindari mengarang bebas ataupun memberikan informasi palsu.
  4. Siapkan uang Rp.150.000,- rupiah untuk pembelian formulir.
  5. Formulir yang telah di isi dengan lengkap dan telah memenuhi seluruh kriteria yang diminta agar dapat diserahkan tepat waktu.

Sekilas Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga

Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang berbasiskan agama Islam yang telah berdiri cukup lama, yaitu berdiri pada 8 Juli 1945. Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga telah menjadi center of excellence dalam bidang ilmu Islam. Selain itu, Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga merupakan feeder bagi Universitas Islam Negeri (UIN) yang ada di daerah lainnya. Universitas Islam Negeri (UIN) yang ada di Yogyakarta dinamai Sunan Kalijaga, berdasarkan nama seorang walisongo yaitu Sunan Kalijaga.

Pada awal mulanya, Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga berdiri di Jakarta dan merupakan Sekolah Tinggi Islam (STI). Namun pada tahun 1946, STI tersebut ikut pindah dengan Pemerintah Pusat RI ke Yogyakarta. Dan pada tahun 1948, STI berubah menjadi Universitas Islam Indonesia (UII). Lalu setelah melewati proses yang sangat panjang, terbentuk Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Al-Jami’ah di Yogyakarta yang diberi nama Sunan Kalijaga pada 1 Juli 1965. Dan secara kelembagaan, IAIN Sunan Kalijaga tersebut baru mendapatkan status universitas pada tahun 2004, dan menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga.

Pendaftaran Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga

Sebagai salah satu universitas yang telah berdiri sejak lama, pastinya Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga memiliki berbagai kelebihan yang dapat menarik minat para lulusan SMA dan sederajat. Hal ini diperkuat lokasi di mana Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga ini berada. Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga ada di salah satu kota besar di Indonesia. Pastinya hal ini akan menjadi daya tarik bagi para pelajar yang ada di kota lainnya. Dan seperti yang saya katakan di atas, Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga merupakan center of excellence di bidang ilmu Islam. Pastinya hal ini menjadi daya tarik bagi para pelajar yang ingin memperdalam ilmu agama Islamnya.

Dalam mendaftarkan diri di Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, ada beberapa jalur yang dapat dipilih oleh para pesertanya. Yaitu jalur SNMPTN, SPMB-PTAIN, Reguler, Mandiri. Untuk info seputar Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga dapat dilihat di www.uin-suka.ac.id.

Sebagai salah satu universitas yang berbasiskan agama Islam, Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga dapat dikatakan sebagai salah satu universitas yang paling baik. Karenanya dengan adanya artikel ini dapat membuat anda lebih kenal Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga.


Posted by 0 Responses
     

Leave a Reply to this Post

Aug
20
2012
 
 
ujiansma.com Search form
DUKUNG GERAKAN LULUS UAN 100% Yang GAG DUKUNG berarti GAG PENGEN LULUS!!!



Recently Active Users
admin