Fungsi dan Struktur Rangka Manusia | ujiansma.com

Kamu Berada di:
Home » Pembelajaran » Fungsi dan Struktur Rangka Manusia

Fungsi dan Struktur Rangka Manusia

 

Manusia merupakan salah satu makhluk hidup ciptaan Tuhan YME yang menempati muka bumi ini. Pada dasarnya, sebagai makhluk hidup manusia mempunyai fungsi dan struktur rangka manusia yang menyusunnya.

Sama halnya seperti hewan, manusia juga mempunyai kerangka yang membentuk tubuhnya. Pada dasarnya, struktur rangka manusia ini sendiri tersusun dari sekumpulan tulang. Pada dasarnya, tulang-tulang tersebut mempunyai berbagai fungsi yang berbeda-beda.

Rangka manusia merupakan susunan dari berbagai jenis tulang yang terhubung oleh sendi dan kemudian dapat digerakkan oleh otot. Rangka manusia sendiri terdiri dari kurang lebih 206 tulang.

Berdasarkan letak tulang dan sumbu tubuh, rangka manusia dapat dikelompokkan menjadi dua kelompok, yaitu rangka aksial yang berada di bagian tengah sumbu tubuh dan rangka apendikular yang berada di bagian tepi dari sistem rangka aksial.

Untuk lebih jelas mengenai fungsi dan struktur rangka manusia, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

  • Rangka aksial

 

Merupakan tulang-tulang yang berada di bagian tengah sumbu tubuh. Tulang rangka aksial sendiri terdiri dari tulang kepala (tengkorak), ruas-ruas tulang belakang, tulang dada, dan tulang rusuk (kosta).

  1. a.      Tulang kepala

 

Merupakan tulang yang terdiri dari tulang tempurung (cranium) dan tulang rahang. Tulang kepala berfungsi untuk melindungi otak, organ pendengaran, dann organ penglihatan.

  1. b.      Tulang belakang

 

Tulang belakang merupakan penopang tubuh yang paling utama. Tulang ini terdiri dari berbagai jejeran tulang belakang (vetebrata). Di antara tulang tersebut terdapat discus invertebratalis yang merupakan tulang rawan yang membentuk sendi yang kuat dan elastic.

Discus invertebratalis ini memungkinkan tulang belakang dapat bergerak ke segala arah. Jika dilihat dari samping, tulang belakang pada dasarnya membentuk lekukan leher (cervix), lekukan dada (thorax), lekukan pinggul (lumbar) dan lekukan selangkangan (sacral).

  1. c.       Tulang dada dan tulang rusuk

 

Tulang dada pada dasarnya terdiri dari bagian hulu atau bagian tangkai, bagian badan (corpus sterni) dan taju pedang (processus xyphoideus). Tulang rusuk sendiri terdiri dari 12 pasang tulang rusuk, yaitu 7 pasang rusuk sejati (costa vera), 3 pasang rusuk palsu (costa spuria) dan 2 pasang rusuk melayang (costa fluctuantes).

Bersama dengan lekukan dada (thorax) pada tulang belakang, tulang dada dan tulang rusuk membentuk rongga dada yang berfungsi untuk melindungi organ penting, misalnya jaunting, paru-paru dan pembuluh darah.

  • Rangka apendikular

 

Merupakan rangka yang meliputi anggota gerak tubuh. rangka ini dapat dikelompokkan menjadi gelang bahu, tulang anggota gerak atas, gelang panggul, dan tulang anggota gerak bawah.

Gelang bahu sendiri dibagi lagi menjadi dua bagian penting, yaitu kanan dan kiri. Masing-masing gelang bahu terdiri dari tulang selangka dan tulang belikat. Sedangkan tulang anggota gerak atas terdiri dari dua tungkai, kanan dan kiri. Masing-masing tulang tersebut terdiri atas :

-         Tulang lengan atas

-         Tulang hasta (ulna)

-         Tulang pengumpil (radius)

-         8 tulang pergelangan tangan (carpal)

-         5 tulang telapak tangan (metacarpal)

-         4 tulang jari tangan (phalanges)

Gelang panggul sendiri terdiri dari dua tulang pinggul yang ada di kanan dan di kiri. Gelang panggul sangat stabil dan berfungsi untuk menahan berat badan tubuh. Tulang anggota gerak bawah terdiri dari dua tungkai kaki, kanan dan kiri. Masing-masing tulang tersebut terdiri atas :

-         Tulang paha (femur)

-         Tulang tempurung (patella)

-         Tulang kering (tibia)

-         Tulang betis (fibula)

-         7 tulang pergerakan kaki (tarsal)

-         5 tulang telapak kaki (metatarsal)

-         14 tulang jari kaki (phalanges)

  • Fungsi tulang

 

Tulang memberikan bentuk tubuh pada manusia dengan berbeda-beda. Betuk-bentuk tersebut akan sesuai dengan fungsinya. Berikut ini adalah beberapa fungsi tulang pada tubuh manusia :

-         Penunjang dan pemberi bentuk pada tubuh

-         Pelindung dari berbagai alat vital dalam tubuh

-         Penyusun rangka tubuh

-         Tempat melekatnya segala otot

-         Tempat pembentukan sel-sel darah, misalnya sumsum tulang belakang yang membentuk sel darah merah

-         Tempat menyimpan mineral penting, misalnya kalsium

Inilah sekilas mengenai fungsi dan struktur rangka manusia. Semoga bermanfaat


Posted by 0 Responses
     

Leave a Reply to this Post

Mar
1
2013
 
 
ujiansma.com Search form
DUKUNG GERAKAN LULUS UAN 100% Yang GAG DUKUNG berarti GAG PENGEN LULUS!!!



Recently Active Users
admin