Fungsi Sosiologi Sebagai Ilmu | ujiansma.com

Kamu Berada di:
Home » Pembelajaran » Fungsi Sosiologi Sebagai Ilmu

Fungsi Sosiologi Sebagai Ilmu

 

                Zaman saat ini sangat penting untuk mempelajari ilmu sosiologi yang erat kaitannya dengan masyarakat maka dari itu mulai sekarang seorang pelajar SMA bahkan SMP pun sudah mulai belajar sosiologi berbeda dengan zaman dulu bukan ? pada zaman dulu mungkin  ilmu  pengetahuan sekedar belajar menghitung (matematika), bahasa Indonesia dan IPS. Pada saat sekarang banyak sekali mata pelajaran yang di pecah sehingga jumlah mata pelajaran pun menjadi banyak serta menambah mata pelajaran baru seperti sosiologi ini maka sebagai serang yang terus ingin belajar maka anda perlu tahu fungsi sosiologi sebagai ilmu.

      fungsi sosiologi sebagai ilmu sangat penting dikethaui sebab di dalam sosiologi seorang pelajar di haruskan memahami fakta sosial yang merupakan cara bertindak, berpikir dan berperasaan dimana faktaini berasal di luar individu dan mempunyai kekuatan memaksa dan mengendalikan individu tersebut bisa di bilang seperti etika serta dorongan hati. Sebagai contoh sebuah fakta social yang sederhana adalah disekolahan seorang murid diwajibkan untuk datang tepat waktu, menggunakan seragam sekolah yang lengkap dan bersikap hormat kepada guru, semua itu seperti kewajiban – kewajiban yang wajib di lakukan dan kewajiban tersebut dituangkan ke dalam sebuah aturan (tata tertib atau aturan sekolah) dan memiliki sanksi (hukuman)  tertentu jika dilanggar. Adanya cara bertindak, berpikir, dan berperasaan yang ada di luar individu, dari cntoh di atas tadi adalah seorang murid harus berfikir bagaimana cara melakukan semua aturan yang bersifat memaksa dan mengendalikan individu (murid) tersebut.

Sebuah tindakan social yang dilakukan sebagai tindakan yang dilakukan dengan mempertimbangkan perilaku orang lain  adalah contohnya menanam bunga. Kita menanam bungan dengan berbagai tujuan salah satunya untuk kesenangan pribadi dan untuk mendaat perhatian orang lain maka jika menanam bungan untuk kesenangan hati maka itu bukan merupakan tindakan sosial, tetapi menanam bunga untuk diikut sertakan dalam sebuah lomba sehingga mendapat perhatian orang lain, merupakan tindakan sosial. Jadi sebuah tindakan social sangat berhubungan dengan masyarakat atau tepatnya orang lain.

khayalan sosiologis itu yang haru anda perhatikan dimana ini dilakukan sebagai cara untuk memahami apa yang terjadi di masyarakat maupun yang ada dalam diri anda tersebut,

maka jika menurut wright mills, dengan khayalan sosiologi  kita mampu memahami sejarah yang ada dalam masyarakat, sebuah riwayat hidup pribadi, dan hubungan antara keduanya (sejarah serta riwayat hidup).

Jika anda ingin mempelajari fungsi sosiologi sebagai ilmu maka perlu di ketahui khayalan sosiologi jika anda ingin melakukan khayalan sosiologis maka ada 2 alat yang perlu anda pelajari atau anda butuhkan yaitu sebuah permasalahan (troubles) dan isu (issues). Memang tak seperti alat alat berupa barang tapi ini lah yang berkaitan dengan sosiologi. Sebuah permasalahan pribadi individu merupakan ancaman terhadap nilai – nilai pribadi sebab sebuah maslah pasti akan mengganggu jiwa serta fikiran seseorang dan isu merupakan hal yang ada di luar jangkauan kehidupan pribadi individu.

fungsi sosiologi sebagai ilmu adalah sebagai :

  • memahami perkembangan kebudayaan  masyarakat baik itu masyarakat tradisional maupun modern.
  • memahami  hubungan antara manusia dgn  lingkungan alam, hubungan antar golongan, juga proses perubahan dan pengaruhnya terhadap diri kita
  • bisa membuat penemuan baru terhadap masyarakat.
  • fungsi sosiologi sebagai ilmu yaitu memunculkan diri yang memiliki disiplin ilmiah yg didasarkan atas obyektivitas sebuah hal dengan berpikir secara sosiologis.
  • fungsi sosiologi sebagai ilmu merupakan alat untuk  mengetahui perkembangan masyarakat guna menciptakan  ketertiban  masyarakat
  • fungsi sosiologi sebagai ilmu untu di bidang penelitian adalah dapata memahami simbol kata – kata, kode, serta berbagai istilah yang banyak digunakan masyarakat sebab setiap kata, symbol sertaucapan mereka pasti berbeda beda makaini dapat di sebut sebagai obyek penelitian empiris.
  • Dapat menjadi pemahaman pola – pola tingkah laku manusia dalam masyarakat
  • Dengan adanya sosiologi maka kita akan mampu melihat gejala arah perubahan pola tingkah laku anggota masyarakat atas  sebuah sebab – akibat tertentu.

Posted by 0 Responses
     

Leave a Reply to this Post

Feb
7
2013
 
 
ujiansma.com Search form
DUKUNG GERAKAN LULUS UAN 100% Yang GAG DUKUNG berarti GAG PENGEN LULUS!!!



Recently Active Users
admin