Gejala Alam Dalam Kehidupan Di Bumi | ujiansma.com

Kamu Berada di:
Home » Pembelajaran » Gejala Alam Dalam Kehidupan Di Bumi

Gejala Alam Dalam Kehidupan Di Bumi

 

gejala alam

Kita sudah sering sekali melihat gejala alam yang terjadi dalam kehidupan sehari hari. Tentunya gejala ala mini tidak lagi asing bagi kita semua. Ketika awan sudah mulai berwaarna gelap, kita tahu bahwa tandanya hari sudah mau hujan.

Hal tersebut merupakan contoh kecil dari gejala alam yang muncul. Namun, pada dasarnya gejala alam yang muncul ini merupakan indikasi atau indicator terjadinya suatu hal yang besar, salah satunya adalah bencana alam.

Meskipun terkadang gejala alam tampak tidak jelas, namun dulunya gejala alam ini dimanfaatkan oleh manusia dalam mengindikasikan tanda bencana alam, berbeda dengan sekarang ini dimana cuaca sudah bisa diketahui dengan bantuan ilmu meteorology.

Akan tetapi, perlu diingat bahwa kita semua pada dasarnya hidup di bumi yang ekstrim dan penuh dengan berbagai gejala alam dan berbagai keanehan lainnya yang cukup sering terjadi. Hal ini karena pada dasarnya bumi merupakan planet yang liar, yang penuh dengan gunung berapi dan gempa bumi yang mematikan serta berbagai bencana alam lainnya.

Beberapa lembah yang ada di bumi yang terdapat di dasar laut, berbagai gunung yang tinggi dan menjulang ke atas langit dan lainnya. Dapatkah kita mengetahui secara pasti mana tempat terendah yang ada di bumi dan berbagai fakta lain tentang bumi.

Memang bencana alam sendiri merupakan suatu peristiwa alam yang mengakibatkan dampak besar bagi populasi manusia. Peristiwa alam ini dapat berupa banjir, letusan gunung berapi, gempa bumi, tsunami, longsor, badai salju, kekeringan, hujan es, dan lainnya.

Akan tetapi, ada beberapa bencana yang terjadi secara tidak alami, misalnya adalah kelaparan atau kekurangan bahan pangan dalam jumlah yang besar yang disebabkan oleh kombinasi faktor manusia dan alam.

Adapun dua jenis bencana yang berasal dari luar bumi atau luar angkasa, namun cukup jarang mempengaruhi manusia, misalnya adalah badai matahari dan asteroid. Untuk lebih jelas mengenai gejala alam, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

  • Bencana alam meteorology

 

Pada dasarnya, bencana alam sendiri dibagi ke dalam beberapa kategori atau kelompok. Salah satunya adalah bencana alam meteorology atau hidrometeorologi yang berhubungan dengan iklim. Bencana ini pada umumnya tidak terjadi pada suatu tempat yang khusus, meskipun ada beberapa daerah yang menderita banjir musiman, kekeringan atau badai tropis yang memang dikenal terjadi pada daerah-daerah tertentu.

Bencana alam yang bersifat meteorologist, misalnya banjir atau kekeringan merupakan bencana alam yang paling banyak terjadi di seluruh dunia, sedangkan beberapa di antaranya hanya terjadi pada satu wilayah dengan iklim tertentu.

Misalnya badi yang terjadi hanya di Caribia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan bagian utara. Kekhawatiran terbesar pada abad modern ini adalah bencana alam yang disebabkan oleh pemanasan global atau global warming.

  • Bencana alam geologi

 

Merupakan bencana alam yang terjadi di permukaan bumi seperti gempa bumi, tsunami, tanah longsor, dan gunung meletus. Gempa bumi dan gunung meletus terjadi hanya di sepanjang jalur-jalur pertemuan lempeng tektonik di darat atau lantai samudra.

Contoh bencana alam geologi yang paling umum adalah gempa bumi, tsunami, dan gunung meletus. Peristiwa gempa bumi sendiri terjadi karena adanya gerakan lempeng tektonik. Sedangkan gejala alam yang muncul sebelum terjadinya gunung meletus adalah aktivitas vulkanis, seperti hujan abu atau semburan gas beracun dan muntahan batu batuan.

  • Wabah

 

Wabah atau yang sering disebut sebagai epidemic merupakan penyakit menular yang menyebar melalui populasi manusia di dalam ruang lingkup yang besar, misalnya antar Negara atau di seluruh dunia. Contoh wabah terburuk yang pernah memakan korban jiwa dalam jumlah yang besar adalah pandemic flu, cacar, dan tuberkolosis.

  • Bencana alam dari ruang angkasa

 

Merupakan bencana alam dimana datangnya benda langit seperti asteroid atau badai matahari. Meskipun dampak langsung asteroid yang berukuran kecil tidak berpengaruh besar, asteroid kecil tersebut berjumlah sangat banyak sehingga berkemungkinan besar untuk menabrak bumi.

Bencana ini bisa menjadi ancaman bagi Negara yang berpenduduk banyak, misalnya Cina. Inilah sekilas mengenai gejala alam. Semoga bermanfaat


Posted by Tags: 0 Responses
     

Leave a Reply to this Post

Mar
29
2013
 
 
ujiansma.com Search form
DUKUNG GERAKAN LULUS UAN 100% Yang GAG DUKUNG berarti GAG PENGEN LULUS!!!



Recently Active Users
admin