Hati-hati Memilih Buku bank soal

Hati-hati Memilih Buku bank soal

Semakin canggih nya dunia maka semakin juga diperlukan kemampuan-kemampuan yang cekatan. Tuntutan itu mulai terasa saat ini. Salah satunya yaitu dengan dinaikkannya mutu pendidikan dan nilai kelulusan yang makin tahun naik terus. Dengan begitu para pelajar juga harus belajar ekstra keras. Tetapi akan begitu sulit bila kita menyuruh mereka langsung mempelajari satu buku penuh. Karena di buku cetak itu sangat banyak yang dibahas. Maka dari itulah di terbitkannya buku bank soal. Yang berguna untuk memudahkan para pelajar untuk belajar dengan lebih gampang. Didalam buku bank soal biasanya berisikan materi-materi ringkas seputar pelajaran yang dipelajari. Mulai dari materi-materi, soal, kisi-kisi soal, latihan soal ulangan, latiahan soal ujian dan banyak lagi yang lainnya.

Dengan buku ini tentunya para pelajar akan lebih gampang belajar saat ujian dan tidak pusing melihat apa yang harus dipelajari. Karena buku bank soal ini sudah dibuat sesuai dengan bahan yang bakal dipelajari disekolah dan bahan yang bakal diujiankan. Soal-soal mata pelajaran yang ada dibuatpun sangat berkualitas. Ada tingkatan nya juga. Mulai dari soal yang mudah sampai soal yang susah. Buku ini difokuskan berisi soal-soal. Materi yang disajikan hanya ringkas saja. Tetapi bermutu. Berbeda dengan buku cetak biasa yang berisi banyak materi dan soal. Yang bakal membingungkan seorang pelajar untuk mau mempelajari yang mana yang terlebih dahulu. Tetapi tetap juga kita harus sering membahas buku bank soal ini dengan guru. Karena jika ada soal yang tidak bisa dikerjakan sendiri maka harus tanya ke guru. Atau canggihnya sekarang kita bisa search melalui internet. Biasanya untuk buku-buku bank soal ini terdiri dari beberapa macam. Masing-masing memiliki tujuan yang akan dicapai. Misalnya buku bank soal untuk menghadai soal UN, buku bank soal untuk lulus ujian SMPTN, buku bank soal untuk membuat kita bisa menjadi orang pintar dan banyak lagi yang lainnya.

Jenis-Jenis Buku Bank Soal

  1. Dilihat dari tingkatan pendidikannya, buku bank soal dibedakan menjadi beberapa jenis, yaitu seperti untuk tingkatan SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK,MA. Masing-masing buku akan membedakan tingkat kesulitan soal yang akan dkerjakan.
  2. Dilihat dari jumlah mata pelajaran yang akan dipakai buku bank soal dibedakan menjadi beberapa jenis, yaitu seperti untuk pelajaran Matematika saja atau Bahasa Inggris saja dan yang lainnya. Ada juga yang langsung digabungkan beberapa kedalam satu buku seperti pelajaran Sains yaitu Fisika, Biologi, dan Kimia. Untuk pelajaran IPS yaitu geografi, ekonomi dan sejarah yang digabungkan langsung ke dalam satu buku.
  3. Dilihat dari tujuannya buku bank dibedakan lagi menjadi bebarapa, seperti buku bank soal untuk UTS dan UAS, untuk UN SD, SMP, dan SMA dan banyak lagi yang lainnya. Buku ini banyak diterbitkan sesuai dengan yang kita butuhkan.

Tips Memilih Buku Bank Soal

Untuk memilih buku bank soal pun kita harus berhati-hati, karena jika salah memilih maka anda akan meleset dari apa yang harus anda dapatkan. Anda juga bakal kecewa karena bahan yang diberikan tidak sesuai dengan yang diharapkan. Berikut bebrapa tips untuk memilih buku bank soal :

  1. Carilah buku sesuai dengan apa yang ingin anda pelajari dan yang ingin anda capai. Teliti dulu buku itu sudah cocok dengan anda atau belum. Bisa saja buku yang anda pilih itu membahas secara sangat luas, padahal yang mau anda cari adalah buku yang mempelajari dasar- dasar saja.
  2. Pastikan tahun penerbitannya. Sesuaikanlah dengan kurikulum yang sedang anda pelajari saat ini di sekolah. Jangan mencari yang berbeda dengan tahun ajaran anda. Karena sekilas bahan yang dipelajari akan berbeda.
  3. Pastikan kelengkapan buku bank soal yang akan anda pilih. Karena ada juga buku bank soal yang kurang lengkap isi didalamnya. Perhatikan dari nama penerbitnya. Mintalah rekomendasi untuk membeli buku penerbit apa yang bagus.
  4. Usahakan memilih beberapa buku bank soal terlebih dahulu. Anda harus membandingkan buku mana yang paling lengkap dan cocok untuk anda pelajari. Carilah buku dengan pembahasan yang paling mudah dimengerti. Dengan keuletan anda dalam memilih maka anda akan puas juga dalam mempelajari soal-soal tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *