Hubungan Air, Tanah, Udara, dan Tanaman | ujiansma.com

Kamu Berada di:
Home » IPA » Hubungan Air, Tanah, Udara, dan Tanaman

Hubungan Air, Tanah, Udara, dan Tanaman

 

Apakah ada hubungan air, tanah, udara, dan tanaman ? Sepertinya keempat unsur ini sangat berbeda antara satu sama lainnya. Namun jika dilihat lebih cermat lagi, sebenarnya keempat unsur ini mempunyai keterkaitan antara satu dengan lainnya.
Mungkin hubungan air, tanah, udara, dan tanaman ini jarang sekali dibahas secara umum. Akan tetapi, bagi mahasiswa atau pelajar tentunya topik ini bukan lagi merupakan topik yang asing. Terutama bagi mahasiswa yang berada di jurusan teknik sipil, hubungan air, tanah, udara, dan tanaman mungkin akan sangat dibutuhkan dan dicari.
Karena, memang ada mata kuliah khusus yang membutuhkan informasi mengenai hubungan air, tanah, udara, dan tanaman. Jadi, apakah bentuk hubungan diantara keempat komponen tersebut ? Untuk lebih jelas, simaklah hubungan air, tanah, udara, dan tanaman yang berikut ini.
1.      Hubungan keempat komponen
 
Sama seperti makhluk hidup lainnya, tanaman dapat tumbuh dan berkembang bila ada unsur yang mendukungnya, yaitu air, tanah, dan udara. Seperti apakah peran dari keempat komponen tersebut ?
a.      Tanah
 
Tanah, sebagai salah satu unsur yang mendukung tanaman adalah merupakan tempat tumbuhnya tanaman. Tentu saja bila kita ingin mendapatkan tanaman yang baik, maka tanah yang kita gunakan juga harus tanah yang baik. Tanah yang baik adalah tanah yang :
-          Tanah yang mudah dikerjakan atau digarap.
-          Tanah yang dapat memberi kesempatan bagi akar tanaman untuk tumbuh dan berkembang.
-          Tanah yang baik adalah tanah yang banyak mengandung unsur hara yang sangat diperlukan oleh tanaman, misalnya tanah humus.
-          Tanah yang baik juga merupakan tanah yang memungkinkan terjadinya proses sirkulasi udara dan air.
-          Tanah yang baik adalah tanah yang memiliki kelembaban yang cukup untuk tanaman.
Tanah mudah digarap apabila tanah tersebut merupakan tanah humus atau alluvial yang merupakan hasil dari pelapukan, sehingga tidak keras dan tidak banyak mengandung bebatuan. Jika struktur tanahnya tidak keras, maka dapat memungkinkan tanaman untuk tumbuh dan berkembang.
Tanah yang baik adalah tanah yang memiliki pori-pori, sehingga dapat menyerap air dan unsur hara lainnya agar tanaman dapat bertumbuh dengan baik. Tanah yang baik juga menyimpan udara yang diperlukan bagi kehidupan tanaman.
b.      Air
Air yang berada pada zona aerasi disebut lengas tanah. Bila zona aerasi tidak lagi mampu menahan kapasitas air, maka air akan masuk ke bagian bawah, yaitu zona saturasi. Singkatnya air ini disebut dengan air tanah.
Frekuensi pemberian air irigasi untuk tanaman dipengaruhi oleh sifat hubungan antara tanaman, air, dan tanah. Sedangkan faktor yang mempengaruhi daya tahan tanah adalah tekstur, struktur, dan bahan organic yang terdapat di dalam tanah.
Bentuk lengas tanah dibedakan berdasarkan : gravitasi, air kapiler, dan air higroskopis. Frekuensi pemberian air untuk tanaman yang paling sesuai merupakan hasil keputusan yang didasarkan pada berbagai faktor kombinasi (hasil percobaan atau penelitian).
Kesuburan fisik tanah pada umumnya ditentukan oleh struktur tanahnya, namun yang menentukan kesuburan kimiawi suatu tanah adalah kemampuan tanah dalam menyediakan unsur hara dalam jumlah yang cukup dan seimbang.
Tanaman memerlukan air dalam jumlah yang berbeda-beda menurut jenis tanamannya. Jika dilihat dari sisi response terhadap air, maka dapat digolongkan ke dalam 3 jenis : tanaman aquatic, tanaman semi aquatic, dan tanaman tanah kering.
c.       Udara
 
Salah satu unsur yang mendukung tumbuhnya tanaman dengan baik adalah udara. Ketersediaan udara di dalam tanah, berperan penting bagi pernafasan akar-akar tanaman.
Seperti yang sudah ditulis bahwa tanah yang baik adalah tanah yang memiliki pori-pori untuk menyimpan butiran air. Namun, sebenarnya tidak semua pori-pori tersebut menyimpan air. Sebagian akan menyimpan udara untuk kehidupannya, terutama bagian akar agar tidak membusuk apalgi bagi tanaman yang tidak tahan terhadap genangan air.
Pertumbuhan pada akar tanaman biasanya dipengaruhi oleh tinggi rendahnya suhu tanah, khususnya pada daerah akar.
Inilah uraian singkat mengenai hubungan air, tanah, udara, dan tanaman. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang membutuhkannya.


Posted by 0 Responses
     

Leave a Reply to this Post

Sep
27
2012
 
 
ujiansma.com Search form
DUKUNG GERAKAN LULUS UAN 100% Yang GAG DUKUNG berarti GAG PENGEN LULUS!!!



Recently Active Users
admin