group chat

Hubungan Antarpribadi (Interpersonal Relationship)

Dalam kehidupan sehari hari, tentunya kita akan menjalin komunikasi dan hubungan dengan orang lain. Namun, tahukah anda bahwa pada dasarya hubungan antar individu itu sendiri dikelompokkan menjadi beberapa jenis ? Salah satunya adalah hubungan antarpribadi (interpersonal relationship).

Di dalam kehidupan masyarakat sehari hari, hubungan antar pribadi memainkan peran penting dalam membentuk kehidupan masyarakat,terutama ketika hubungan antar pribadi itu mampu memberi dorongan kepada orang tertentu yang berhubungan dengan perasaan, pemahaman informasi, dukungan, dan berbagai bentuk komunikasi yang mempengaruhi citra diri orang serta membantu orang untuk memahami harapan-harapan orang lain.

Interpersonal Relationship atau hubungan antar orang adalah hubungan komunikasi yang efektif dengan sesama manusia dan lingkungan sekitar. Tujuan utama dari Interpersonal Relationship ini adalah untuk membantu anda mengembangkan keterampilan komunikasi yang efektif antar pribadi yang akan memungkinkan anda untuk mengatasi rasa malu, persahabatan dan hubungan dengan lawan jenis, menyelesaikan konflik interpersonal dan menyadari potensi kepemimpinan anda.

Dari segi psikologi komunikasi, kita dapat menyatakan bahwa makin baik hubungan interpersonal, makin terbuka orang untuk mengungkapkan dirinya; makin cermat persepsinya tentang orang lain dan persepsi dirinya; sehingga makin efektif komunikasi yang berlangsung diantara komunikan.

Di dalam hubungan interpersonal tedapat juga komunikasi interpersonal yaitu Komunikasi interpersonal. Menurut Mulyana (2001) komunikasi interpersonal adalah komunikasi antara orang-orang secara tatap muka, yang memungkinkan setiap pesertanya menangkap reaksi orang lain secara langsung, baik secara verbal ataupun nonverbal.

De Vito (1995) mengemukakan komunikasi interpersonal adalah komunikasi yang mengambil tempat antara dua orang yang memiliki hubungan yang tidak bisa dipungkiri. Menurut Rogers komunikasi interpersonal adalah merupakan komunikasi dari mulut ke mulut yang terjadi dalam interaksi tatap muka antara beberapa pribadi.