ujiansma.com

Portal pendidikan no 1

Menu

Hutan, Surga yang Hilang

June 28, 2012 | umum

Hutan, Surga yang Hilang

Hutan merupakan suatu tempat yang begitu sejuk dan menjadi tempat pemukiman bagi para flora dan fauna yang beraneka ragam. Salah satu hutan yang terkenal di Indonesia dan banyak tersebar di daerah kita ini adalah Hutan Tropis. Apa sih hutan tropis itu ? Inilah yang sering menjadi pertanyaan bagi para pelajar maupun masyarakat lainnya yang belum mengetahui tentang hutan ini.

Hutan Tropis merupakan tempat yang begitu indah dan tentunya istimewa yang terletak di permukaan bumi kita ini. Di dalamnya terdapat ratusan dan bahkan ribuan aneka ragam tumbuhan maupun hewan. Hutan tropis ini juga berperan seperti surga yang berfungsi untuk mengatur kondisi cuaca dan atmosfir bumi tercinta kita ini. Semakin banyak pepohonan yang ada di hutan tersebut, maka cuaca akan semakin sejuk dan polusi udara yang dihasilkan oleh pabrik pabrik juga dapat dinetralisir dengan baik. Manusia sekarang hanya mengenal keuntungan bagi dirinya sendiri tanpa memperhatikan kelestarian hutan kita. Begitu banyak pohon yang ditebang hanya untuk memperkaya diri sendiri seperti dijual ataupun digunakan untuk membangun rumah mereka.

Jika dilihat secara umum, terdapat 2 jenis hutan yang ada di dunia ini :

  1. Hutan asli, hutan asli merupakan hutan yang tercipta secara alami yang diberikan oleh Sang Pencipta semenjak bumi ini diciptakan.
  2. Hutan buatan, hutan ini memang sengaja dibuat oleh manusia yang fungsinya adalah untuk menjaga kondisi cuaca dan lingkungan di sekitarnya agar tetap sejuk. Pohon pohon yang terdapat di hutan ini memang sengaja ditanam oleh manusia.

Sekarang ini, begitu banyak hutan yang telah rusak dan bahkan sebagian telah gundul akibat perbuatan manusia. Banyak hutan yang sudah tidak mampu menghasilkan sumber daya alamnya yang begitu berguna bagi manusia seperti zaman dahulu. Bahkan diprediksi, mungkin saja 50 persen atau bahkan lebih flora dan fauna yang terdapat di dalam hutan tersebut akan semakin punah di beberapa tahun mendatang, sekitar 30 tahun lagi. Sekarang ini tergantung cara pandang manusia lagi, bagaimana tindakan yang harus mereka lakukan untuk melestarikan hutan tercinta yang berperan sebagai paru paru dunia ini ? Bagaimana upaya untuk membuat hutan kita tetap indah dan cantik sepanjang masa ? Cara terpenting adalah menjaga dan merawatnya dengan hati yang ikhlas.

Penyebab Kerusakan Hutan

Hal yang paling mendasar yang sering dipertanyakan adalah apa sih penyebab kerusakan hutan itu ? Jawabannya ya tentu saja akibat ulah manusia. Kerusakan yang ditimbulkan oleh alam sendiri sangatlah jarang kecuali bencana seperti gunung meletus ataupun banjir, tetapi banjir sekarang ini juga telah menjadi perbuatan manusia, bukan terjadi secara alami.

Beberapa faktor penyebab rusaknya hutan yaitu :

  1. Penebangan Pohon

Penebangan pohon secara liar yang dilakukan oleh oknum oknum yang tidak memiliki izin akan berdampak sangat negatif terhadap kelestarian hutan itu sendiri. Tujuan penebangan hutan adalah untuk kepentingan bisnis mereka, namun mereka tidak pernah melakukan reboisasi atau penanaman kembali hutan yang gundul. Ini merupakan akibat yang sangat fatal yang dapat merusak lingkungan hutan kita.

  1. Membuat Lahan Pertanian

Dulunya, orang orang yang memiliki kegiatan bercocok tanam dan ingin membuka lahan baru dengan melakukan penebangan hutan, mereka masih mempertimbangkan kelestarian hutan yang ditebangnya. Pembukaan lahan tidaklah semena mena dengan tujuan untuk mencari keuntungan. Orang dulu menanam kacang , padi dan jagung pada waktu waktu tertentu, setelah masa panen, mereka kemudian berhenti menanam di lahan yang telah dibukanya untuk beberapa waktu yang lama agar tanah dapat kembali subur.

  1. Membuat Jalan Raya dan Perumahan

Seiring dengan pertumbuhan penduduk dan kemajuan teknologi serta kota, maka semakin banyak perumahan yang dibutuhkan oleh masyarakat sebagai tempat tinggal mereka. Semakin padatnya penduduk, mendorong hutan hutan harus ditebang dan dibuka sebagai tempat pemukiman penduduk ataupun dibuat jalan untuk menghubungkan daerah yang satu dengan daerah yang lain. Pembukaan hutan berlanjut terus menerus hingga sekarang seiring dengan pertumbuhan jumlah penduduk yang begitu dahsyat. Inilah yang menjadi faktor penghancur hutan lainnya.


Related For Hutan, Surga yang Hilang