ujiansma.com

Portal pendidikan no 1

Menu

Jadwal Snmptn 2013

May 23, 2013 | SNMPTN

snmptn

Melanjutkan studi di bangku kuliah adalah impian semua siswa yang telah lulus di bangku sekolah menengah atas sederajat. Apalagi jika mampu masuk ke dalam bangku kuliah di Universitas atau Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Namun untuk dapat masuk dan duduk di bangku liah di sana bukanlah hal yang mudah, butuh kerja keras yang tidak gampang.

Mengapa demikian, karena masuk ke PTN tidak sama dengan masuk ke perguruan Tinggi Swasta yang tinggal daftar , bayar dan masuk kuliah. Untuk dapat melanjutkan studi di PTN siswa harus ikut dalam seleksi masuk PTN. Apalagi PTN di Indonesia adalah PTN terbaik dan terfavorit. Hal itu dikarenakan karena secara kualitas sangat dibanggakan dan diperhitungkan di Indonesia maupun di dunia.

Semua terbukti dengan kualitas lulusannya yang kini telah menjadi orang-orang sukses dalam kehidupan di Indonesia. Mereka banyak yang tengah menjadi pejabat, penemu, pengusaha, dan lain sebagainya. Banyak tokoh-tokoh terkemuka Indonesia yang memang jebolah PTN-PTN Indonesia, sebut saja BJ Habibi yang merupakan penemu dan pembuat pesawat terbang pertama Indonesia yang diakui oleh seluruh dunia. Ia merupakan alumni dari Institut Teknologi Bandung (ITB), dan masih banyak lagi tokoh-tokoh yang dapat jadi teladan dan juga inspirasi kita untuk dapat mewujudkan mimpi kita melalui belajar di perguruan tinggi negeri yang berkualitas.

Ujian masuk itu kini diberi nama dengan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) yang dahulu bernama SPMB dan lain-lain. Karen atelah beberapa kali telah mengalami pergantian nama disesuaikan dengan kurikulum dan kebijakan yang ada. Seleksi ini dilakukan secara nasional alias seluruh Indonesia dan serempak. Sehingga tentunya sangat sulit sekali untuk dapat lolos karena banyaknya peserta yang bersaing untuk menduduki bangku PTN yang telah dipilihnya.

Pada SNMPTN 2013 ini yang diikuti 61 Perguruan Tinggi Negeri di seluruh Indonesia. Hal ini mengtiditifikasikan bahwa hampir semua perguruan tinggi negeri dapat menerima mahasiswa baru dari jalur ini. PTN-PTN tersebut tersebar di seluruh Indonesia, namun kebanyakan yang paling favorit berada di pulau Jawa, seperti Universitas Indonesia (UI) di Jakarta, Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta. Institute Teknologi Bandung (ITB) Bandung, Intitute Pertanian Bogor (IPB) Bogor, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta (UIN Jakarta) Jakarta yang merupakan salah satu kampus Islam terbesar di Asia Tenggara.

Salah satu langkah yang harus diketahui dalam mensukseskan ujian masuk SNMPTN adalah dengan mengetahui jadwal SNMPTN. Dengan mengetahui jadwal SNMPTN maka kita dapat dengan baik mempersiapkan segala sesuatunya dalam menjalankan SNMPTN, mulai dari pesiapan belajar, alat yang harus dibawa dan tentunya mental adalah yang tak kalah penting untuk terus disiapkan. Oleh Karena itu, ketahuilah jadwalnya.

Kemungkinan Jadwal SNMPTN 2013 tidak akan jauh berbeda dengan SNMPTN 2012. Jadwal Dibawah ini jadwal yang berlaku untuk SNMPTN 2012. Semoga jadwal ini dapat membuat teman teman sekalian dapat lebih giat dan siap lagi belajarnya.

1.    Jalur Undangan

Pendaftaran : 1 Februari – 8 Maret

Pengumuman hasil : 25 Mei
Registrasi mahasiswa baru : 12 – 13 Juni

Tata cara pengisian borang (formullir) bisa diunduh (download) di http://undangan.snmptn.ac.id mulai 20 Januari.

2. Jalur Ujian Tulis/ Ketrampilan ( sekarang tidak ada ujian tulis tetapi ini informasi agar teman – teman pada tahu jadwalnya )

Pendaftaran : 10 – 31 Mei
Pelaksanaan ujian :
Selasa 12 Juni : Tes Potensi Akademik, Tes Bidang Studi Dasar
Rabu 13 Juni   : Tes Bidan Studi IPA atau IPS
Ujian Ketrampilan : 14 dan 15 Juni

Pengumuman hasil : 7 Juli

3.    Biaya pendaftaran

  • Jalur undangan : Rp 175.000
  • Jalur tulis Kelompok IPA atau IPS : Rp 150.000
  • Jalur tulis Kelompok IPC  : Rp 175.000
  • Ujian Ketrampilan Rp 150.000
    Keterangan:
    –         Kemendikbud melarang ujian mandiri PTN dan sejenisnya dilakukan sebelum atau bebarengan dengan SNMPTN.
    –         Ujian mandiri baru bisa dilakukan setelah pengumuman SNMPTN Tertulis.

Belajarlah yang giat dan tetap berdoa!


tags:

Related For Jadwal Snmptn 2013