Jalur Masuk-seleksi universitas Negeri Lampung

Untuk mendaftarkan diri sebagai mahasiswa baru Universitas Lampung (Unila), ada beberapa jalur umum yang dapat dipilih oleh para lulusan SMA dan sederajat. Adapun jalur tersebut antara lain :

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)

Seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) merupakan jalur penerimaan mahasiswa baru yang dilaksanakan secara nasional. SNMPTN ini dibedakan menjadi 2 (dua) jalur berbeda. Yang pertama adalah jalur SNMPTN undangan dan satunya lagi adalah SNMPTN tertulis. Kedua jalur tersebut memiliki format yang berbeda.

Jalur SNMPTN undangan merupakan sistem penjaringan yang berdasarkan prestasi akademis. Oleh karenanya, yang menjadi syarat penting dalam SNMPTN undangan adalah nilai akademis yang didapat seorang siswa pada saat melakukan proses pembelajaran. Artinya yang menjadi patokannya adalah nilai rapor.

SNMPTN undangan ini pertama kali dilaksanakan pada tahun 2011. Yang membedakan antara SNMPTN undangan dan SNMPTN tertulis adalah para pesertanya. Untuk SNMPTN undangan, para pesertanya merupakan siswa kelas XII (Kelas 3 SMA dan sederajat) dan semester 2. Artinya para pesertanya merupakan para calon lulusan SMA dan sederajat tahun 2012.

Peserta yang dapat mengikuti SNMPTN undangan didapat dari nilai rapor. Jadi pihak sekolah akan menyerahkan nilai rapor seluruh siswanya, dan kemudian pihak panitia akan menyeleksinya. Dan setelahnya pihak panitia akan menyerahkan daftar nama para siswa yang berhak mengikuti SNMPTN undangan.

Sedangkan jalur SNMPTN tertulis menggunakan nilai yang didapat pada saat tes. Jadi untuk SNMPTN tertulis akan diadakan suatu tes tertulis yang wajib diikuti para pesertanya. Dalam SNMPTN tertulis, para peserta dibedakan menjadi 3 (tiga) kelompok, yaitu kelompok IPA, kelompok IPS dan kelompok IPC.

Dan para peserta SNMPTN tertulis merupakan para lulusan SMA dan sederajat tahun 2012 dan para lulusan pada tahun 2011 dan 2010. Jadi para pesertanya merupakan para lulusan pada tahun yang sama hingga dua tahun sebelumnya.

Untuk mendapatkan informasi seputar SNMPTN tertulis dan formulir pendaftarannya, anda mengakses situs resmi SNMPTN, di www.snmptn.ac.id. Dan untuk SNMPTN undangan informasinya dapat diakses di situs resmi SNMPTN, namum untuk formulir pendaftarannya dapat diakses di www.undangan.snmptn.ac.id.

Ujian Masuk Lokal (UML)

Ujian Masuk Lokal merupakan jalur pendaftaran mahasiswa baru yang diselenggarakan sendiri oleh pihak Universitas Lampung (Unila). Seleksinya dilakukan dengan suatu ujian tertulis. Ujian tulis UML ini dilakukan secara serentak di lingkungan Universitas Lampung (Unila). Jadi lokasi pelaksanaan ujian tertulis UML akan dilaksanakan di Universitas Lampung (Unila).

Untuk mendapatkan informasi seputar UML dan formulir pendaftarannya, anda dapat mengakses situs resmi penerimaan mahasiswa baru Universitas Lampung (Unila), di www.spm.unila.ac.id. Kemudian anda hanya perlu mencari link yang akan membawa anda ke ujian masuk lokal (UML).

Penerimaan Mahasiswa Perluasan Akses Pendidikan (PMPAP)

Penerimaan Mahasiswa Perluasan Akses Pendidikan (PMPAP) merupakan jalur masuk Universitas Lampung (Unila) yang dilaksanakan secara lokal yang penyeleksiannya adalah seleksi akademik dan penghasilan orang tua yang kurang mampu. Jalur ini dibuat berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 66 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan dan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 34 Tahun 2010 tentang Pola Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada Perguruan Tinggi yang Diselenggarakan Pemerintah.

Untuk mendapatkan informasi seputar PMPAP, anda dapat mengakses situs resmi penerimaan mahasiswa baru Universitas Lampung (Unila) dan kemudian cari link yang akan membawa anda ke PMPAP.

Penerimaan Mahasiswa Program Diploma (PMPD)

Penerimaan Mahasiswa Program Diploma (PMPD) merupakan jalur pendaftaran sebagai mahasiswa Diploma (D3) bagi para lulusan SMA dan sederajat dan bagi mereka yang gagal pada SNMPTN. Untuk informasi seputar PMPD dan formulir pendaftarannya, anda dapat mengakses situs resmi penerimaan mahasiswa baru Universitas Lampung (Unila) dan kemudian cari link yang akan membawa anda ke PMPD.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *