Jenis-jenis komunikasi non verbal

pengertian-komunikasi-verbal-dan-non-verbal

Jenis-jenis komunikasi non verbal

Secara umum, bahasa dikelompokkan menjadi bahasa verbal dan bahasa non verbal. Tentunya bahasa verbal sudah sangat sering kita gunakan dalam kehidupan sehari hari. Akan tetapi, tahukah anda bahwa secara sadar atau tidak kita juga sering menggunakan bahasa non verbal.

Bahasa tubuh merupakan proses pertukaran pikiran dan gagasan dimana pesan yang disampaikan dapat berupa isyarat, ekspresi wajah, pandangan mata, sentuhan, artifak (lambang yang digunakan), diam, waktu, suara, serta postur dan gerakan tubuh.

Pada dasarnya, ada beberapa jenis komunikasi non verbal, yaitu :

  • Komunikasi objek, yang paling umum adalah penggunaan pakaian. Orang sering dinilai dari jenis pakaian yang digunakannya, walaupun ini dianggap termasuk salah satu bentuk stereotype. Misalnya orang sering lebih menyukai orang lain yang cara berpakaiannya menarik.
  • Sentuhan, dapat termasuk: bersalaman, menggenggam tangan, berciuman, sentuhan di punggung, mengelus-elus, pukulan, dan lain-lain. Masing-masing bentuk komunikasi ini menyampaikan pesan tentang tujuan atau perasaan dari sang penyentuh.
  • Kronemik adalah bidang yang mempelajari penggunaan waktu dalam komunikasi nonverbal. Penggunaan waktu dalam komunikasi nonverbal meliputi durasi yang dianggap cocok bagi suatu aktivitas, banyaknya aktivitas yang dianggap patut dilakukan dalam jangka waktu tertentu, serta ketepatan waktu
  • Gerakan tubuh yang meliputi kontak mata, ekspresi wajah, isyarat dan sikap tubuh. Gerakan tubuh biasanya digunakan untuk menggantikan suatu kata atau frasa, misalnya mengangguk untuk mengatakan ya.
  • Proxemik atau bahasa ruang, yaitu jarak yang anda gunakan ketika berkomunikasi dengan orang lain, termasuk juga tempat atau lokasi posisi anda berada
  • Vokalik
  • Lingkungan