Jenis-jenis Latihan Senam Lantai | ujiansma.com

Kamu Berada di:
Home » Pembelajaran » Jenis-jenis Latihan Senam Lantai

Jenis-jenis Latihan Senam Lantai

 

macam macam senam lantai

Senam lantai tentunya bukan lagi kegiatan yang asing bagi anda. hal ini karena telah banyak orang orang yang melakukan senam lantai ini, khususnya kaum wanita. Mengapa demikian ? Hal ini karena senam lantai dipercaya dapat menjaga bentuk tubuh agar tetap proporsional.

Memiliki tubuh yang ideal pastinya merupakan dambaan setiap orang. Oleh karena itu, aktivtias senam lantai ini sangatlah penting. Akan tetapi, tahukah anda bahwa sebenarnya senam lantai ini merupakan salah satu kegiatan olahraga ?

Pada dasarnya, ada banyak sekali jenis-jenis latihan senam lantai. Setiap jenis mempunyai tujuan tersendiri. Sebelum kita membahas jenis jenis latihan senam lantai, sebaiknya kita pahami apa itu senam serta makna olahraga dan manfaatnya.

Olahraga pada dasarnya sangatlah bermanfaat bagi kesehatan tubuh. dengan melakukan aktivitas tersebut, maka metabolisme tubuh akan menjadi lancar sehingga distribusi dan penyerapan nutrisi di dalam tubuh akan berlangsung lebih lancar.

Senam merupakan suatu cabang olahraga yang melibatkan performa gerakan yang membutuhkan kekuatan, kecepatan dan keserasian gerakan fisik yang teratur. Bentuk modern dari senam ialah palang tak seimbang, balok keseimbangan, senam lantai.

Pada dasarnya, senam berkembang dari latihan yang digunakan oleh bangsa Yunani Kuno untuk menaiki dan menuruni seekor kuda serta pada pertunjukkan sirkus. Senam ini biasanya digunakan sebagai sarana rekreasi, relaksasi atau menenangkan pikiran dan lainnya.

Biasanya, senam ini bisa kita jumpai di pusat fitness, gymnasium atau di sekolah. Sekarang, sejak kecil banyak anak sudah terbiasa diajarkan senam, baik oleh orang tua, maupun oleh pengajar olahraga di sekolah.

Senam sangat penting untuk pembentukan kelenturan tubuh, yang menjadi arti penting bagi kelangsungan hidup manusia. Banyak sekali jenis senam, misalnya senam lantai, senam SKJ, senam hamil, senam aerobic, senam pramuka dan lainnya.

Gerakan-gerakan senam sangat sesuai untuk mengisi program pendidikan jasmani.Gerakannya merangsang perkembangan komponen kebugaran jasmani seperti kekuatan dan daya tahan otot dari seluruh bagian tubuh.

Di samping itu, senam juga berpotensi mengembangkan keterampilan gerak dasar, sebagai landasan penting bagi penguasan keterampilan teknik suatu cabang olah raga. Pengertian senam begitu luas cakupannya yang meliputi berbagai karakteristik geraknya.

Pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan yang diajarkan di sekolah memiliki peranan sangat penting, yaitu memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk terlibat langsung dalam berbagai pengalaman belajar melalui aktivitas jasmani.

Pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan merupakan media untuk mendorong pertumbuhan fisik, perkembangan psikis, keterampilan motorik, pengetahuan dan penalaran, penghayatan nilai-nilai serta pembiasaan pola hidup sehat yang bermuara untuk merangsang pertumbuhan dan perkembangan kualitas fisik dan psikis  yang seimbang.

Untuk lebih jelas mengenai jenis-jenis latihan senam lantai, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

  • Rol ke depan

 

Guling ke depan adalah berguling ke depan atas bagian belakang badan, yaitu bagian tengkuk, punggung, pinggang dan panggul bagian belakang. Latian guling ke depan dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu berguling ke depan dengan sikap awal jongkok dan guling ke depan dengan sikap awal berdiri.

Cara melakukan gerakan ini adalah :

-         Sikap permulaan jongkok,kedua tangan menumpu pada matras selebar bahu.

-         Kedua kaki diluruskan, siku tangan ditekuk, kepala dilipat sampai dagu menyentuh dada.

-         Mengguling ke depan dengan mendaratkan tengkuk terlebih dahulu dan kedua kaki di lipat rapat pada dada.

-         Kedua tangan melemaskan tumpuan dari matras, pegang mata kaki dan berusaha bangun.

-         Kembali berusaha bangun.

  • Rol ke belakang

 

Cara melakukan gerakan ini adalah :

-         Sikap permulaan dalam posisi jongkok,kedua tangan di depan dan kaki sedikit rapat

-         Kepala ditundukan kemudian kaki menolak ke belakang

-         Pada saat panggul mengenai matras,kedua tangan segera dilipat ke samping telinga dan telapak tangan menghadap ke bagian atas untuk siap menolak

-         Kaki segera diayunkan ke belakang melewati kepala,dengan dibantu oleh kedua tangan menolak kuat  dan kedua kaki dilipat sampai ujung kaki dapat mendarat di atas matras,ke sikap jongkok.

Inilah sekilas mengenai jenis-jenis latihan senam lantai. Semoga bermanfaat


Posted by 0 Responses
     

Comments are closed.

Oct
13
2013
 
 
ujiansma.com Search form
DUKUNG GERAKAN LULUS UAN 100% Yang GAG DUKUNG berarti GAG PENGEN LULUS!!!



Recently Active Users
admin