Jenis-jenis Virus | ujiansma.com

Kamu Berada di:
Home » Pembelajaran » Jenis-jenis Virus

Jenis-jenis Virus

 

Virus merupakan organisme yang sangat kecil dan sering kali menyerang makhluk hidup. Jika kita mendengar kata virus, tentunya segala hal negatif terlintas di dalam benak kita, mengingat bahwa virus merupakan penyebab dari sebuah penyakit.

Pada dasarnya, virus merupakan makhluk mikroskopik yang berukuran sangat kecil. Virus disebut sebagai makhluk mikroskopik karena tidak bisa dilihat dengan menggunakan mata telanjang, melainkan menggunakan sebuah alat yang bernama mikroskop.

Virus juga sering dikatakan sebagai parasit yang merugikan, karena virus biasanya menginfeksi sel organisme biologis dan berkembang biak dengan cara memanfaatkan sel makhluk hidup yang diinvansinya.

Pada umumnya, banyak sekali jenis-jenis virus yang ada di dunia ini, baik yang menginfeksi manusia atau makhluk hidup lainnya. Untuk lebih jelas mengenai jenis-jenis virus, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

  1. 1.      Sejarah virus

 

Sebenarnya virus telah ditemukan sejak jaman sebelum masehi. Hal ini terbukti adanya penemuan di Memphis, ibukota Mesir kuno pada tahun 1400 SM, mengenai terjadinya infeksi dalam hieroglyph yang membuktikan adanya penyakit poliomyelitis.

Selain itu, pada tahun 1196 SM, Raja Firaun Ramses V meninggal dan dipercaya hal tersebut disebabkan oleh serangan virus smallpox. Virus ini juga banyak masyarakat yang ada di Negeri Cina.

Akan tetapi, pada tahun 1798, seorang ilmuwan yang bernama Edward Jenner menemukan pada beberapa pemerah susu bahwa mereka kebal terhadap virus smallpox tersebut. Hal ini dipercaya karena di dalam susu sapi terdapat virus pox yang dapat melindungi manusia dari pox, sehingga terciptalah vaksin untuk melindungi manusia dari serangan virus.

Kemudian penelitian mengenai virus ini berkembang dan dilakukan penelitian terhadap penyakit mosaic pada tembakau yang menyebabkan tanaman tersebut terhambat pertumbuhannya dan muncul bercak-bercak pada daunnya.

Pada tahun 1883, seorang ilmuwan Jerman yang bernama Adolf Mayer menmukan bahwa penyakit mosaic tersebut dapat menular. Namun, dari hasil penelitiannya ia tidak menemukan mikroba pada tanaman tersebut, sehingga ia menyimpulkan bahwa penyakit tersebut disebabkan oleh bakteri yang lebih kecil lagi yang tidak dapat dilihat dengan mikroskop.

Kemudian pada tahun 1892, seorang ilmuwan Russia yang bernama Dmitri Ivanowsky menemukan pada getah daun tembakau penyakit mosaic meskipun sudah disaring namun tetap tidak terlihat. Ia akhirnya menyimpulkan bahwa bakteri tersebut berukuran sangat kecil dan bakteri tersebut bisa mengeluarkan racun.

Kemudian penelitian ini dilanjurkan oleh Martinus Beijerinck yang menyatakan bahwa penyakit tersebut disebabkan oleh sejenis cairan yang dapat membawa penyakit. Pendapat ini kemudian disempurnakan oleh Wendell Meredith Stanley yang berhasil mengkristalkan partikel penyebab penyakit tembakau tersebut yang sekarang ini kita kenal sebagai virus mosaic tembakau.

  1. 2.      Jenis-jenis virus

 

Pada dasarnya, virus merupakan partikel yang tidak hanya menyerang manusia, melainkan makhluk hidup lainnya.

  • Virus yang menyerang manusia

 

Ada beberapa virus yang dapat menyerang manusia, di antaranya adalah :

-         HIV, virus ini sangat berbahaya dan menyerang sistem kekebalan tubuh manusia. Virus ini juga termasuk virus yang menular melalui hubungan seksual atau penggunaan jarum suntik secara bersamaan.

-         Flu burung, virus ini sempat marak dan menginfeksi banyak orang. Virus ini menular melalui hewan unggas ke manusia dan sangat berbahaya hingga bisa menyebabkan kematian

-         Demam berdarah, merupakan virus yang disebarkan melalui nyamuk Aedes Aegypty. Pada umumnya, penderita akan mengalami demam tinggi yang disertai ruam pada kulit

-         Virus varicella zoster, merupakan virus yang dapat menyebabkan cacar air pada penderitanya.

  • Virus pada hewan

 

Ada beberapa jenis virus yang dapat menyerang hewan, di antaranya adalah :

-         Virus rabies, hewan yang terkenal virus ini hanya sebagai pembawa saja, jika menggigit manusia, maka akan berbahaya

-         Virus paramyxo, merupakan virus yang menyebabkan penyakit tetelo pada ayam.

  • Virus pada tumbuhan

 

Ada beberapa virus yang dapat menyerang tumbuhan, yaitu :

-         TMV, merupakan virus yang dapat menyerang tanaman tembakau

-         Virus batang padi atau tungro, virus ini dapat menyebabkan tanaman padi menjadi kerdil dan rusak.

Inilah sekilas mengenai jenis-jenis virus. Semoga bermanfaat


Posted by 0 Responses
     

Leave a Reply to this Post

Feb
24
2013
 
 
ujiansma.com Search form
DUKUNG GERAKAN LULUS UAN 100% Yang GAG DUKUNG berarti GAG PENGEN LULUS!!!



Recently Active Users
admin