Jenis Sistem Pemerintahan | ujiansma.com

Kamu Berada di:
Home » Pembelajaran » Jenis Sistem Pemerintahan

Jenis Sistem Pemerintahan

 

sistem pemerintahan

Sistem pemerintahan merupakan hal yang universal dan tentunya tidak lagi asing bagi kita semua. Setiap Negara pada umumnya mempunyaibentuk pemerintahannya tersendiri, misalnya Negara kita yang menganut sistem pemerintahan demokrasi pancasila.

Berbeda dengan Negara Amerika yang menganut demokrasi liberal. Memang ada banyak sekali jenis sistem pemerintahan yang ada di dunia ini. Kita tidak bisa menyebutkan mana yang baik atau mana yang tidak baik.

Hal ini karena berbagai jenis sistem pemerintahan tersebut harus disesuaikan dengan kondisi masyarakatnya. Hal ini sama seperti kita tidak bisa menyatakan bahwa Amerika berada dalam kondisi terbaik ketika menggunakan sistem demokrasi liberal, maka Indonesia juga harus meniru sistem pemerintahan tersebut.

Buktinya, Negara kita juga pernah menggunakan demokrasi liberal yang hasilnya justru jauh dari memuaskan. Oleh karena itu, tidak ada sistem pemerintahan yang baik atau yang buruk. Karena yang kita nilai buruk belum tentu buruk bagi Negara lain dan begitu pula dengan sebaliknya.

Bentuk pemerintahan sendiri merupakan istilah yang digunakan untuk menyatakan rangkaian institusi politik yang digunakan untuk mengorganisasikan suatu Negara untuk menegakkan kekuasaannya atas suatu komunitas politik.

Definisi tersebut tetap berlaku bahkan untuk pemerintahan yang tidak sah atau tidak berhasil menegakkan kekuasaannya. Tidak tergantung pada kualitasnya, pemerintahan yang gagal pun tetap merupakan suatu bentuk pemerintahan.

Akan tetapi, banyak sekali jenis sistem pemerintahan yang ada di dunia ini. Untuk lebih jelas mengenai jenis sistem pemerintahan yang ada, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

  • Otokrasi

 

Merupakan suatu bentuk pemerintahan yang kekuasaan politiknya dipegang oleh satu orang. Istilah otokrasi ini sendiri diturunkan dari bahasa Yunani yang secara harfiah berarti berkuasa sendiri atau penguasa tunggal.

Otokrasi sendiri biasanya dibandingkan dengan oligarki atau kekuasaan oleh minoritas atau kelompok kecil dan demokrasi atau kekuasaan mayoritas atau oleh rakyat. Otokrasi ini sendiri terbagi lagi ke dalam banyak ebntuk.

Salah satunya yang cukup populer dan pernah diterapkan oleh beberapa Negara adalah dictator dan monarki. Dimana sistem monarki merupakan sistem kekerajaan yang menjadi penguasa adalah keturunan langsung dari penguasa sebelumnya.

Kemudian paham yang cukup sering digunakan dalam bentuk pemerintahan ini adalah tirani, dimana aristocrat bertindak sebagai penguasa tunggal dan bertindak secara brutal dan menempatkan dirinya di atas kepentingan rakyat banyak.

 

Istilah sosialis atau sosialisme sendiri merupakan salah satu dari ideology, sistem ekonomi atau Negara. Istilah ini mulai dipergunakan sejak abad ke 19. Dalam bahasa Inggris, istilah ini pertama kali digunakan untuk menyebut pengikut Robert Owen pada tahun 1827.

Salah satu cabang dari sosialis yang cukup terkenal adalah komunisme. Sebenarnya, istilah sosialis ini jika diartikan secara etimologi, berasal dari bahasa Prancis yang berarti kemasyarakatan. Istilah ini muncul di Prancis pada tahun 1830.

Umumnya, sebutan ini digunakan untuk aliran yang hendak mewujudkan masyarakat yang didasarkan pada hak milik bersama terhadap alat alat produksi, dengan maksud agar produksi tidak lagi diselenggarakan oleh orang orang atau lembaga swasta yang bertujuan untuk memperoleh laba, namun semata mata untuk melayani kebutuhan masyarakat.

 

Demokrasi atau pemerintahan rakyat merupakan suatu bentuk pemerintahan yang kekuasaan pemerintahannya berasal dari rakyat, baik secara langsung atau melalui perwakilan.

Istilah ini sendiri berasal dari bahasa Yunani, yaitu demos yang berarti rakyat dan kratein yang berarti pemerintahan. . Oleh karena itu, demokrasi diartikan sebagai pemerintahan politik yang kekuasaan pemerintahannya berasal dari rakyat, baik secara langsung atau melalui perwakilan.

Biasanya, melalui sistem demokrasi ini, keputusan akan diambil berdasarkan suara terbanyak. Dengan adanya sistem ini, maka kekuasaan absolute, tirani dictator dan pemerintahan otoriter lainnya dapat dihindari.

  • Republic

 

Merupakan sebuah sistem pemerintahan dimana pemerintahan berasal dari rakyat bukan melalui prinsip keturunan bangsawan. Akan tetapi, republic ini tidak sama dengan demokrasi. Di jaman modern ini, ketua Negara suatu republic adalah presiden, meskipun ada beberapa pengecualian, misalnya di Swiss yang terdapat majelis tujuh pemimpin yang merangkap sebagai ketua Negara.

Inilah sekilas mengenai jenis sistem pemerintahan. Semoga bermanfaat


Posted by 0 Responses
     

Comments are closed.

Jun
10
2013
 
 
ujiansma.com Search form
DUKUNG GERAKAN LULUS UAN 100% Yang GAG DUKUNG berarti GAG PENGEN LULUS!!!



Recently Active Users
admin