Jurnal Prestasi Belajar Siswa | ujiansma.com

Kamu Berada di:
Home » umum » Jurnal Prestasi Belajar Siswa

Jurnal Prestasi Belajar Siswa

 

Jurnal Prestasi Belajar Siswa

Jurnal prestasi belajar siswa merupakan suatu catatan untuk semua kegiatan siswa. Hal ini dibuat guna memberikan dan mengingatkan kepada siswa apa saja yang sudah pernah dilakukannya selama proses belajar. Apalagi bila banyak prestasi yang telah dicapainya selama proses belajar. Dengan begitulah dibuat suatu kumpulan data untuk menjadikan sebuah kesimpulan yang sangat berarti. Dalam hal ini menjadikan jurnal prestasi belajar siswa ini menjadi sebuah acuan bagi siswa untuk dapat mencapai prestasi yang lebih bagus lagi.

Prestasi memang sangat diperlukan dalam suatu proses belajar disekolah maupun ditempat lain. Hal inilah yang selalu diharapkan oleh orang tua untuk mengenalkan suatu catatan bagi anaknya untuk bisa mempelajari dan mencapai suatu prestasi yang bagus. Pendidikan merupakan suatu pabrik untuk menciptakan suatu SDM yang akan sangat bermanfaat bagi semua orang. Apalagi untuk negara juga akan merasa bangga memiliki SDM bagus. Dengan begitu maka negara itu akan cepat berkembang dengan memiliki SDM yang mempunyai prestasi yang bagus. Makanya untuk dapat mencapai hal tersebut mutu dalam pendidikan haru sangat diperhatikan. Karena tanpa melihat mutu siswanya  jika sembarangan menaikkan mutu pelajaran maka akan membuat suatu masalah yang besar. Bukannya bertambah bagus SDM kita malah bertambah jelek dan tidak memiliki prestasi yang bagus.

Jurnal prestasi belajar siswa dibuat juga berdasarkan kemampuan dari siswanya. Dengan membuatnya dengan benar dan tepat maka jurnal itu akan menjadikan acuan bagi siswa untuk menentukan dan membuat keberhasilan bagi siswa itu. Makanya dibutuhkan sebuah jurnal prestasi belajar.

Makna dari Prestasi Belajar

Banyak makna yang terkandung dalam prestasi sebuah siswa. Dengan adanya prestasi belajar maka siswa akan menjadi seseorang yang difavoritkan. Karena kemampuannya yang bagus sehingga siswa itu akan diutus terus untuk megikuti suatu lomba-lomba cerdas cermat. Dan siswa itu juga akan sangat bangga bisa mendapatkan suatu prestasi yang bagus. Makanya prestasi belajar siswa itu merupakan suatu keberhasilan dari siswa dalam mendapatkan kesuksesan akan menghadapi pelajaran yang dihadapi selama ini. Ini berarti siswa itu berhasil untuk menjalankan salah satu kewajibannya. Dalam hal inilah dibutuhkan juga suatu jurnal prestasi belajar siswa untuk membantu mendongkrak ilmu mereka.

Faktor Pencapaian Prestasi Belajar

Jurnal prestasi belajar siswa bisa berhasil karena adanya beberapa faktor yang ikut mempengaruhinya. Faktor ini terdiri dari dua macam yaitu faktor pendukung dan faktor pelemah. Dengan begitu kita juga harus mempelajarinya dengan baik untuk dapat memanfaatkan hal ini dengan tepat. Maka dari itu untuk faktor pendukungnya adalah :

Faktor Internal

  1. Minat dan niat. Tanpa adannya minat dan niat dari diri seorang siswa untuk mendapatkan sebuah prestasi maka hal itu akan sulit untuk tercapai. Karena minat dan minat merupakan hal terpenting bagi seorang siswa untuk menentukan bagaimana dan apakah dia mau mendapatkan sebuah prestasi. Maka dari itu mereka harus dibimbing untuk menentukannya.
  2. Kesehatan. Kesehatan juga mempengaruhi siswa dalam mendapatkan prestasi. Jika kesehatannya sedang tidak bagus maka itu akan membuatnya menjadi lemas, tidak mempunyai semangat, dan malas untuk belajar. Gangguan pikiran juga menjadi hal yang berbahaya. Maka dari itu dibutuhkan siswa itu dalam kondisi yang sehat agar bisa melakukan proses belajar yang baik.
  3. Motivasi dan intelegensi. Dengan motivasi yang diberikan maka akan membuat siswa itu lebih bersemangat dalam mendapatkan sebuah prestasi. Dan juga intelegensi juga mempengaruhi prestasi apa yang bakal dicapainya. Intelegensi dibagi menjadi tujuh dimendsi yang semi otonom, seperti kinestetik fisik, visual special, matematik logis, musik, linguistik, sosial personal dan intrapersonal. Hal ini digagaskan oleh Gardner dengan nama teori Multiple Intellegence.

Faktor Eksternal

  1. Lingkungan. Dengan suatu kondisi lingkungan yang baik maka akan membuat siswa menjadi nyaman dalam mendapatkan sebuah prestasi. Lingkungan itu seperti lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat. Apabila lingkungan tersebut bagus maka secara otomatis siswa yang dihasilkan juga akan menjadi bagus. Hal ini sangat mempengaruhinya.
  2. Fasilitas. Fasilitas juga merupakan hal yang tidak kalah pentingnya. Dengan memiliki fasilitas untuk belajar yang enak dan nyaman akan membuatnya menjadi semangat dalam belajar.

Hal ini sangat berhubungan dengan pembuatan suatu jurnal. Jurnal prestasi belajar siswa akan begitu komplet bila kita menghubunkan satu sama lainnya.

 


Posted by 0 Responses
     

Leave a Reply to this Post

Jul
12
2012
 
 
ujiansma.com Search form
DUKUNG GERAKAN LULUS UAN 100% Yang GAG DUKUNG berarti GAG PENGEN LULUS!!!



Recently Active Users
admin