Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) menarik bagi orang kreatif | ujiansma.com

Kamu Berada di:
Home » Jurusan » Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) menarik bagi orang kreatif

Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) menarik bagi orang kreatif

 

Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV)

Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV)

Pasti banyak di antara kamu yang suka lihat iklan, poster, bahkan bercita-cita membuat iklan, membuat poster dan hal-hal yang bersifat desain lainnya. Orang-orang kreatif wajib masuk jurusan ini, terutama kreativitas dalam menciptakan desain atau gambar-gambar yang keren dan cool.

Desain komunikasi visual atau DKV, DesKomVIs atau gaulnya DKVer merupakan seni berkomunikasi (Arts of Commmunication) dengan menggunakan bahasa rupa (Visual Text) untuk menyampaikan suatu pesan dan disampaikan melalui media (desain) yang bertujuan menginformasikan, mempersuasi, mempengaruhi, hingga merubah perilaku sasaran sesuai dengan yang diinginkan.

DKV ini bisa dibilang bagian dari seni rupa tapi yang modern, bukan seni rupa murni. Jadi selama kuliah yang dipelajari adalah seni rupa modern baik itu modelling, fotografi, iklan, ilustrasi, desain, effect dan masih banyak lagi yang berhubungan dengan seni dan desain.

Secara singkat. DKV itu jurusan terlihat nyantai,  padahal tentulah tidak demikian. Banyak orang yang menganggap bahwa DKV itu jurusan untuk orang-orang  yang tidak berminat dengan mata kuliah atau hal-hal yang berbau fisika, kimia, biologi. Itu memang benar namun tidak sepenuhnya benar. Karen asetiap ilmu pasti memiliki aturan kekhasan yang berbeda-beda.

Jika ditanya mengenai tugas-tugasnya yang dapat membuat mahasiswanya tidak  tidur 1 ato 2

hari karena mengerjakan tugas itu adalah hal yang sudah biasa untuk  DKVer dan sudah menjadi santapan sehari hari. Jadi jangan kaget jika tugasnya banyak sekali dan berat berat. Tapi hal itu akan terbayar jika tugas-tugas tersebut dibuat dengan sepenuh hati dan dengan kreativitas tinggi, tentu akan diapresiasi dengan luar biasa.

Mata Kuliah yang Dipelajari di Jurusan DKV

Pada semester awal kuliah di jurusan DKV  nanti, mahasiswa akan  lebih sering mendesign secara manual daripada mendesain digital, karna jika mahasiswa  sudah bisa manual maka ketika mendesign digital pasti akan mudah sekali,  apalagi di animasi. Manual Design misalnya sepeti membuat gambar, memotong-motong  kertas, spons, kayu, sedotan, mika, kardus, bikin garis menggunakan pulpen merah harus lurus dan tidak boleh bengkok dan tidak boleh dihapus. Tapi jika mahasiswa sudah mampu mendalaminya, maka pelajaran ini  bukan sekedar itu, tetapi  kita belajar kepekaan, bermain perasaan, menajamkan insting kita untuk menjadi seorang professional

Ketika  semester lanjut, maka mahasiswa dapat memilih  konsentrasi atau pendalaman materi, contoh, di ITB mulai semester 6 ada pembagian konsentrasinya:
1. Desain Grafis (DG)
2. Multi Media (MM)
3. Komunikasi Visual Periklanan / Advertising (KVP)“Graphic Design on Screen”

Lapangan Kerja

Desain Komunikasi Visual sering dipergunakan untuk mengantisipasi berbagai persoalan, baik persoalan komunikasi sosial, maupun komersial. Sekarang, berbagai institusi dan kegiatan industri banyak membutuhkan tenaga ahli Desain Komunikasi Visual untuk mengkomunikasikan kegiatan dan memasarkan produknya. Intinya adalah kemampuan kreatifitas, jika memiliki kreatifitas yang tinggi dan skill yang bagus maka akan dengan mudah mendapatkan pekerjaan.

Keuntungan lain masuk jurusan DKV yaitu ketika masih kuliah sudah dapat  mengaplikasikan ilmunya dengan mencari  side job atau freelance sesuai dengan ilmunya. Njika sudah lulus, maka lapangan pekerjaan yang dapat dimasuki diantaranya adalah :
• Biro Desain (Graphic House : le boye, ad value, integra dan sebagainya)
• Biro iklan (Advertising : ogilvy, mc Caan, fortune dan lain-lain)
• Percetakan dan penerbitan (Gramedia, Mizan,Tempo dan lain)
• Rumah produksi multi media (BDI, AvantGarde, dan lain-lain)
• Biro Animasi
• Pertelevisian (RCTI, SCTV, TRANS, ANTV dan sebagainya)
• Humas / public relation lembaga swasta dan pemerintah.
• Wiraswasta dan lainnya.

Kampus:
Banyak kampus yang sebenarnya membuka jurusan ini, namun hanya beberapa kampus  yang sudah terakreditasi A, yaitu:
Institut Seni Indonesia Yogyakarta
Institut Teknologi Bandung (ITB)
Institut Teknologi Harapan Bangsa, Bandung
Universitas Kristen Petra, Surabaya
Universitas Sebelas Maret (UNS), Surakarta
Universitas Trisakti, Jakarta
Sedangkan yang tidak masuk daftar diatas tapi yang juga direkomendasikan adalah BINA NUSANTARA dan InterStudy. Jika merasa dirimu kreatif, memiliki jiwa seni dan berpikiran terbuka, maka  bergabung ke DKV.


Posted by Tags: 0 Responses
     

Leave a Reply to this Post

Apr
2
2013
 
 
ujiansma.com Search form
DUKUNG GERAKAN LULUS UAN 100% Yang GAG DUKUNG berarti GAG PENGEN LULUS!!!



Recently Active Users
admin