Jurusan Ilmu Gizi,kuliah yang banyak diminati | ujiansma.com

Kamu Berada di:
Home » IPA, Jurusan » Jurusan Ilmu Gizi,kuliah yang banyak diminati

Jurusan Ilmu Gizi,kuliah yang banyak diminati

 

Jurusan Ilmu Gizi

jurusan ilmu gizi

Jurusan ilmu gizi. Jurusan ini adalah jurusan yang cocok bagi kamu yang berminat dalam mengembangkan dan mengolah makanan sehat. Kamu yang sering meneliti nilai gizi dari makanan yang ada dan manfaatnya bagi tubuh kita. Biasanya mereka adalah yang rajin masak, dan tertarik dengan dunia kuliner sehat. Apalagi pada saat ini isu “back to nature” sedang booming, maka jurusan ini sangatlah diminati dan menjaadi favorit. Keuntungan yang besar di depan mata adalah hal yang tak boleh disia-siakan oleh kita semua.

Ilmu gizi didefinisikan sebagai suatu cabangilmu yang mempelajari hubungan antara makanan yang dimakan dengan kesehatan tubuh yang diakibatkannya serta faktor-faktor yang mempengaruhinya.

Pendidikan Ilmu Gizi sendiri terutama bertujuan agar mahasiswa dapat memahami berbagai peran makro dan mikronutrien, metabolisme nutrien, kebutuhan serta dampak kekurangan dan kelebihan nutrien. Selain itu, melalui demonstrasi pengukuran antropometrik dan diskusi kelompok dengan pemicu, mahasiswa diharapkan dapat menerapkan dasar-dasar penilaian status gizi, berpola pikir kritis analitis, dapat mengembangkan diri menjadi manusia penalar, bersikap dewasa, sopan-santun, jujur, bertanggung jawab, disiplin dan dapat bekerjasama dalam kelompok.

Pengetahuan, keterampilan dan sikap yang timbul ini merupakan bekal dasar bagi pendidikan selanjutnya di klinik. Sehingga pada akhirnya, mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan zat-zat gizi, kebutuhan zat-zat gizi, penilaian status gizi individu, pengaruh pengolahan bahan makanan terhadap nilai gizi dan keamanan pangan sesuai konsep Ilmu Gizi Kedokteran.

Ilmu Gizi mempelajari hubungan antara makanan yang dimakan dengan kesehatan tubuh yang diakibatkannya serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jadi mempelajari:
1. gizi kaitannya dengan kesehatan, tumbuh kembang manusia dan produktivitas,
2. gizi kaitannya dengan aspek pertanian, sosial ekonomi budaya, dan kesehatan serta dampaknya terhadap kualitas manusia,
3. perencanaan dan memberi jasa konsultasi perbaikan gizi
4. merancang dan melaksanakan penelitian dengan bimbingan

 

Mata Kuliah:

Anatomi, Fisiologi, Biokimia Gizi, Ilmu Bahan Pangan, Kimia Organik, Mikrobiologi Pangan, Dasar Manajemen, Statistik I, Sosiologi Gizi, Patofisiologi Gizi, Prinsip-prinsip Ilmu Gizi, Teknologi Pengolahan Pangan, Kewirausahaan, Statistik II, Antropologi Gizi, Bioetika, Psikologi, Dasar-dasar Komunikasi, Metabolisme Zat Gizi, Gizi dalam Daur Kehidupan, Gizi Masyarakat, Penilaian Status Gizi, Evaluasi Gizi, Gizi Kuliner I, Epidemiologi Gizi, Ketahanan Pangan, Pendidikan Gizi, Fortifikasi Gizi, Dietetika Penyakit Infeksi dan Defisiensi, Metode Penelitian Gizi, Perencanaan Pangan dan Gizi, Gizi Kerja dan Olahraga, Gizi Kuliner II, Dietetika Penyakit Degeneratif, Konseling Gizi, Intervensi Gizi, Manajemen Pelayanan Makanan dan Pelayanan Gizi Institusi.

Mata Kuliah Pilihan antara lain : Imunologi Gizi, Interaksi Obat dan Makanan, Ekologi Pangan dan Gizi, Gizi Tumbuh Kembang, Pengembangan Produk Pangan, Suplemen dan Makanan Fungsional, Isu Mutakhir dan Kontroversi dalam Gizi, Manajemen Mutu dan Keamanan Pangan, Aplikasi Komputer, Ekonomi Pangan dan Gizi, Survailan gizi, Teknik Penulisan Karya Ilmiah, Gizi Kesehatan Reproduksi, Higienis dan Sanitasi MakananJadi kemampuan yang mendominasi adalah biologi.

Kampus
Kampus yang membuka jurusan S1 ilmu gizi masi belum terlalu banyak beberapa diantaranya:
Akreditasi A: Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Indonesia (UI)
Akreditasi B: Universitas Brawijaya, Universitas Diponegoro (UNDIP), Universitas Indonusa Esa Unggul, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Universitas Muhammadiyah Dr. Hamka.

Lulusan Ilmu Gizi mempunyai gelar S.Gz. di UB jurusan Ilmu Gizi masuk fakultas Kedokteran, sedangkan di IPB jurusan ini masuk ke FEMA (Fakultas Ekologi Manusia).

 

LAPANGAN KERJA

Lulusan Jurusan Ilmu Gizi dapat bekerja di berbagai bidang yang meliputi: Perencanaan program pangan dan gizi di lembaga swadaya masyarakat, international, pemerintah baik pusat, propinsi maupun kabupaten, peneliti di lembaga penelitian swasta maupun pemerintah, Tenaga Pengajar dan Pendidik, Konsultan dan Ahli Gizi di bidang: industri pangan, Jasa Pelayanan Makanan termasuk di dalamnya katering, rumah sakit maupun klinik wirausaha di bidang pangan dan gizi.

Untuk contoh perusahaan yang dapat  misalnya di PT. Indofood Sukses Makmur Tbk, PT. Nutrifood, PT. Belfood, Mercycorps, Tabloid Sedap, Garuda Food,  Departemen Pertanian, Departemen Kesehatan, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), BBKP, Sari Husada, Mayora, PT. Pharos, Nestle,  dan lain lain.


Posted by Tags: 0 Responses
     

Leave a Reply to this Post

Apr
1
2013
 
 
ujiansma.com Search form
DUKUNG GERAKAN LULUS UAN 100% Yang GAG DUKUNG berarti GAG PENGEN LULUS!!!



Recently Active Users
admin