Jurusan Kedokteran | ujiansma.com

Kamu Berada di:
Home » Jurusan » Jurusan Kedokteran

Jurusan Kedokteran

 

Ketika kita kecil dan ditanya cita-cita maka dengan mudah kita mengatakan ingin jadi dokter tanpa tahu bagaimana caranya. Kini setelah kita lulus, tentunya kadang cita-cita itu ingin kita wujudkan, apalagi saat ini dokter adalah profesi yang paling menjanjikan dan sangat dibutuhkan di masa depan. Oleh karena itu maka alangkah baiknya kita gali tentang jurusan yang satu ini.

Kedokteran umum / pendidikan dokter

Pada jurusan ini, kita mempelajari penyakit, penyebabnya, pengobatan, dan pencegahannya. Spesialisasi studinya adalah Ilmu kedokteran dasar  mempelajari organ & struktur jaringan tulang, otot, pembuluh darah serta  saraf, proses perkembangan janin, fungsi & mekanisme sistem tubuh manusia, aspek kimia tubuh, dengan mata kuliah anatomi, embriologi, histologi, ilmu faal, biokimia.

Ilmu kedokteran dasar klinik mempelajari kuman & parasit, gejala penyakit & pengobatannya, menyusun resep, dengan mata kuliah patologi anatomi, patologi klinik, mikrobiologi, parasitologi, farmakologi. Ilmu kedokteran medik  mempelajari ketrampilan menyembuhkan penyakit tanpa pembedahan (terapi dari luar/obat), dengan mata kuliah ilmu penyakit dalam, ilmu kesehatan anak, ilmu penyakit saraf, kedokteran jiwa, ilmu kenyakit kulit & kelamin, radiologi. Ilmu kedokteran bedah : mempelajari pembedahan untuk penyembuhan, kebidanan, forensik, dengan mata kuliah: ilmu bedah, ilmu penyakit mata, ilmu penyakit tht, ilmu kebidanan, penyakit kandungan dan Ilmu kesehatan masyarakat.

Profesi dokter menyangkut nyawa manusia, karenanya sangat perlu dilandasi etika dan integritas moral. Kuliah kedokteran sangat menuntut keaktifan membaca, menghafal, dan menalar dengan ketekunan & kesabaran serta ketelitian dan ketenangan sekaligus kepintaran mengatur waktu. Menjadi seorang Dokter harus santun, berwibawa, dan pandai memotivasi

Lapangan kerja yang dapat kita masuki adalah dosen, dokter praktik, dokter rumah sakit/klinik, dokter perusahaan, dokter lembaga pemerintah & militer, peneliti di perusahaan farmasi, aktivis LSM dan lain sebaginya.

Kedokteran gigi

Meski fokus studinya hanya gigi dan mulut, namun lingkup ilmunya juga terkait dengan bagian tubuh lainnya sehingga dipelajari juga dasar-dasar ilmu kedokteran secara umum. Spesialisasi studi nya adalah Ilmu kedokteran gigi dasar  yang mempelajari dasar ilmu kedokteran gigi dan kedokteran umum seperti anatomi, fisiologi, biokimia, histologi, parasitologi, patologi, farmasi, bedah, penyakit dalam, THT, saraf, kulit, dll. Juga mempelajari ilmu bahan kedokteran gigi dan ilmu teknologi gigi.

Ilmu kedokteran gigi kuratif  adalah yang mempelajari pengobatan & penyembuhan penyakit gigi, mulut & sekitarnya, pembedahan kasus medis maupun kasus cacat. Ilmu kedokteran gigi rehabilitasi : mempelajari kelainan bentuk lengkung gigi, posisi gigi, oklusi gigi, beserta perawatan & upaya menormalkan kelainan tersebut. Ilmu kedokteran gigi pencegahan  adalah yang mempelajari ilmu kesehatan gigi masyarakat dan kesehatan gigi anak.

Sebagaimana ilmu kedokteran umum, diperlukan bekal ilmu biologi & kimia yang cukup untuk menunjang studi. Dibutuhkan kelebihan dalam hal ketrampilan tangan dan citarasa seni,  sering praktik membutuhkan peralatan dan bahan yang relatif mahal. Lapangan kerja yang didapat adalah dosen, dokter gigi praktik, dokter gigi rumah sakit/klinik, dokter gigi perusahaan, dokter gigi, lembaga pemerintah & militer, peneliti di perusahaan farmasi, aktivis lsm, dan lain sebaginya.

Kedokteran hewan

Obyek studinya hewan terutama ternak mamalia & unggas. Fokus studinya kesehatan & penyakit hewan, reproduksi & inseminasi buatan, kesehatan masyarakat veteriner.

Spesialisasi studi

Anatomi  & splancnologi, anatomi comparativa, anatomi angio neuro.

Fisiologi & farmakologi,  fisiologi dasar, fisiologi guna laksana, farmakodinami, farmakoterapi, toksikologi & kemoterap, reproduksi ,  fisiologi reproduksi, ginekologi, embriologi, penyakit hewan & kesehatan veteriner masyarakat , kesehatan lingkungan, fisiologi lingkungan, ilmu kesehatan makanan, epidemiologi dan zoonasa, parasitologi & patologi, serta klinik veteriner .

Seperti kedokteran umum & gigi, banyak hafalan nama dan istilah bahasa latin yang menuntut daya ingat kuat, teliti dan tekun. Harus menyukai binatang, tidak gampang jijikiphobia serta mau belajar memahami perilaku hewan. Lapangan kerja yang dapat diraih adalah praktek sebagai dokter hewan, bekerja di klinik veteriner, peternakan, lembaga penelitian, rumah potong hewan, industri makanan & obat ternak, aktivis lsm lingkungan / pelestarian alam, dosen, dan peneliti.


Posted by 0 Responses
     

Leave a Reply to this Post

Jan
4
2013
 
 
ujiansma.com Search form
DUKUNG GERAKAN LULUS UAN 100% Yang GAG DUKUNG berarti GAG PENGEN LULUS!!!



Recently Active Users
admin