ujiansma.com

Portal pendidikan no 1

Menu

Jurusan Kuliahku salah, diterusin atau mundur?

January 21, 2013 | Jurusan

“Teman-teman banyak yang mengajak memilih jurusan akuntasi, saya juga ikut tertarik. Tapi sampai semester 2 saya merasa salah jurusan karena tidak sesuai dengan bakat saya. Mau pindah jurusan kuliah tidak mungkin karena sudah terlanjur. Ya dibetah-betahin aja.”

“Orang tua menyuruh saya memilih jurusan kedokteran, katanya prospek ke depan bagus untuk masuk dunia kerja . Sebenarnya saya tidak suka dan merasa kurang berbakat .”

“Gak diterima di AKPOL , saya bingung mau kuliah jurusan apa. Ya udah pilih hukum aja biar keren.”

“Saya bertahan 4 semester di jurusan Sastra Inggris tapi hasilnya nilai IPK masih jeblok. Bingung mau gimana.”

Kalimat di atas merupakan pengakuan beberapa mahasiswa yang pernah saya wawancarai tentang proses belajar di kampus. Ada yang mengakui jika salah dalam memilih jurusan. Lebih dari 5 mahasiswa dulunya juga bingung mengapa memilih jurusan yang sekarang dijalani. Karena sudah terlanjur masuk mereka tidak bisa banyak berbuat apa-apa. Nasi sudah menjadi bubur, begitu pepatah mengatakannya.

Jurusan yang tampaknya keren karena mahalnya biaya kuliah tak dapat menjamin. Ketika kamu hanya asal-asalan dan ikut-ikutan teman sangat berakibat buruk. Buruk bagi diri sendiri dan masa depan. Terlebih lagi jika kamu gagal alias lulus terlambat bahkan bisa menjadi mahasiswa abadi ( jangan sampai ya?). Kamu bisa mengecewakan orang tua yang sudah banyak mengeluarkan biaya demi kesuksesan pendidikan anaknya.

Nah, untuk itu saya mempunyai saran untuk kamu yang sekarang ini sudah kelas 3 SMA dan ingin melanjutkan kuliah. Pertama, kamu pilih jurusan yang sesuai dengan bakat supaya dikemudian hari tidak menyesal dan membuang-buang waktu setia menjadi mahasiswa abadi. Pilihan jurusan kuliahmu akan menjadi bekalmu untuk mencari pekerjaan. Alasan pragmatis seperti uang, jurusan keren dan mudah mendapatkan pekerjaan banyak saya temukan. Kedua, carilah informasi lebih mengenai jurusan yang akan kamu pilih. Hal ini akan lebih efektif membantumu memilih jurusan yang tepat dan sesuai bakatmu.


Related For Jurusan Kuliahku salah, diterusin atau mundur?