Jurusan Manajemen | ujiansma.com

Kamu Berada di:
Home » Jurusan » Jurusan Manajemen

Jurusan Manajemen

 

            Buat kamu yang suka mengatur orang lain, mengatur sebuah perusahaan atau sebuah usaha maka jurusan ini cocoknya. Apalagi kamu adalah aktivis organisasi, atau seorang organisator yang artinya orang yang memiliki kemampuan mengatur atau mengorganisasi baik itu individu maupun tim, maka jurusan ini sangat cocok untuk yang memiliki jiwa demikian.

Kata manajemen bahasa Inggris menjadi ménagement, yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur. Manajemen intinya adalah demi efektifitas dan efisiensi. Jurusan manajemen sangat fleksibel, dan bisa masuk di perusahaan manapun. Karena apapun industri perusahaan itu, semuanya tetap membutuhkan lulusan manajemen .

Seorang ahli manajemen yang baik adalah orang yang mampu mengorganisasi, mengatur dan juga memiliki kemampuan negosiasi dan berkomunikasi yang baik dengan orang lain. Mereka juga harus menguasai akuntansi dan ilmu ekonomi, kerena itu semua tak lepas dari seorang yang disebut dengan menejer (orang manajemen). Ia harus mampu menguasai dan snsitif terhadap perkembangan pasar yang terjadi apalagi kaitannya dalam pengelolaan perusahaan, baik itu miliknya sendiri ataupun menjadi karyawan di perusahaan lain.

Untuk kamu yang berjiwa bisnis dan wirausaha (entrepreneur) maka alangkah lebih baiknya bergabung di jurusan managemen, baik itu manajemen ekonomi, manajemen akuntasi dan lain-lain. Yang dipelajari ketika kuliah di jurusan ini adalah,  etika berbicara dengan orang, hingga materi-materi yang berhubungann dengan akuntansi, ekonomi Indonesia, sumber daya manusia, pemasaran, sampai statistic.

Di akhir perkuliahan biasanya ada konsentrasinya tau pendalaman. Secara umum biasanya terbagi dalam 3 konsentrasi, yaitu  manajemen keuangan, manajemen pemasaran, manajemen Sumber Daya Manusia (SDM/HRD).   Untuk konsentrasi Sumber Daya Manusia maka akan banyak  dalam bidang departemen training & development,  career improvement, payroll / penggajian, recruitment, dan evaluasi.

Bagi yang memilih konsentrai bidang manajemen keuangan maka akan  banyak berkutat dalam risk, wealth management, dan investment. Sedangkan yang memilih konsentrasi manajemen pemasaran atau marketing maka akan banyak berkutat di sales/penjualan,
product development/ pengembangan produk
customer service/ Pelayanan pelanggan atau konsumen
marketing/ pemasaran

Jika kamu kuliah di  jurusan manajemen Institute Teknologi Bandung (ITB), konsentrasinya terdiri dari  finance, marketing, human resource, operasional, teknologi, entrepreneurship.

Jurusan manajemen banyak diajarkan untuk bagaimana menghitung, apalagi jika konsentrasinya adalah  di finance atau keuangan  dan manajemen accounting-nya.

Hampir setiap universitas di Indonesia membuka  jurusan manajemen, jumlah atau kuota mahasiswa manajemen itu berada di posisi 3 besar kouta terbanyak, karena memang jebolan jurusan ini sangat dibutuhkan di berbagai lini perusahaan apa pun itu. Untuk itu, tidak dapat dipungkiri jika lulusan manajemen banyak sekali saingannya. Jadi, jika kamu berminat untuk kuliah di jurusan manajemen  maka nilai-nilaimu  atau Indeks Prestasi (IP) haruslah bagus.

Untuk kampus yang direkomentasikan sangat bagus dan memiliki kualitas terbaik dan dapat kamu pertimbangkan adalah sebagai berikut:

-          Manajemen Universitas Indonesia (UI) – Jakarta

-          Manajemen  Universitas Gajah Mada (UGM) – Yogyakarta

-          Manajemen Universitas Padjajaran (UNPAD) – Bandung

-          Manajemen Universitas Airlangga (UNAIR) – Surabaya

-          Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) Institut Teknologi Bandung (ITB)- Bandung

-          Manajemen  Universitas  Trisakti – Jakarta

Jika kamu masuk jurusan manajemen tentunya, diharapkan akan menjadi seorang yang memiliki ilmu manajemen yang berkualitas, oleh karena persaingan yang semakin ketat di dunia kerja dalam lulusan jurusan ini. Oleh karena itu diharapkan lulusan manajemen bukan hanya memiliki nilai IP yang tinggi saja tetapi juga dapat menguasai ilmu manajemen dengan baik, bekerja dengan etos yang baik, memiliki jiwa profesional yang mampu beradaptasi di lingkungan kerja,  profesional, mampu bekerja secara tim(team work),  berjiwa kepemimpinan (leadership), dan kemapuan hubungan antar personal dan keterampilan komunikasi (interpersonal and communication skill) yang baik.

Lulusan manajemen adalah lulusan yang dapat masuk di smeua lini perusahaan, apa pun itu jenis usahanya. Mereka dapat  dapat mengisi posisi dalam sektor yakni di bagian  keuangan, pemasaran, Sumber Daya Manusia SDM), Perbankan, Industri, Perusahaan Retail, Perusahaan Jasa, menjadi  wirausahawan/ Wiraswasta dan Konsultan Profesional.


Posted by 0 Responses
     

Leave a Reply to this Post

Jan
5
2013
 
 
ujiansma.com Search form
DUKUNG GERAKAN LULUS UAN 100% Yang GAG DUKUNG berarti GAG PENGEN LULUS!!!



Recently Active Users
admin