JURUSAN MATEMATIKA (MA) dunia untuk yang suka hitung menghitung | ujiansma.com

Kamu Berada di:
Home » IPA » JURUSAN MATEMATIKA (MA) dunia untuk yang suka hitung menghitung

JURUSAN MATEMATIKA (MA) dunia untuk yang suka hitung menghitung

 

jurusan matematika            

Siapa yang menyukai dunia hitung menghitung, angka ataupun rumus-rumus pastinya cocok dengan jurusan ini. Siapa pun pasti pernah belajar matematika. Karena matematika merupakan pelajaran yang pasti diperlukan dalam semua lini kehidupan baik yang secara sederhana maupun dengan tingkatan terumit sekali pun. Semua pekerjaan, kondisi bahkan apa pun yang kita jalani pasti membutuhkan kemampuan matematika.

Setiap calon mahasiswa baik apapun jurusan yang diambil di kuliah, minimal pernah belajar matematika selama 12 tahun. Dan beberapa jurusan kuliah non-matematika, teknik misalnya, pasti ketemu lagi dengan bidang ini.

Untuk tingkat-tingkat awal di jurusan Matematika, akan diajarkan tools-tools dasar yang akan menunjang kuliah-kuliah tingkat lebih tinggi lagi. Beberapa kuliah dasar yang akan ditemui di jurusan matematika adalah Aljabar Linear, Matematika Diskrit, Kalkulus, Statistik Dasar / Analisis Data dan Persamaan Diferensial

Kuliah tingkat awal di MA masih banyak hitung-hitungannya. Setelah kuliah-kuliah dasar diatas, selanjutnya akan dapat kuliah yang benar-benar real untuk jurusan MA yang tidak dipelajari oleh jurusan lain, seperti : Analisis Real dan Kompleks, Statistika Matematika, Aljabar Linear Lanjut, atau Aljabar Abstrak, Teori Peluang, Teori Graf dan Teori Optimasi

Kita diajarkan bagaimana mengerjakan pembuktian matematika secara rigorous dan tertata rapi. Setelah itu,  tidak ada lagi yang namanya menghitung-hitung seperti kuliah tingkat awal. Bahkan soal ujian pun ada yang tidak mengandung angka sama sekali, hanya kalimat saja tetapi penyelesainnya rumit.

Suasana perkuliahan di MA tidak jauh berbeda dengan kuliah di jurusan lain pada umumnya. Karena MA adalah satu cabang science murni, mahasiswa akan terbiasa menghadapi dosen-dosen yang sebenarnya beliau itu pintar sekali tetapi kurang bisa mengajar. Mahasiswa dituntuk untuk mencari sendiri ilmu yang diajarkan, entah diperpusatakaan, internet, atau bertanya kepada dosen yang bersangkutan. Untuk praktikum, hampir dapat dikatakan “Kuliah di Matematika tidak ada praktikum”.

Kelompok keahlian matematika adalah bidang keahlian khusus yang lebih sempit dan mendalam di dalam bidang keilmuan matematika. Setidaknya ada 5 kelompok keahlian

  1. Aljabar : Salah satu bidang yang lumayan hardcore. Didalamnya banyak aneka ragam pembuktian matematis.
  2. Statistik : Ini bidang yang paling menjanjikan. Semua bidang bisnis pasti memerlukan statistik di dalam unit kerjanya. Disin belajar bagaimana mengolah, menginterpretasi, dan mengambil keputusan berdasarkan data yang ada. Jika tadi adalah terapan, disini juga belajar teori peluang, risk management, dan time series analysis.
  3. Kombinatorika : Disini akan belajar teori graf, teori bilangan, kriptografi, teori koding (isi dari barcode, CD ROM, tiket parkir, dan lain-lain).
  4. Matematika Analisis dan Geometri : Disinilah dipelajari asal mula turunan, limit, integral. Selain itu, Geomteri disini tidak sekedar apa luas Persegi ataupu  luas lingkaran . Tapi belajar bagaimana bentuk kurva, bentuk permukaan, dan berbagai fenomena yang ada
  5. Matematika Terapan : bidang ini akan diperlihatkan, betapa besar jasa matematika didalam kehidupan. Segala macam fenomena yg ada di masyarakat dapat di modelkan disini. Mulai dari persebaran penyakit, ekonomi, pertumbuhan bakteri, aliran minyak di pipa, penjadwalan, dan lain-lain.

Propek kerja untuk lulusan jurusan ini sangatlah luas, terutama dalam bidang pendidikan yang notabennya adalah menjadi seorang guru matematika.
Bidang Ekonomi, seperti perbankan, finance, asuransi pun banyak membutuhkan lulusan matematika. Risk management salah satu bidang yang menjanjikan. Ada lagi profesi aktuaris, profesi ini masih jarang dan banyak permintaan karena perusahaan asuransi wajib mempunyai aktuaris.

Bidang-bidang lain, seperti energi, oil dan gas dapat dimasuki oleh lulusan jurusan  Matematika, walaupun kuantitasnya tidak banyak. Ilmu dinamika fluida yang ada di kelompok keahlian matematika terapan akan menjadi jembatan antara dunia oil dan gas dengan lulusan matematiika, dan masih banyak lagi.

Hampir seluruh Perguruan Tinggi Negeri maupun swasta membuka jurusan Matematika (murni, bukan Pendidikan) dibawah fakultas MIPA, seperti Universita Indonesia (UI), Institute Teknologi Bandung (ITB), Institue Pertanian Bogor (IPB), Universitas Islam Negri Syarif Hidayatullah (UIN) Jakarta, Universitas Airlangga, Universitas Gajah Mada dan lainnya.


Posted by Tags: , 0 Responses
     

Leave a Reply to this Post

Apr
1
2013
 
 
ujiansma.com Search form
DUKUNG GERAKAN LULUS UAN 100% Yang GAG DUKUNG berarti GAG PENGEN LULUS!!!



Recently Active Users
admin