Jurusan Psikologi | ujiansma.com

Kamu Berada di:
Home » Jurusan » Jurusan Psikologi

Jurusan Psikologi

 

Siapa yang ingin menjadi psikolog? Suka mengamati prilaku manusia? Kepribadian manusia dan gejala-gejala psikisnya? Jika iya, maka wajib masuk Jurusan ini. Karena  yang diteliti di jurusan  ini cukup menarik, yaitu prilaku manusia. Ilmu Psikologi mengamati tingkah laku manusia dan meneliti latar belakang yang menyebabkan munculnya tingkah laku tersebut

Hal-hal kecil yang biasa dianggap remeh itu ada maksudnya, misalnya kenapa ada orang yang apabila sedang bicara tangannya selalu megang hidung? Ciri-ciri orang apakah seperti itu. Dan lain sebagainya.

Yang membedakan Psikolog dan Psikiater.
Psikolog adalah lulusan fakultas psikologi yang udah menyelesaikan pendidikan profesi psikolog. Sedangkan psikiater adalah dokter yang mengambil spesialisasi psikiatri. Jadi kalo dokter spesialis penyakit dalam namanya internis, dokter spesialis kebidanan namanya obs-gin, nah ada juga dokter yang spesialis menangani masalah kejiwaan, yaitu psikiater.

Psikolog, menangani masalah yang berkaitan dengan aspek psikologis (kejiwaan), misalnya stress, rumah tagga yang kurang harmonis, masalah disiplin anak, dan lain- lain. Sedangkan Psikiater menangani masalah yang bersifat fisik / faali, misalnya gangguan jiwa akibat adanya kelainan pada otak / neurotransmitter, atau gangguan kejiwaan akibat penyalahgunaan obat. Sebagai dokter, psikiater juga berhak memberikan obat resep, sementara psikolog tidak. Jadi, yang bekerja di Rumah Sakit Jiwa itu bukanlah psikolog tapi psikiater.  Psikolog bekerja di konsultan atau lembaga penyedia jasa psikotes, atau pekerjaan yang berhubungan dengan  aspek psikologis.

Pebedaan Psikolog dengan Sarjana Psikologi
Sarjana psikologi adalah orang yang berhasil menamatkan pendidikan di fakultas psikologi. Untuk menjadi ‘psikolog’, lulusan sarjana psikologi butuh minimal 2 tahun lagi untuk menyelesaikan pendidikan profesi plus tentunya dengan biaya yang cukup mahal untuk ongkos kuliah. Orang yang udah menyelesaikan pendidikan profesi dianggap memenuhi kualifikasi untuk melakukan kegiatan psikodiagnostik (psikotes dan sejenisnya).

Jika s udah lulus menjadi psikolog, belum boleh langsung buka praktek karena harus memiliki SRIP (Surat Rekomendasi Ijin Praktek) dulu. Untuk bisa mendapatkan SRIP, seorang psikolog harus lulus tes khusus dan memiliki NPWP.

Ketika SNMPTN, banyak lulusan IPS yang masuk jurusan ini,  namun ada beberapa universitas yang memasukkan psikologi dibawah fakultas kedokteran (FK), seperti UNDIP, UNPAD, dan UNS, sedangkan yang memasukkan psikologi ke jurusan IPS contohnya UI, UGM, UNAIR.

Yang dipelajari adalah ilmu psikologi  dan cabang-cabangnya, misalnya Psikologi Kognitif, Psikologi Kerekayasaan, Psikologi Konseling, psikologi konsumen, psikologi umum, psikologi, psikologi kepribadian. Selain itu ada filsafat, antropologi, patologi, statistika, dan lain-lain.

Tiap universitas berbeda, jadi lihatlah silabus universitas yang kamu inginkan
Berkaitan dengan jenis pendalaman psikologi, ada beberapa jurusan yang tergabung didalam ilmu psikologi , antara lain.

-          Psikologi Klinis yaitu cabang psikologi yang berfokus pada penanganan, penganalisisan, dan diagnosa penyakit-penyakit jiwa dan mental yang sangat parah, seperti schizophrenia.

-          Psikologi Pendidikan cabang yang mengkhususkan diri pada cara memahami pengajaran dan pembelajaran dalam lingkungan pendidikan.

-          Psikologi Perkembangan  mempelajari perkembangan dan perubahan aspek kejiwaan manusia sejak dilahirkan sampai dengan mati.

-          Psikologi Sosial dan Komunitas adalah suatu studi tentang hubungan antara manusia dan kelompok.

-          Psikologi Industri dan Organisi mempelajari perilaku manusia di tempat kerja, yakni berfokus pada pengambilan keputusan kelompok, semangat kerja karyawan, motivasi , produktivitas, stres kerja, seleksi pegawai, strategi pemasaran, rancangan alat kerja, dan lain-lain.

Universitas dengan Jurusan Psikologi

Berikut beberapa kampus negeri dengan jurusan psikologi terbaik diantaranya Universitas Indonesia (UI), Universitas Gajah Mada (UGM), Universitas Airlannga (UNAIR), Universitas Diponogoro (UNDIP), Universitas Padjajaran (UNPAD), Universitas Sumatra Utara (USU). Sedangkan Perguruan Tinggi Swasta  dengan jurusan psikologi yang bagus diantaranya Universitas Trisakti,Universitas Pelita Harapan (UPH), Universitas Parahiyangan (UNPAR) dan lain sebagainya.

Prospek Pekerjaan Lulusan Jurusan Psikologi

Selain sebagai psikolog, alumni jurusan psikologi juga bisa bekerja sebagai konsultan, Human Researce Developmen (HRD)/Sumber Daya Manusia (SDM)l dan lain-lain. Psikolog sendiri sangatlah luas tergantung minat dan konsentarsinya, yakni psikolog pendidikan, psikolog militer, psikolog konseling dan klinis, psikolog bidang organisasi dan industri dan lain sebagainya.


Posted by 0 Responses
     

Leave a Reply to this Post

Jan
5
2013
 
 
ujiansma.com Search form
DUKUNG GERAKAN LULUS UAN 100% Yang GAG DUKUNG berarti GAG PENGEN LULUS!!!



Recently Active Users
admin