JURUSAN PSIKOLOGI UNIVERSITAS INDONESIA | ujiansma.com

Kamu Berada di:
Home » Jurusan » JURUSAN PSIKOLOGI UNIVERSITAS INDONESIA

JURUSAN PSIKOLOGI UNIVERSITAS INDONESIA

 

Siapa yang tidak ingin kuliah di Universitas Indonesia (UI)?  UI merupakan salah satu kampus terfavorit di Indonesia. Apalagi jika kamu dapat masuk ke jurusan favorit juga yakni psikologi. Psikologi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia dan aplikasinya pada masalah-masalah yang dihadapi manusia. Tujuan mempelajari psikologi adalah agar dapat memberikan penjelasan dan gambaran tentang perilaku manusia sekaligus membuat prediksi tentang kemungkinan terjadinya suatu perilaku serta melakukan modifikasi perilaku.

Lahirnya Pendidikan Psikologi di Indonesia diawali oleh pidato ilmiah Prof. Dr. Slamet Iman Santoso dalam pengukuhannya sebagai Guru Besar Universitas Indonesia pada Dies Natalis Universitas Indonesia pada tahun 1952 di Fakultas Pengetahuan Teknik UI di Bandung (sekarang ITB). Sebagai kelanjutan dari pidato tersebut, di lingkungan Kementerian Pendidikan, Pengadjaran, dan Kebudajaan (disingkat Kementerian PP&K), pada tanggal 3 Maret 1953 diselenggarakan Kursus Asisten Psikologi, yang diketuai oleh Prof. Dr. Slamet Iman Santoso.Tak lama setelah itu, masih dalam lingkungan Kementerian PP&K, didirikan Lembaga Psikologi, yang kemudian berubah statusnya menjadi Lembaga Pendidikan Asisten Psikologi yang secara langsung berada di bawah pimpinan Universitas Indonesia.

Dalam SK Menteri Pendidikan, Pengadjaran & Kebudajaan Republik Indonesia No. 108049/U.U. dinyatakan bahwa Fakultas Psikologi Universitas Indonesia dimulai tanggal 1 Djuli 1960. Dengan demikian, tahun 1960 merupakan tahun kelahiran Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, dengan Dekan pertamanya Prof. Dr. Slamet Iman Santoso.

Mengapa Perlu Memilih Fakultas Psikologi UI?

  • Fakultas Psikologi UI adalah Fakultas Psikologi yang pertama kali berdiri di Indonesia dan saat ini menjadi acuan pengembangan fakultas-fakultas psikologi lain di Indonesia.
  • Visi Fakultas Psikologi UI adalah menjadi pusat unggulan dalam pendidikan, penelitian, pengembangan, dan penerapan psikologi. Sejalan dengan visi ini, Fakultas Psikologi UI selalu berupaya untuk menjadi unggulan dalam mengembangakan ilmu psikologi dan menjawab tantangan perkembangan zaman dengan menghasilkan lulusan yang mampu bersaing secara nasional dan internasional.
  • Proses pembelajaran di Fakultas Psikologi UI menggunakan teknik yang terkini serta menarik dengan metode belajar yang mengarah pada student-centered learning, seperti diskusi, collaborative learning, dan problem based learning. Lulusan Fakultas Psikologi UI tergolong mudah dalam memperoleh pekerjaan, bahkan banyak mahasiswa yang sudah melakukan kerja paruh waktu pada saat kuliah. Kesempatan untuk mendapatkan beasiswa dan memperluas wawasan pada masa kuliah juga terbuka lebar dengan adanya beragam kegiatan ekstra maupun intra kurikuler baik di Fakultas Psikologi UI maupun di UI sendiri.

Gelar Lulusan Psikologi UI

Jenjang pendidikan S1 bisa ditempuh dalam 4 tahun dan gelar yang diperoleh adalah Sarjana Psikologi (S.Psi). Untuk menjadi psikolog, seorang sarjana psikologi harus melanjutkan pendidikan ke jenjang Strata 2 Program Magister. Ilmu psikologi bisa diterapkan dalam segala bidang yang terkait dengan perilaku manusia. Bidang-bidang yang digeluti oleh lulusan S1 psikologi diantaranya adalah: bidang penelitian, Sumber Daya Manusia (SDM), pemasaran, jurnalis, periklanan, pengembangan masyarakat (LSM), pelatihan, hubungan masyarakat, pendidikan, sosial, dan lain sebagainya.

            Kegian Mahasiswa

Untuk mengaktualisasikan dan mengembangkan diri, di kampus ini tersedia wadah formal, yakni Badan Eksekutif Mahasiwa (BEM) dan Majelis Permusyawaratan Mahasiwa (MPM). BEM adalah wadah formal yang memfasilitasi dan mendukung kegiatan mahasiswa melalui program-program dalam bidang pendidikan, keilmuan, sosial, seni-budaya, dan olahraga.

Pada Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang merupakan organisasi otonom untuk mewadahi bidang-bidang kerohanian  seperti Forum Ukhuwah dan Studi Islam (FUSI), Keluarga Mahasiswa Katolik (KMK), Persekutuan Oikumene Sivitas Akademika (PO), dan lain-lain. Dalam mewadahi minat dan kelompok-kelompok mahasiswa, BEM memiliki BKBEM (Badan Kelengkapan BEM) dan KP (Klub Peminatan) yang memiliki kegiatan rutin, dalam bidang fotografi, tari, futsal, basket, kebudayaan Jepang, teater, musik, dan pecinta alam.

Proses Seleksi

Calon Mahasiswa dapat mengikuti tes seleksi melalui beberapa jalur penerimaan mahasiswa baru UI, yakni: Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Masuk UI (SIMAK UI), Program Pemerataan Kesempatan Belajar (PPKB), dan Kerjasama Daerah dan Industri (KSDI). Tes masuk yang diberikan sesuai dengan jalur penerimaan yang ditempuh.


Posted by 0 Responses
     

Leave a Reply to this Post

Jan
25
2013
 
 
ujiansma.com Search form
DUKUNG GERAKAN LULUS UAN 100% Yang GAG DUKUNG berarti GAG PENGEN LULUS!!!



Recently Active Users
admin