Jurusan Teknik Arsitektur | ujiansma.com

Kamu Berada di:
Home » Jurusan » Jurusan Teknik Arsitektur

Jurusan Teknik Arsitektur

 

Buat kamu yang memiliki cita-cita menjadi seorang arsitek, maka jurusna inilah yang tepat kamu masuki dan duduki. Apalagi yang suka sekali merancang sebuah bangunan, baik itu rumah, gedung, hotel, jembatan, restoran, lapangan, dan lain sebagainya. Dengan banyaknya perkembangan bisnis properti yang cukup pesat  saat ini sungguh sangat menguntungkan jika dapat masuk dan belajar di jurusan ini. Oleh karena itu, butuh kesungguhan, kreativitas dan skill yang tinggi untuk dapat menjadi seorang arsitek yang hebat luar biasa.

Teknik Arsitektur merupakan perpaduan antara seni dan teknik bangunan yang di dalamnya termasuk perencanaan, konstruksi, dan penyelesaian dekoratif yang mempelajari bentuk fisik ruang buatan sebagai tempat bagi manusia yang berhubungan dengan segala kompleksitas kebutuhan kehidupannya, baik individu maupun kelompok. Arsitektur tidak hanya terbatas pada bangunan saja namun meliputi interior, landscape (ekterior), kawasan dan lebih luas lagi akan mempelajari tentang perencanaan kota. Arsitektur lebih dikenal sebagai ilmu bangunan dan juga yang memadukan antara etika, dan estetika atau keindahan dalam rancangan sebuah bangunan.

Beda Arsitektur, Desain Interior, dan Arsitektur Lanskap
Arsitektur : Desain bentuk Rumah
D.Interior : Desain isi Rumah
Ars. Landscape : Desain konstruksi makro

Mata Kuliah yang dipelajari di Teknik Arsitektur

Dalam Teknik Arsitektur, para calon arsitek diajarkan untuk mendesain obyek pembangunan berskala luas secara lengkap dan menyeluruh mulai dari lingkungan terkecil sampai kepada tata ruang perkotaan. Yang dipelajari dalam teknik arsitektur bukan hanya sekedar belajar menggambar. Namun juga dibutuhkan ide yang kreatif, kepedulian terhadap lingkungan, dan pengetahuan yang luas tentang banyak hal misalnya teknologi rancang bangun, ilmu struktur, teknologi bahan, industri, dan peralatan apa saja yang diperlukan agar bangunan dapt berfungsi dengan baik sehingga dapat tercipta suatu bangunan yang bagus dan nyaman, serta ilmu sosial dan ekonomi.

Dalam Teknik Arsitektur, ada beberapa bidang keahlian yang ditawarkan. Bidang keahlian tersebut antara lain adalah :
1. Sains dan Teknologi Bangunan
2. Perancangan Arsitektur berbasis komputer
3. Lingkungan kota dan pemukiman
4. Analis Kritik dan Sejarah Arsitektur

Prospek Lulusan Teknik Arsitektur
Prospek ke depan dari lulusan Teknik Arsitektur sangat luas. Lulusan Teknik Arsitektur dapat bekerja di berbagai bidang antara lain adalah :
1. Instansi Pemerintah (Dinas Pekerjaan Umum, Badan Perencanaan Daerah, dan sebainya)
2. Konsultan Arsitektur
3. Pendidikan dan Penelitian
4. Kontraktor

Dari lulusan arsitek biasanya akan bekerja bersama dalam tim dalam sebuah konsultan. Selain itu dapat menjadi arsitek  yang mandiri, artinya dia mempunyai biro  sendiri. dimana dia dapat menjadi pemiliknya.

Pada umumnya lulusan arsitek tidak menjadi  seorang arsitek, mereka biasanya berarsitektur secara bertahap, mulai dari drafting, membuat design development, lalu menjadi arsitek lapangan, dimana jutaan tarikan garis yg pernah dibuat dipertanggung jawabkan dilapangan keberadaanya. (termasuk dimensinya ). Setelah bertahap melalui proses yang rumit selama bertahun-tahun,  maka jadilah anda seseorang yang matang dalam berarsitek. Disanalah anda diuji kembali isi kepala anda, sinkronisasi antara otak kanan dan otak kiri, ide-ide yang  kreatif dan imajinatif tapi semi  fiktif pasti muncul, walau dengan sedikit tidak masuk akal. Tapi itulah kreatifitas yang harus direlisasikan dalam sebuah karya nyata.

Biasanya perusahaan-perusaahn besar yang bergerak di bidang kontraktor dan property memiliki program dalam merekrut jebolan jurusan arsitek yang handal. Seperti Agung Podomoro Group, Agung Sendayu Group, Ciputra Group, PT Hutama dan masih banyak lagi perusahaan-perusaan yang memerlukan jebolah arsitek untuk memajukan perusahaan mereka. Lihat saja, berapa banyak dan pesatnya pembangunan property baik yang bersifat swasta maupun yang dimiliki oleh pemerintah.

Daftar Perguruan Tinggi Negeri yang terdapat Teknik Arsitektur :
1. Inst. Teknologi Bandung (ITB)
2. Univ. Diponegoro (UNDIP)
3. Univ. Gadjah Mada (UGM)
4. Univ. Indonesia (UI)
5. Univ. Sebelas Maret (UNS)
6. Univ. Sumatera Utara (USU)
7. Univ. Lambung Mangkurat (UNLAM)
8. Univ. Sam Ratulangi
9. Univ. Syiah Kuala
10. Univ. Tadulako
11. Univ. Tanjungpura (UNTAN)
12. Dan lain-lain.


Posted by 0 Responses
     

Leave a Reply to this Post

Jan
5
2013
 
 
ujiansma.com Search form
DUKUNG GERAKAN LULUS UAN 100% Yang GAG DUKUNG berarti GAG PENGEN LULUS!!!



Recently Active Users
admin