JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA | ujiansma.com

Kamu Berada di:
Home » Jurusan » JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA

JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA

 

Dewasa ini globalisasi informasi mengalami perkembangan pesat dan telah merambah ke berbagai aspek kehidupan manusia. Untuk itu diperlukan sumber daya manusia (SDM) yang tidak hanya menguasai aspek-aspek materi dari teknologi informasi, melainkan juga mampu menerapkan dan mengembangkan teknologi informasi di berbagai bidang.

Semakin rumit dan canggih informasi dan  teknologi, maka manusia pun mencari solusi, dan solusi itu ada pada ilmu Teknik Informatika. eknologi Informasi memberikan harapan baru bagi manusia. Teknologi ini diciptakan untuk membantu manusia melakukan proses-proses yang sebelumnya dilakukan secara manual dan sangat potensial terjadi kesalahan. Teknologi Informasi menawarkan pemecahan yang cepat, akurat dan konsisten

Teknik Informatika merupakan cabang dari ilmu computer. Teknik Informatika merupakan kumpulan disiplin ilmu dan teknik yang secara khusus menangani masalah transformasi atau pengolahan data dengan memanfaatkan se-optimal mungkin teknologi komputer melalui proses-proses logika.Pada Teknik Informatika bidang ilmu yang lebih banyak dikaji adalah bidang pemrograman dan komputasi, rekayasa perangkat lunak (software) untuk berbagai bidang aplikasi dalam berbagai bidang usaha, dan teknologi jaringan komputer.

Program studi Teknik Informatika bertujuan memenuhi kebutuhan akan SDM yang profesional di bidang teknologi informasi. Diharapkan melalui program ini dapat dihasilkan lulusan yang memiliki daya saing, jiwa kewirausahaan, dan memiliki wawasan teknologi informasi yang memadai sehingga tidak gagap ketika tiba waktunya untuk menerapkan ilmunya di masyarakat.

Dasar ilmu dalam Teknik Informatika adalah algoritma. Pada Teknik Informatika, mahasiswa akan diarahkan untuk bisa menguasai ilmu dan keterampilan rekayasa informatika yang berlandaskan pada kemampuan untuk memahami, menganalisis, menilai, menerapkan, serta menciptakan piranti lunak (software) dalam pengolahan dengan komputer. Secara garis besar materi dalam teknik informatika dapat dikelompokkan menjadi beberapa bidang ilmu antara lain adalah :

  1. Sistem Informasi.

Memberikan pengetahuan dan pengertian dasar tentang konsep dan kerangka sistem informasi, metodologi dan teknik perancangan, pengembangan, pengetesan dan pemeliharaan sistem perangkat lunak

  1. Rekayasa Perangkat Lunak

Materi yang dipelajari dalam bidang ini adalah Analisa dan Desain Obyek, Penyempurnaan Proses Rekayasa, Inspeksi Perangkat Lunak, Rekayasa Perangkat Lunak, Pemrograman Basis Data Client Server.

  1. Pemrograman dan Komputasi

Memberikan pengetahuan dan kemampuan menganalisis permasalahan dalam ruang lingkup Komputasi, Komputasi Paralel, Sistem Terdistribusi, Teknologi Antar Jaringan.

  1. Arsitektur dan Jaringan Komputer

Materi yang dipelajari dalam bidang ini adalah Arsitektur Komputer, Organisasi Komputer, Elektronika, Sistem Digital, Sistem Mikroprosesor, Jaringan Komputer dll.

Bidang aplikasi komputer sangat luas, hampir tidak ada ruang kehidupan yang tidak tersentuh oleh teknologi komputer. Luasnya bidang aplikasi tersebut, terbatasnya jumlah system analyst, pesatnya perkembangan teknologi informasi, dan tingginya kebutuhan pengembangan perangkat lunak memberikan prospek yang sangat cerah bagi lulusan Teknik Informatika. Jenis pekerjaan yang tepat untuk lulusan Teknik Informatika antara lain adalah: Programmer, Sistem Analis, Web Designer, Software Engineer/Web engineer, Computer network/Data Communication Engineer, Instansi Pemerintah dan Lembaga Penelitian, Lain-lain (perusahaan-perusahaan jasa telekomunikasi, perbankan, konsultan atau dosen di perguruan tinggi negeri maupun swasta, dan lain-lain).

Melihat peluang kedepannya yang semakin menarik dan baik, maka memang banyak orang yang ingin kuliah di jurusan ini dan tentunya banyak universitas, institusi maupun sekolah tinggi yang membuka jurusan ini. Berikut ini adalah daftar perguruan tinggi yang membuka jurusan teknik informatika  yang memiliki akreditasi A dan menjadi kampus favorit bagi yang ingin kuliah di jurusan IT. yaitu

  1. Institut Teknologi Bandung (ITB)
  2. Universitas sepuluh November (ITS)
  3. Universitas Diponogoro (UNDIP)
  4. Universitas Trunojoyo
  5. Universitas Sriwijaya
  6. Universitas Gunadarma (GUNDAR)
  7. Universitas Bina Nusantara (BINUS)

Dan masih banyak lagi perguruan tinggi baik negri maupun swasta yang memburka jurusan ini. Selain peluang yang sangat besar di atas, jurusan teknik Informatika merupakan jurusan favorit dan juga salah satu jurusan yang digembor-gemborkan sebagi gudangnya orang-orang pintar ahli teknologi informasi. Konon, gaji untuk jurusan ini sangatlah besar. Dan tentunya ini adalah peluang besar yang tidak boleh di sia-siakan oleh siapaun yang mengaku ingin sukses.


Posted by 0 Responses
     

Leave a Reply to this Post

Jan
11
2013
 
 
ujiansma.com Search form
DUKUNG GERAKAN LULUS UAN 100% Yang GAG DUKUNG berarti GAG PENGEN LULUS!!!



Recently Active Users
admin