Kebutuhan Manusia Menurut Sifatnya | ujiansma.com

Kamu Berada di:
Home » Pembelajaran » Kebutuhan Manusia Menurut Sifatnya

Kebutuhan Manusia Menurut Sifatnya

 

Manusia merupakan makhluk yang membutuhkan orang lain untuk hidup. Dalam kajian ekonomi, manusia merupakan makhluk yang kebutuhannya tidak terbatas. Pada dasarnya, alat pemuas yang tersedia di muka bumi ini adalah terbatas.

Oleh karena itu, salah satu permasalahan ekonomi yang sering kali kita hadapi adalah kelangkaan, dimana kebutuhan manusia menjadi sulit untuk dipenuhi. Kebutuhan manusia ini sendiri sangatlah beragam antar setiap individunya.

Secara umum, kebutuhan diartikan sebagai salah satu aspek psikologis yang dapat menggerakkan makhluk hidup dalam menjalankan segala kegiatannya atau menjadi landasannya untuk berusaha.

Pada dasarnya, memang benar manusia bekerja karena adanya tujuan tertentu, yaitu untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Kebutuhan memang tidak terlepas dari kehidupan sehari-hari. Selama manusia itu hidup, maka ia membutuhkan bermacam-macam kebutuhan, misalnya makanan, pakaian, rumah dan lainnya untuk meneruskan kehidupannya.

Kebutuhan ini sendiri pada dasarnya juga dipengaruhi oleh kebudayaan, lingkungan, waktu dan agama seseorang. bisa dikatakan bahwa semakin tinggi tingkat kebudayaan seseorang, maka semakin tinggi atau semakn banyak pula macam kebutuhan yang harus ia penuhi.

Model akademis mengenai kebutuhan yang paling terkenal adalah model yang dikembangkan oleh Abraham Maslow mengenai hierarki kebutuhan. Dalam modelnya tersebut, ia menyatakan bahwa manusia memniliki berbagai tingkat kebutuhan, mulai dari keamanan hingga aktualisasi diri.

Setelah itu, model ini kemudian dikembangkan lagi oleh Clayton Alderfer. Kemudian studi akademis mengenai kebutuhan ini mencapai puncaknya pada tahun 1950an. Namun, satu hal penting yang harus kita ingat adalah kebutuhan manusia akan bertambah seiring berjalannya waktu dna manusia harus berusaha untuk mencari strategi yang lebih efektif lagi untuk mencukupi kebutuhannya itu.

Pada dasarnya, kebutuhan manusia itu sangatlah beragam dan untuk mengidentifikasinya, maka kebutuhan manusia dikelompokkan ke dalam beberapa kelompok, yaitu dibagi berdasarkan intensitasnya, waktunya, sifatnya, hingga ke subjeknya.

Sesuai dengan judulnya, kebutuhan manusia menurut sifatnya ada dua yaitu kebutuhan jasmani dan rohani. Untuk lebih jelas mengenai kebutuhan manusia menurut sifatnya, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

  • Kebutuhan jasmani

 

Kebutuhan jasmani atau material pada dasarnya merupakan salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi oleh seorang individu. Mengapa demikian ? Hal ini karena kebutuhan ini pada dasarnya berkaitan dengan tuntutan fisik seorang individu.

Kebutuhan ini pastinya anda penuhi setiap harinya, meskipun anda tindak mengetahui bahwa hal tersebut merupakan kebutuhan fisik atau material, misalnya pada saat anda makan atau minum atau mengenakan pakaian.

Itu semua merupakan contoh dari kebutuhan jasmani yang pastinya anda penuhi bukan ? namun, sekarang ini khususnya di daerah perkotaan yang sudah semakin berkembang, sudah banyak sekali tempat-tempat untuk menjaga kebugaran fisik yang dibangun.

Tempat seperti itu pada dasarnya merupakan usaha manusia untuk memenuhi kebutuhan jasmaninya. Dengan kata lain dapat dikatakan bahwa kebutuhan jasmani atau material itu sendiri merupakan segala sesuatu yang berhubungan dengan manusia untuk memelihara kesehatan tubuh atau badannya.

  • Kebutuhan rohani

 

Kebutuhan rohani sering kali disebut sebagai kebutuhan non material, mengapa demikian ? Hal ini karena kebutuhan ini sangat erat kaitannya dengan tuntutan rohani manusia dan tidak memiliki wujud.

Kebutuhan ini sendiri sangat erat kaitannya dengan tuntutan perasaan, etika dan keyakinan seorang manusia untuk memenuhi kepuasan batin atau jiwanya. Misalnya kebutuhan seseorang akan rasa aman dan kebutuhan untuk meyakini sebuah agama atau kepercayaan tertentu yang dapat menimbulkan rasa nyaman dan tentram.

Agama ini sendiri merupakan pedoman atau pegangan hidup banyak orang yang bersifat sacral dan universal. Semakin pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, menyebabkan kebutuhan yang satu ini semakin penting dirasakan oleh manusia yang dalam kedudukannya sebagai makhluk pribadi atau makhluk social.

Misalnya untuk menenangkan pikiran dari berbagai kesibukan atau aktivitas sehari-hari seseorang atau sekelompok masyarakat melakukan wisata untuk mengunjungi kota-kota tertentu untuk melakukan rileksasi.

Selain itu, kebutuhan rohani ini sangatlah penting kedudukannya di masyarakat. Kebutuhan ini juga bisa dipenuhi dengan cara mendengarkan music atau segala sesuatu yang berkaitan dengan kejiwaan seseorang.

Inilah sekilas mengenai kebutuhan manusia menurut sifatnya. Semoga bermanfaat.


Posted by 0 Responses
     

Leave a Reply to this Post

Mar
15
2013
 
 
ujiansma.com Search form
DUKUNG GERAKAN LULUS UAN 100% Yang GAG DUKUNG berarti GAG PENGEN LULUS!!!



Recently Active Users
admin