Kejuaraan Bola Voli Di Dunia | ujiansma.com

Kamu Berada di:
Home » Pembelajaran » Kejuaraan Bola Voli Di Dunia

Kejuaraan Bola Voli Di Dunia

 

vol2

Istilah bola voli pastinya sudah tidak asing lagi bagi sebagian besar dari kita. Bahkan, sebagian besar dari kita mungkin pernah memainkan permainan ini ketika duduk di bangku sekolah. Oleh karena itu, seperti apa permainan ini, mungkin sudah jelas bagi kita.

Selain itu, olahraga voli juga tergolong ke dalam bentuk olahraga yang populer, sehingga dimainkan secara internasional. Oleh karena itu, sekarang ini sudah banyak kejuaraan bola voli di dunia yang diselenggarakan.

Namun, sebelum kita membahas hal tersebut, ada baiknya bila kita bahas sedikit mengenai sejarah bola voli. Tentunya permainan ini tidak muncul begitu saja bukan ? Permainan ini pertama kali dinamakan sebagai Mintonette.

Olahraga Mintonette ini pertama kali ditemukan oleh seorang Instruktur pendidikan jasmani yang bernama William G. Morgan di YMCA pada tanggal 9 Februari 1895, di Holyoke, Massachusetts (AS).

Morgan menciptakan sebuah olahraga baru yang bernama Mintonette. Sama halnya dengan James Naismith, William G. Morgan juga mendedikasikan hidupnya sebagai seorang instruktur pendidikan jasmani.

Olahraga permainan Mintonette sebenarnya merupakan sebuah permainan yang diciptakan dengan mengkombinasikan beberapa jenis permainan. Tepatnya, permainan Mintonette diciptakan dengan mengadopsi empat macam karakter olahraga permainan menjadi satu, yaitu bola basket, baseball, tenis, dan yang terakhir adalah bola tangan (handball).

Perubahan nama Mintonette menjadi volleyball (bola voli) terjadi pada pada tahun 1896, pada demonstrasi pertandingan pertamanya di International YMCA Training School. Pada awalnya, permainan ini diciptakan khusus bagi anggota YMCA yang sudah tidak berusia muda lagi, sehingga permainan ini-pun dibuat tidak seaktif permainan bola basket.

Pada awal tahun 1896 tersebut, Dr. Luther Halsey Gulick yang merupakan Executive Director of Department of Physical Education of the International Committee of YMCA mengundang dan meminta Morgan untuk mendemonstrasikan permainan baru yang telah ia ciptakan di stadion kampus yang baru.

Dalam kesempatan tersebut, Morgan membawa dua tim yang pada masing-masing tim beranggotakan lima orang. Dalam kesempatan itu, Morgan juga menjelaskan bahwa permainan tersebut adalah permainan yang dapat dimainkan di dalam maupun di luar ruangan dengan sangat leluasa.

Untuk lebih jelas mengenai kejuaraan bola voli di dunia, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

  • Kejuaraan bola voli di dunia

 

 

Permainan bola voli menyebar ke seluruh dunia dengan cepat. Pada tahun 1974 pertama kali bola voli  dipertandingkan di Polandia dengan peserta yang cukup banyak. Maka pada tahun 1984 didirikan Federasi Bola Voli Internasional atau Internationnal Volley Ball Federation (IVBF) yang waktu itu beranggotakan 15 negara dan berkedudukan di Paris.

Permainan bola voli  sangat cepat perkembangannya, antar lain disebabkan oleh :

-         Permainan voli tidak memerlukan lapangan yang luas.

-         Mudah dimainkan.

-         Alat-alat yang digunakan untuk bermain sangat sederhana.

-         Permainan ini sangat menyenangkan.

-         Kemungkinan terjadinya kecelakaan sangat kecil.

-         Dapat dimainkan di alam bebas maupun di ruang tertutup.

-         Dapat di mainkan banyak orang

Voli sendiri masuk ke Indonesia pada waktu penjajahan Belanda (sesudah tahun 1928). Perkembangan permainan bola voli  di Indodesia sangat cepat. Hal ini terbukti pada Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-2 tahun 1952 di jakarta.

Pada tahun 1955 tepatnya tanggal 22 Januari didirikan Organisasi Bola Voli  Seluruh Indonesia (PBVSI) dengan ketuanya W. J. Latumenten. Setelah adanya induk organisasi bola voli  ini, maka pada tanggal 28 sampai 30 mei 1955 diadakan kongres dan kejuaraan nasional yang pertama di Jakarta.

  • Sekilas mengenai voli

 

Secara umum, bola voli merupakan olahraga permainan yang dimainkan oleh dua grup berlawanan. Masing-masing grup memiliki enam orang pemain. Terdapat pula variasi permainan bola voli lainnya, yaitu voli pantai yang masing-masing grup hanya memiliki dua orang pemain.

Permainan ini dimainkan oleh 2 tim yang masing-masing terdiri dari 6 orang pemain dan berlomba-lomba mencapai angka 25 terlebih dahulu. Dalam sebuah tim, terdapat 4 peran penting, yaitu tosser (atau setter), spiker (smash), libero, dan defender (pemain bertahan).

Inilah sekilas mengenai kejuaraan bola voli di dunia. Semoga bermanfaat


Posted by 0 Responses
     

Comments are closed.

Dec
23
2013
 
 
ujiansma.com Search form
DUKUNG GERAKAN LULUS UAN 100% Yang GAG DUKUNG berarti GAG PENGEN LULUS!!!



Recently Active Users
admin