Kejuaraan Tenis di Dunia

Britain's Murray holds the trophy after beating Croatia's Cilic to win the men's singles final tennis match at the Queen's Club Championships in west London

Tenis memiliki kejuaraan yang hampir sama dengan olahraga yang lain yang biasanya sering diselenggarakan di Dunia, dimana kejuaraan ini menghasilkan berbagai macam atlet yang berbakat di Dunia, dan untuk setiap kalinya pasti memiliki hadiah-hadiah yang cukup besar untuk para peserta yang mengikuti kejuaraan tenis tersebut.

Untuk kejuaraan tenis ini sendiri biasanya memiliki sistem penilaian yang berbeda, biasanya sistemnya dapat berupa sistem grup dengan berdasarkan poin atau dapat juga menggunakan sistem gugur, dimana jika peserta yang kalah tidak dapat lagi mengikuti kejuaraan di dunia tersebut lagi.

Kejuaraan tenis di Dunia ini biasanya diselenggarakan dalam setiap tahun, atau per tahun sekali. Untuk kejuaraan tenis di dunia ini sendiri biasanya dapat kita kenal dengan sebutan Grand Slam atau turnamen terbuka.

 

Turnamen-turnamen yang biasanya ada di Dunia biasanya disebut dengan Grand Slam, dimana Grand Slam adalah sebutan bagi empat kejuaraan tenis yang terkemuka di Dunia, masing-masing Australia Terbuka, Wimbledo, AS terbuka dan Perancis Terbuka (Roland Garros). Untuk pemain atau peserta yang mengikuti kejuaraan ini dan berhasil menjuarai keempat gelar tersebut dalam satu tahun disebut telah berhasil mencapai Grand Slam. Untuk asal usul Grand Slam sendiri berasal dari sebuah olahraga kartu, bridge.

Dalam cabang tenis, istilah ini pertama kali digunakan oleh wartawan Amerika Serikat yang bernama John Kieran, pada tahun 1933 untuk menerangkan upaya Petenis Australia yang bernama Jack Crawford, dalam memenangi keempat turnamen yang berajang tersebut untuk mendapatkan title grand slam yang pada saat itu sangat terkenal sekali. Kieran membandingkan upaya Crawford tersebut dengan “sebuah grand slam dalam bridge yang mudah dibalas dan lemah “. Crawford sendiri pada saat itu rupanya gagal mencapai ambisinya dan gagal mendapatkan title grand slam itu sendiri. Orang pertama yang berhasil mendapatkan gelar ini adalah Donald Budge pada tahun 1938.

Untuk lebih jelasnya mengenai kejuaraan dunia tersebut, marilah kita membahasnya satu-satu

 a. Australia Terbuka

Australian terbuka merupakan salah satu kejuaraan Grand slam yang ada di dunia tenis. Kejuaraan ini diadakan di Melbourne, Australia pada bulan januari setiap tahunnya. Kejuaraan ini dimulai sejak tahun 1905, kejuaraan ini merupakan yang termuda dibandingkan dengan kejuaraan yang lainnya. Kejuaraan ini sendiri dilaksanakan sejak tahun 1988 di Melbourne Park. Sebelumnya kejuaraan ini diadakan di Kooyong yang terletak di sebuah tenggara Melbourne. Kooyong sendiri kini dijadikan sebagai tempat diadakannya kejuaraan invitasi yang berlangsung tepat sebelum dilakukannya Australia terbuka.

 b. Wimbledon

 

Wimbledon merupakan sebuah turnamen tenis yang terkemuka yang diselenggarakan salaam sekitar dua minggu yaitu pada bulan juni atau juli setiap tahunnya. Kejuaraan ini diadakan pertama kali pada tahun 1877 oleh All England Lawn Tennis and Croquet Club, pada saat itu hanya ada pertandingan tunggal putra dan kemudian pada tahun 1884 nomor tunggal putri pun dipertandingkan.

Lapangan utamanya yang bernama Centre Court dibuka pada tahun 1922 dan mempunyai kapasitas sebesar 14000 penonton. Lapangan utama lainnya yaitu Court no.1 dibangun tahun 1997 dengan kapasitas 11000 kursi, kedua lapangan utama tersebut hanya digunakan selama dua minggu diadakannya kejuaraan tersebut.

c. AS Terbuka

 

Kejuaraan ini berawal dari dua turnamen yang terpisah dimana turnamen putra dan juga turnamen putri. Kejuaraan ini dimulai pada tahun 1881, dimana pada saat itu bernama U.s National Singles Championship dengan hanya mempertandingkan tunggal putra saja. Lapangan utamanya terletak di Stadion Arthur Ashe yang berkapasitas 2300 penonton dan lapangan keduanya adalah Stadion Louis Armstrong yang mempunyai lapangan keras.

d. Perancis Terbuka

 

Kejuaraan ini adalah sebuah turnamen tenis yang berlangsung selama dua minggu dari pertengahan Mei hingga awal Juni di Paris, Perancis setiap tahunnya. Pada tahun 1891 kejuaraan ini menjadi turnamen nasional dan pada tahun 1925 perancis terbuka membuka diri kepada peserta internasional yang diadakan di lapangan rumput di Racing Club de France dan Stade Francais. Untuk Piala Davis challenge tahun 1928 sebuah stadium tenis baru dibangun di Porte d’Auteuil.