Kesetimbangan Dinamis Kesetimbangan Homogen dan Heterogen | ujiansma.com

Kamu Berada di:
Home » Pembelajaran » Kesetimbangan Dinamis Kesetimbangan Homogen dan Heterogen

Kesetimbangan Dinamis Kesetimbangan Homogen dan Heterogen

 

keseimbangan dinamis

Mungkin istilah seperti kesetimbangan dinamis, kesetimbangan homogen dan heterogen ini masih cukup asing bagi sebagian dari anda. akan tetapi, sebenarnya istilah tersebut sangat berkaitan erat dengan keseimbangan kimia.

Oleh karena itu, untuk memahami kesetimbangan dinamis, kesetimbangan homogen dan heterogen, tentunya anda harus mengetahui apa yang dimaksud dengan keseimbangan kimia itu dan segala hal yang terkait.

Kimia sendiri diartikan sebagai perubahan benda atau zat yang merupakan ilmu yang mempelajari mengenai komposisi, struktur, sifat zat atau materi dari skala atom hingga molekul serta perubahan dan transformasi serta interaksi mereka untuk membentuk materi yang kita temukan sehari hari.

Kimia juga sering disebut sebagai ilmu pusat karena menghubungkan beberapa ilmu lainnya seperti fisika, ilmu bahan, nanoteknologi, biologi, farmasi, kedokteran, bioinformatika dan geologi. Hubungan ini sendiri timbul melalui berbagai subdisiplin yang memanfaatkan berbagai konsep dari berbagai disiplin ilmu.

Pada umumnya, keadaan keseimbangan kimia merupakan suatu keadaan dimana konsentrasi seluruh zat tidak lagi mengalami perubahan, sebab zat zat di ruas kanan terbentuk dan terurai kembali dengan kecepatan yang sama.

Selain itu, keadaan keseimbangan kimia ini juga bersifat dinamis, dimana reaksi terus berlangsung dalam dua arah dengan kecepatan yang sama. Pada keadaan keseimbangan, tidak akan terjadi perubahan secara mikroskopis atau perubahan yang dapat diamati atau diukur.

Di samping itu, keseimbangan kimia ini juga bisa dibedakan atas keseimbangan homogen dan juga keseimbangan heterogen. Pada keesimbangan homogen semua zat yang ada dalam sistem keseimbangan mempunyai fase yang sama ada dalam bentuk gas atau larutan.

Sedangkan keseimbangan heterogen merupakan semua zat zat yang ada di dalam keseimbangan dan memiliki fase yang berbeda dalam bentuk padat gas atau padat larutan. Adapun beberapa faktor yang mempengaruhi keseimbangan kimia, di antaranya adalah pengaruh konsentrasi, pengaruh tekanan, pengaruh suhu, dan katalis.

Untuk lebih jelas mengenai kesetimbangan dinamis, kesetimbangan homogen dan heterogen, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

  • Kesetimbangan dinamis

 

Pada saat sebuah reaksi mencapai keadaan seimbang, maka reaksi akan dianggap selesai karena tidak terjadi perubahan yang dapat dilihat debgan mata, misalnya konsentrasi dan warna. Akan tetapi, secara mikroskopis reaksi tersebut akan berlangsung terus menerus dan tidak berhenti.

Artinya, pereaksi di sebelah kiri selalu membentuk hasil reaksi di sebelah kanan dan juga sebaliknya. Keadaan tersebut akan berlangsung terus menerus dengan laju yang sama, sehingga dapat dikatakan bahwa reaksi tersebut mengalami kesetimbangan dinamis.

Kita bisa menemukan contoh kesetimbangan dinamis ini dalam kehidupan sehari hari, misalnya orang yang sedang menaiki escalator yang bergerak turun. Apabila kecepatan naiknya orang tersebut sama dengan kecepatan turunnya escalator, maka hal tersebut dikatakan sebagai kesetimbangan dinamis.

Selain contoh tersebut, kita bisa menemukan adanya peristiwa lain, misalnya pemanasan air yang berada dalam wadah tertutup. Apabila air telah mendidih dan menguap, maka uap air akan berubah kembali menjadi air.

Apabila kecepatan terbentuknya uap air sama dengan kecepatan terbentuknya air dari uap air, maka hal tersebut termasuk ke dalam kesetimbangan dinamis. Pada reaksi bolak balik reaksi maju mempunyai laju reaksi yang dilambangkan dengan r1.

Sementara itu, laju reaksi pada reaksi balik dilambangkan dengan r2. Apabila reaksi bolak balik mencapai suatu keadaan, yaitu dimana r1 = r2 maka dapat dikatakan bahwa reaksi tersebut telah mencapai keadaan setimbang, sehingga hal tersebut disebut sebagai reaksi kesetimbangan. Suatu reaksi bolak balik juga dapat berlangsung dalam beberapa wujud.

  • Kesetimbangan homogen

 

Kesetimbangan homogen ini sendiri artinya adalah seluruh zat yang terlibat dalam persamaan reaksi mempunyai wujud yang sama, misalnya :

Kesetimbangan antara gas gas

Kesetimbangan antara ion-ion dalam larutan

  • Kesetimbangan heterogen

 

Kesetimbangan heterogen artinya zat zat yang terlibat di dalam persamaan reaksi mempunyai wujud yang berbeda beda, misalnya :

Pada saat terjadi kesetimbangan reaksi, ada beberapa kemungkinan perubahan konsentrasi pada pereaksi dan hasil reaksi, yaitu bisa lebih kecil atau lebih besar.

Inilah sekilas mengenai kesetimbangan dinamis, kesetimbangan homogen dan heterogen. Semoga bermanfaat


Posted by 0 Responses
     

Comments are closed.

Jun
30
2013
 
 
ujiansma.com Search form
DUKUNG GERAKAN LULUS UAN 100% Yang GAG DUKUNG berarti GAG PENGEN LULUS!!!



Recently Active Users
admin