Keunikan Gerak Tari Klasik Yogyakarta | ujiansma.com

Kamu Berada di:
Home » Pembelajaran » Keunikan Gerak Tari Klasik Yogyakarta

Keunikan Gerak Tari Klasik Yogyakarta

 

Yogyakarta merupakan salah satu daerah istimewa yang ada di Indonesia. Mungkin sebagian dari anda belum mengetahui mengapa daerah ini dikatakan sebagai daerah istimewa. Hal ini mengingat karena banyaknya keunikan yang bisa anda temukan di dalam kota ini.

Meskipun banyak yang mengatakan kota ini “aneh” atau eksentrik, namun sebenarnya kota ini memiliki pesonannya tersendiri. Kota ini juga populer, baik di dalam negri hingga ke luar negri. Banyak turis asing yang dengan sengaja singgah di kota ini untuk menikmati keadaan kota ini.

Selain itu, bisa dikatakan juga bahwa kota ini sangat memegang erat tradisi mereka. Buktinya, kota ini sering disebut sebagai kota sultan, karena dipimpin oleh seorang sultan. Di lingkungan kraton Jogja sendiri, banyak sekali tarian klasik yang mereka miliki.

Pada dasarnya, para turis ingin menikmati keunikan gerak tari klasik Yogyakarta yang biasanya ditampilkan di pentas seni. Untuk lebih jelas mengenai keunikan gerak tari klasik Yogyakarta, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

  • Tari srimpi

 

Salah satu tarian khas Yogyakarta adalah tari srimpi. Tarian ini juga dianggap sebagai salah satu tarian sacral bagi masyarakat setempat. Hal ini karena pada masa pemerintahan raja ke 9, tarian ini diatur sedemikian rupa, seperti hendaknya tarian dalam sebuah ritual keagamaan.

Tarian ini juga selalu ditarikan oleh 4 orang. Hal ini sebenarnya ada kaitannya dengan falsafah jawa yang menunjukkan empat titik utama, yaitu utara, timur, selatan dan barat. Kata serimpi sendiri berasal dari kata impi atau mimpi.

Hal ini ada kaitannya dengan cara menikmati tari yang dilakukan lebih dari 1 jam, yang seolah-olah mengarah ke alam mimpi.

  • Gerakan srimpi

 

Pada dasarnya, dalam tarian ini ada 3 gerakan dasar yang utama dan harus diperagakan, yaitu :

  1. a.      Gerak maju gawang

 

Merupakan gerakan yang dilakukan sama halnya seperti jalan biasa saat menuju pentas dengan sikap lengan tertentu. Gerakan ini juga biasanya disebut sebagai kapang-kapang. Dalam melakukan gerakan ini, biasanya disertai dengan berbelok ke kanan atau kiri. Gerakan ini biasanya diakhiri dengan sikap duduk.

  1. b.      Gerak pokok

 

Dalam gerak pokok ini, penari akan menunjukkan gerakan pokok sesuai dengan tema. Jika bertemakan perang, maka ada dua tokoh yang akan menampilkan adegan perang.

  1. c.       Gerakan mundur gawang

 

Salah satu keunikan gerak tari klasik Yogyakarta adalah gerakan mundur gawang. Gerakan ini sebenarnya merupakan kebalikan dari gerakan maju gawang. Gerakan ini biasanya dilakukan dengan berjalan.

  • Iringan music

 

Selain keunikan gerak tari klasik Yogyakarta, iringan tarian khas Yogyakarta juga unik dan enak untuk didengar. Perlu anda ketahui bahwa hubungan antara tarian Yogyakarta dengan penarinya sangatlah erat. Jika disederhanakan, maka bisa dikelompokkan menjadi 3 kelompok utama.

Yaitu sebagai kelompok pengiring tari, music sebagai illustrator gerak dan music sebagai pengisi suara. Sebuah tarian jika tidak diiringi music, maka rasanya akan menjadi hampa dan kosong. Pada umumnya, alat music yang digunakan untuk mengiringi tari srimpi adalah gamelan Jawa.

  • Busana penari

 

Dalam menarikan tarian khas kota sultan ini, penarinya juga tidak boleh sembarangan mengenakan pakaian atau busana. Pada umumnya, jika tarian dilakukan secara berkelompok, maka para penarinya akan mengenakan busana yang serupa atau sama.

Tari srimpi ini sendiri juga biasanya disajikan di lingkungan kraton dan pastinya ada pola busana yang harus dituruti. Namun, sekarang ini busana penari tarian srimpi ini telah banyak mengalami inovasi, baik dari tangan kekuasaan satu raja ke raja lainnya.

Selain itu, campur tangan dari pihak asing juga telah banyak mengubah busana atau pakaian penari srimpi ini. Pada umumnya, busana yang dikenakan oleh penari srimpi ini adalah busana kebesaran pengantin putri.

Akan tetapi, pada perkembangan berikutnya ada busana khas yang digunakan oleh penarinya, yaitu kain serendan dan baju tanpa lengan. Inovasi terhadap busana penari srimpi juga sampai sekarang masih berlangsung untuk mendapatkan hasil yang baik.

Inilah sekilas mengenai keunikan gerak tari klasik Yogyakarta. Semoga bermanfaat


Posted by 0 Responses
     

Leave a Reply to this Post

Feb
17
2013
 
 
ujiansma.com Search form
DUKUNG GERAKAN LULUS UAN 100% Yang GAG DUKUNG berarti GAG PENGEN LULUS!!!



Recently Active Users
admin