Keunikan Tari Seudati dari Aceh

Seni tari dari daerah Aceh ini sendiri juga mempunyai keistimewaan dan keunikan tersendiri, dimana tari dari daerah ini mempunyai ciri-ciri antara lain adalah pada mulanya hanya dilakukan dalam upacara-upacara tertentu, dalam hal ini upacara tersebut bersifat ritual dan sacral dan tentu saja bukan berupa tontonan untuk para masyarakat sendiri, kombinasinya serasi antara tari, music dan juga sastra, dimana tari ini dilakukan secara masal dengan tempat yang terbatas, serta pengulangan gerakan yang monoton dalam pola gerakan yang sederhana dan dilakukan secara berulang-ulang, serta waktu dari penyajian tarian ini juga relative panjang.

Tarian-tarian yang ada pada daerah Aceh ini sendiri antara lain adalah tari Seudari, Saman, Rampak, Rapai dan juga Rapai Geleng. Tetapi untuk tarian Aceh yang terkenal di Negara Indonesia sendiri adalah tari Rapai dan juga tari Saman. Beberapa tarian yang ada di provinsi aceh ini sendiri pun dibuat dengan beberapa sejarah yang terkandung didalam tarian

tersebut, begitu juga dengan makna yang ada didalam tarian tersebut. sehingga kita dapat lebih mengerti dan juga memahami arti penting dan juga makna terbuatnya tarian yang berasal dari aceh ini sendiri.

Tarian ini sendiri biasanya dapat dihubungkan dengan sejarah yang ada pada masa lampau pada daerah tersebut, atau dapat juga berupa kata-kata yang sudah ada dan tentu saja dalam hal ini memiliki makna dan arti yang sangat banyak. Makna yang dibuat pun tidak sembarangan mengambil hal-hal yang tidak bisa diterima secara akal sehat, melainkan maknanya sendiri harus berupa hal-hal yang memang masuk akal dan bisa diterima oleh masyarakat secara luas. Seperti yang kita tahu terkadang ada beberapa tarian yang tidak memakai sebuah makna yang sesuai dengan apa saja yang dibutuhkan tersebut. tetapi untuk rata-rata tarian yang ada biasanya selalu memiliki makna tersendiri yang sangat luas dan juga memiliki pengertian yang luas yang terkadang tersirat dari beberapa arti dan hanya bisa dipahami oleh sebagian orang saja.

  • Tari Seudati

Tarian seudati ini adalah nama tarian yang berasal dari Provinsi Aceh, dimana Seudati ini sendiri berasal dari kata Syahadat, yang berarti saksi atau bersaksi atau pengakuan terhadap Tiada Tuhan selain Allah, dan Nabi Muhammad utusan Allah. Tentu saja seperti yang kita tahu provinsi Aceh ini sangat kental terhadap ajaran agama Islamnya. Tarian ini uga termasuk dalam kategori Tribal War Dance atau Tari Perang, dimana syair dari tarian ini yang selalu membangkitkan semangat dari pemuda Aceh untuk bangkit dan melawan penjajahan yang terjadi pada Indonesia pada zaman tersebut. oleh sebab itu tarian ini sendiri sempat dilarang pada zaman penjajahan Belanda, tetapi setelah Indonesia merdeka tarian ini kembali diperbolehkan.

Tarian ini sendiri adalah tarian yang sangat memiliki makna dan juga arti penting bagi daerah ini sendiri, hal ini sendiri dikarenakan tarian ini merupakan suatu tarian untuk mengucapkan rasa syukur kepada Tuhan mereka pada hari besar tertentu. Terciptanya tarian ini sendiri pun tidak lepas dari para masyarakat yang memegang kepercayaan agama Islam sendiri, sehingga mereka dapat membuat tarian ini dan juga dengan makna yang bagus serta memiliki arti yang sangat bagus bagi masyarakat yang ada di daerah tersebut. Tarian ini sendiri pun menjadi tarian yang sangat diterima di daerah tersebut oleh para masyarakat yang ada di provinsi Aceh sendiri.

Tarian ini sendiri selain mempunyai makna tentang mengucapkan syukur kepada Tuhan dimana terutama menganut kepercayaan agama Islam, tarian ini juga memiliki makna yang berbeda. Dimana makna kedua dari tarian ini sendiri adalah tarian untuk membangkitkan semangat dari para pemuda, dimana para pemuda itu adalah generasi penerus bangsa yang tidak perlu susah lagi untuk melakukan perang dan mengusir penjajah yang ada ada saat zaman tersebut. hal yang perlu kita lakukan ada lebih bersemangat dalam melestarikan tarian daerah yang menjadi warisan budaya Negara Indonesia sendiri, tentu saja kita dapat mempelajari tarian tersebut atau mengajari ke orang lain.