Keuntungan dan Keburukan Virus | ujiansma.com

Kamu Berada di:
Home » Pembelajaran » Keuntungan dan Keburukan Virus

Keuntungan dan Keburukan Virus

 

Kita semua pasti sudah tidak asing lagi dengan penggunaan istilah virus dalam kehidupan sehari-hari. Selain di dalam bidang bilogi dan kesehatan manusia, penggunaan kata virus mulai mnejadi kosakata yang umum di dalam dunia komputer atau teknologi.

Pada dasarnya, virus di berbagai bidang ini dianggap sebagai parasit yang dapat menimbulkan berbagai dampak negatif. Jadi, mungkin anda bertanya mengapa judul dari artikel ini keuntungan dan keburukan virus ?

Jika ada kata keuntungan, maka tentunya hal tersebut berarti bahwa virus dapat memberikan kontribusi yang positif dalam kehidupan sehari-hari bukan ? Sebenarnya, memang ada beberapa manfaat positif dari virus.

Mungkin sebagian besar dari anda masih bingung, sebab dari tadi kita sudah membahas virus ini dan virus itu, namun sebenarnya apa itu virus ? Pada dasarnya, virus merupakan makhluk mikroskopik yang berukuran sangat kecil.

Virus dikatakan sebagai makhluk mikroskopik karena hanya bisa dilihat jika menggunakan mikroskop saja. Virus juga sering disebut sebagai parasit yang merugikan, mengingat banyaknya dampak negatif yang ditimbulkan oleh virus.

Pada dasarnya, virus merupakan partikel yang akan menginfeksi makhluk hidup dan memanfaatkan sel tersebut untuk berkembang biak dan bertumbuh. Jika berada di luar makhluk hidup, virus dikatakan sebagai benda mati, karena tidak bisa melakukan apa-apa.

Untuk lebih jelas mengenai keuntungan dan keburukan virus, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

  1. 1.      Keuntungan virus

 

Mungkin sebagian besar dari kita masih berpikir bahwa virus hanya dapat menyebabkan sesuatu yang merugikan saja, namun, sebenarnya ada beberapa keuntungan yang bisa kita peroleh dari keberadaan virus ini.

Pada dasarnya, pemanfaatan virus ini dilakukan pada usaha-usaha yang berkaitan dengan kesehatan manusia. Virus biasanya digunakan untuk memindahkan materi genetic dari satu bakteri ke banteri lainnya yang tidak mungkin dapat dilakukan oleh manusia.

Berdasarkan prinsip tersebut, maka bisa dikatakan bahwa ada beberapa manfaat dari virus yang bisa kita rasakan, di antaranya adalah :

  • Membuat anti toksin

 

Salah satu keuntungan dari virus adalah dapat membuat anti toksin. DNA manusia yang mengontrol suatu anti toksin terhadap sebuah penyakit bisa dipindahkan oleh virus kepada bakteri tertentu.

Dengan begitu, maka bakteri tersebut akan memiliki dan memproduksi anti toksin yang dimiliki oleh manusia. Setelah bakteri tersebut dikembang biakkan dan dipanen, maka anti toksin tersebut bisa kita gunakan kembali ke dalam tubuh manusia yang memerlukan anti toksin tersebut.

  • Melemahkan bakteri

 

Pada dasarnya, kita bisa menggunakan virus untuk melemahkan bakteri. Jika DNA virus lisogenik  masuk ke dalam DNA bakteri patogen (bakteri penyebab penyakit), maka bakteri tersebut akan menjadi tidak berbahaya sehingga dapat digunakan dalam vaksinasi manusia.

  • Memproduksi vaksin

 

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa vaksin merupakan hal yang penting dan sulit untuk di dapatkan. Pada dasarnya, vaksin yang didapatkan dari bakteri yang telah dilemahkan, jika disuntikkan ke dalam tubuh manusia maka tidak akan menimbulkan penyakit.

Melainkan tubuh manusia tersebut akan memproduksi antibodi untuk patogen tersebut, sehingga jika suatu saat penyakit patogen tersebut menyerang, maka tubuh manusia telah kuat untuk melawan patogen tersebut.

  1. 2.      Kerugian virus

 

Selain keuntungan yang telah disebutkan tadi, namun pada dasarnya virus merupakan makhluk parasit yang berbahaya bagi kesehatan manusia. Ada banyak sekali kerugian yang ditimbulkan oleh virus, di antaranya adalah :

  • Menyebabkan berbagai penyakit pada manusia

 

Ada beberapa penyakit berbahaya dari virus, misalnya :

-         HIV merupakan virus yang sangat berbahaya dan menyerang sistem kekebalan tubuh manusia

-         Flu burung, merupakan virus yang ditularkan oleh unggas kepada manusia dan sangat berbahaya

-         Demam berdarah, merupakan virus yang disebarkan oleh nyamuk Aedes Aegepty kepada manusia.

  • Menyebabkan penyakit pada tanaman

 

Ada beberapa virus yang bisa menyerang tanaman, yaitu :

-         TMV atau penyakit mosaic pada tanaman tembakau

-         Tungro merupakan penyakit yang menyebabkan tanaman padi menjadi kerdil dan rusak. Penyebaran virus ini dilakukan oleh wereng hama.

Inilah sekilas mengenai keuntungan dan keburukan virus. Semoga bermanfaat


Posted by 0 Responses
     

Leave a Reply to this Post

Feb
24
2013
 
 
ujiansma.com Search form
DUKUNG GERAKAN LULUS UAN 100% Yang GAG DUKUNG berarti GAG PENGEN LULUS!!!



Recently Active Users
admin