Kiat-Kiat Sukses Berwirausaha Berbasis Sekolah | ujiansma.com

Kamu Berada di:
Home » umum » Kiat-Kiat Sukses Berwirausaha Berbasis Sekolah

Kiat-Kiat Sukses Berwirausaha Berbasis Sekolah

 

Kiat-Kiat Sukses Berwirausaha Berbasis Sekolah

Tingkat persaingan pencari kerja semakin ketat. Hal ini karena jumlah pencari kerja lebih banyak dibandingkan dengan orang yang membuka usaha sendiri, terkadang kita dapat menghitung dengan jari orang yang membuka usaha. Untuk itu, maka sudah saatnya kita menciptakan lapangan kerja. Dan, dunia pendidikan menangkap signal tersebut dengan memberikan suatu pembelajaran yang bernama wirausaha, artinya disini kita dapat membuka usaha dari keadaan apapun, artinya kita dapat mengembangkan kreativitas kita disini, tidak semata-mata hanya untuk menciptakan suatu lapangan kerja, tapi hal ini juga dapat membantu kita menghasilkan sesuatu yang tentu saja berguna bagi kehidupan kita masing-masing. Dan salah satu aspek dari dunia pendidikan yang dipelajari itu adalah mengenai kiat-kiat sukses berwirausaha.

Pembelajaraan kewirausahaan ini merupakan upaya untuk menjawab tantangan yang selama ini tertuju pada dunia pendidikan atau sekolah, karena banyak ejekan yang keluar mengenai pembelajaran yang terkadang dianggap tidak ada gunanya untuk dipelajari dalam dunia pendidikan. Selalu dikatakan bahwa lulusan sekolah kita tidak mampu bertahan hidup dimasyarakat, artinya disini sekolah yang memiliki pendidikan dan pembelajaran kewirausahaan tersebut. Siswa yang mendapatkan pengetahuan ini dapat menjadi bekal kehidupannya. Akibatnya, setiap tahun jumlah angka pertambahan pengangguran terus meningkat, tentu saja masalah ini adalah masalah yang sangat krusial bukan.

Sekolah-sekolah sekarang ini memang telah merubah konsep pendidikan dan pembelajarannya. Jika dahulu konsepnya adalah mengedepankan pengetahuan dan sikap, maka sekarang dapat dikatakan lebih mengutamakan pada kompetensi keahlian yang dimilikinya. Oleh karena itu, pembelajaraan yang diberikan ini adalah sebagai bekal pendamping para siswa. Pada pembelajaran ini, para siswa diajarkan kiat-kiat sukses untuk berwirausaha.

Pada pembelajaran ini, siswa telah diberikan konsep dasar wirausaha yang ada di masyarakat. Dengan bekal yang telah diberikan ini diharapkan para peserta didik dapat menjadi entrepreneur muda yang dapat mandiri dan dapat survive, artinya disini dia tidak manja dan juga dapat bertahan hidup atas masalah apapun  yang terjadi dalam kehidupannya nantinya. Untuk itu, makanya kita perlu dapat memahami kiat sukses berwirausaha berbasis sekolah, yaitu:

 

 

Meningkatkan Kompetensi Keahlian

Kompetensi keahlian merupakan bekal utama untuk melaksanakan kegiatan wirausaha. Dengan bekal yang telah tersedia tadi, maka kita dapat mengerjakan pekerjaan yang kita dapatkan dari masyarakat. Dan, bekal ini didapatkan siswa dari proses pembelajaran keterampilan di bengkel atau laboratorium sekolah . pembelajaran keterampilan ini dapat berupa jatah pembelajaran atau muatan local.

Kompetensi keahlian ini merupakan indikasi kemampuan kita dalam menangani beberapa pekerjaan. Untuk hal ini, maka siswa harus lebih intensif berlatih dan banyak melakukan kegiatan pengerjaan barang.

Kiat-kiat sukses wirausaha berbasis sekolah ini sangat terkait dan berhubungan dengan kompetensi sumber daya manusianya. Semakin kompeten sumber daya manusianya, maka akan mempengaruhi juga pekerjaan yang akan didapatkan dan hal tersebut pastinya akan memuaskan pelanggan. Jika pelanggan puas, maka kedepannya mereka pasti menyerahkan pekerjaan untuk kita lagi, hal itu adalah hal yang sangat biasa terjadi, karena hal itu sudah menimbulkan suatu kepercayaan yang sangat tinggi bukan.

 

Jemput Bola Pekerjaan

Kegiatan wirausaha adalah usaha untuk memberdayakan peluang usaha yang ada dan kemampuan sumber daya yang ada di sekolah. Tentunya proses usaha ini dilakukan didalam lingkungan sekolah. Tentu saja hal ini merupakan suatu kendala yaitu dalam komunikasinnya sebagai produsen dan masyarakat sebagai konsumen. Jemput bola berarti kita harus secara aktif berkomunikasi, bahkan aktif dalam mendatangi konsumen untuk menawarkan atau mencari pekerjaan untuk kegiatan wirausaha.

 

Mengikuti Pameran Produk

Langkah lain yang efektif adalah dengan mengikuti pameran produk yang diselenggarakan pemda atau suatu kelompok, dengan adanya hal ini secara tidak langsung kita dapat memperkenalkan diri kita terhadap masyarakat. Pameran ini merupakan ajang untuk memperkenalkan baik barang maupun jasa dari pekerjaan yang kita lakukan.

 

 

Pelayanan Prima

Saat pelanggan sudah percaya kepada kita, maka hal yang penting dan harus kita lakukan adalah dengan pelayanan prima, tentu saja didalam sini kita harus secara maksimal melayani pelanggan kita dengan segenab kemampuan kita tentunya.

 


Posted by 0 Responses
     

Leave a Reply to this Post

Jun
26
2012
 
 
ujiansma.com Search form
DUKUNG GERAKAN LULUS UAN 100% Yang GAG DUKUNG berarti GAG PENGEN LULUS!!!



Recently Active Users
admin