Kiat Memilih Jurusan dan Universitas

Libur panjang, kebebasan, main game 24 jam, dll adalah beberapa aktivitas yang selalu ditunggu-tunggu oleh para siswa SMA kelas 3 yang akan mendapatkan liburan panjang setelah menghadapi kelulusan nanti. Cukup pemikiran senangnya, kebebasan tersebut hanya akan didapat jika kalian para siswa SMA kelas 3 sudah memiliki tujuan yang jelas kemana dan jurusan apa yang akan kalian pilih setelah lulus nanti. Berikut adalah beberapa saran yang saya berikan kepada teman-teman sekalian untuk dapat menentukan tujuan teman-teman setelah lulus nanti :

  1. Minat lebih baik daripada bakat. Banyak yang bilang tentukan jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat kalian, tapi tidak dengan saya. Minat adalah sebuah dorongan yang lebih baik daripada bakat, seseorang yang memiliki minat terhadap sesuatu akan lebih berjuang dibandingakan dengan orang yang hanya memiliki bakat tapi tidak memiliki minat. Memang lebih baik lagi jika minat tersebut diikuti dengan bakat yang dimiliki, namun jika tidak ikuti minat kalian karena saat minat lebih besar daripada bakat hasilnya akan lebih baik karena anda akan lebih menikmatinya.
  2. Masa jadi pengikut? Teman merupakan salah satu factor terbesar yang menghalangi kita untuk mencapai cita-cita kita. Jangan pernah terbawa arus hanya karena teman anda mengatakan sesuatu hal yang buruk mengenai apa yang anda pilih, dan jangan pernah masuk ke jurusan atau universitas hanya karena teman dekat kalian masuk ke universitas tersebut, karena kita sendirilah yang bisa menentukan masa depan kita sendiri bukan orang lain.
  3. Informasi. Di era informasi saat ini tidak sulit untuk mencari informasi sebuah jurusan atau infrmasi tempat perkuliahan yang baik. Jangan pernah malas mencari informasi tersebut untuk mendapatkan tempat terbaik melanjutkan pandidikan yang berguna bagi masa depan kalian.
  4. Lingkungan perkuliahan. Lingkung anda belajar menentukan juga bagaimana anda bisa belajar dengan baik. Cari lingkungan belajar yang baik dan jauh dari segala hal-hal negative sehingga dapat menjadi factor pendorong untuk anda dapat mengikuti segala aktivitas belajar dengan baik.

Berikut diatas adalah beberapa saran yang dapat saya berikan untuk membantu teman-teman yang saat ini berada di kelas 3 SMA agar dapat menentukan jurusan dan tempat perkuliahan yang sesuai dengan yang teman-teman inginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *