ujiansma.com

Portal pendidikan no 1

Menu

Kisi kisi Ujian Nasional (UN) 2013

May 23, 2013 | SNMPTN

Kisi-kisi un unas 2013

Ujian Nasional (UN) adalah hal yang paling ditakutkan oleh para siswa yang sedang menyelesaikan studinya baik di tingkat SD, SMP atau pun SMA. Seolah-olah adalah hantu yang menghantui mereka. Tak arang banyak yang tertekan karena UN. Mengapa demikian? Karena bnayaknya kesan yang kurang baik mengenai UN. Banyaknya siswa yang tidak lulus UN membuat semua orang frustasi, temasuk siswa dan guru serta orang tua.

Sehingga untuk dapat lulus UN, banyak usaha yang dilakukan oleh siswa, orang tua dan guru seperti menambah jam pelajaran untuk mata pelajaran yang diujikan, masuk les privat dan lain sebagainya. Tak arang hal ini malah membuat siswa semakin tertekan atau stress.

Ujian Nasional Merupakan salah satu bentuk penilaian pencapaian kompetensi peserta didik yang dilakukan oleh pemerintah dan diselenggarakan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Memasuki masa Ujian Nasional Tahun 2012/2013, Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) telah menyiapkan Kisi-Kisi Ujian Nasional untuk jenjang pendidikan SD, SMP, SMA dan SMK Tahun Pelajaran 2012/2013, yang dituangkan dalam Peraturan Badan Standar Nasional Pendidikan No. 0019/P/BSNP/XI/2012.

Agar dapat membantu meringankan tekanan yang ada pada siswa, maka pihak kementrian pendidikan meluncurkan kisi-kisi soal UN. Dengan diluncurkannya Kisi-Kisi UN 2013 ini kiranya dapat dijadikan pegangan bagi sekolah, guru,  peserta didik dan  semua pihak yang terkait, agar dapat mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya, sehingga penyelenggaraan Ujian Nasional Tahun 2013 yang akan digelar nanti benar-benar dapat berjalan sukses, baik dalam pelaksanaan maupun hasil. Dalam pelaksanaan, kita berharap kiranya tidak terjadi lagi (paling tidak dapat meminimalisasikan) berbagai kecurangan yang selama ini sering diributkan orang.  Sementara dalam hasil, kita berharap semoga  peserta didik kita dapat menunjukkan  prestasi belajar terbaiknya.

Berikut ini kisi-kisi soal UN 2013 yang mungkin dapat membantu menyiapkan diri di UN yang akan mendatang yang dapat di unduh oleh calon peserta ujian nasional (UN).

Berikut ini kisi-kisi Ujian Nasional (UN) Tahun Ajaran 2012/2013:

SK-Kisi-Kisi-tahun-2012-2013.pdf

Kisi-Kisi-SD-MI-SDLB-tahun-2012-2013.pdf

Kisi-Kisi-SMP-SMA-SMK-PLB-tahun-2012-2013.pdf

Kisi-Kisi-PAKET-A-B-C.pdf

Dengan adanya kisi-kisi soal UN tahun ajaran 2012/2013 di atas, diharapkan para siswa mau pun calon peserta ujian nasional dapat benar-benar memanfaatkannnya dengan baik. Bagaimana pun jjian nasional tidaklah boleh dianggap sebagai hal yang menakutkan karena pemerintah pun telah memberikan peluang dengan memberikan kisi-kisi soal ujian UN. Diharapkan hal ini dapat berdampak positif bagi persiapan UN dikalangan siswa. Selain itu hal ini dapat meningkatkan percaya diri siswa dan juga menghindari kecuranga-kecurangan yang biasa terjadi pada setiap UN berlangsung di Indonesia.

Bagaimana pun peluang dan kesempatan yang ada harus dimanfaatkan atau digunakan dengan sebaik-baiknya, apalagi ini menyangkut kualitas pendidikan yang ada di Indonesia. Keyakinan dan ketekunan serta kepasrahan pada Tuhan akan membantu kita dapat meraih apa yang kita inginkan, termasuk lulus Ujian Nasional. Kenapa tidak, toh semua orang berhak untuk sukses. Hanya saja tergantung kita, mau atau tidak.

Maka adik-adik atau siswa siswi peserta Ujian Nasional, gunakanlah kesempatan emas ini dengan sebaik-baiknya. Karena genberasi muda Indonesia ada ditangan kalian semua. Siapa yang tak ingin dapat membanggakan diri, guru serta orang tuanya. Kisi-kisi soal Ujian Nasional ini dibuat bukan untuk dijadikan kita semakin malas, namun agar semakin terpacu dalam belajar dan focus dalam mempelajari apa-apa saja yang nantinya akan diujian pada Ujian Nasional nanti.

Dengan demikian, persiapan yang matang pun tak ayal akan dapat dilakukan dengan baik. Walaupun mungkin setiap sekolah memiliki kemampuan yang berbeda-beda dalam media penyelenggaraan pendidikan, namun setidaknya dengan adanya kisi-kisi ini, guru dan pihak-pihal terkait dapat mengoptimalkan fasilitas yang ada.

Banyak contoh dan juga kejadian nyata, bahwa fasilitas yang lengkap belum tentu dapat menjamin kelulusan bagi setiap siswa siswinya. Yang terpenting adalah ketenangan dan kepercayaan diri siswa saat melaksanakan ujian itu. Siswa harus didukung sepenuhnya baik secara emosi maupun spiritual. Karena dengan begitu, maka ia akan tenang tanpa tekanan dan ketakutan mengerjakannya.


Related For Kisi kisi Ujian Nasional (UN) 2013