Kumpulan Soal Ujian Nasional SMA | ujiansma.com

Kamu Berada di:
Home » UAN » Kumpulan Soal Ujian Nasional SMA

Kumpulan Soal Ujian Nasional SMA

 

Bagi anda semua yang merasa seorang siswa SMA apalagi bagi anda yang sedang duduk di bangku XII (3 SMA), anda pastinya sedang waspada terhadap salah satu penentu kelulusan seorang siswa, yaitu UN (ujian nasional). Tidak dapat dielakkan, bagi sebagian besar siswa SMA pastinya cemas dan ada pula yang takut terhadap ujian nasional. Hal ini tidak dapat ditutupi, karena ada banyak siswa SMA yang gagal untuk lulus dari sekolah karena mereka gagal dalam ujian nasional. Ujian nasional adalah salah satu ujian yang diadakan secara nasional yang awalnya berfungsi sebagai alat pemetaan pendidikan di Indonesia. Namun, belakangan ini ujian nasional telah di salah artikan sebagai penentu kelulusan seorang siswa. Oleh karenanya, tidak sedikit siswa yang tidak senang terhadap ujian nasional. Dan karena kebutuhan dalam menghadapi ujian nasional lah, maka seorang siswa SMA memerlukan kumpulan soal ujian nasional SMA. Mereka membutuhkan soal ujian nasional tersebut sebagai salah satu acuan ataupun latihan sebelum menghadapi ujian nasional. Sebelum itu mari kita mengenal apa saja mata pelajaran yang akan di ujikan pada saat ujian nasional.

Dalam sekolah SMA, akan ada dua jurusan yang dapat dipilih seorang siswa. Yaitu jurusan IPA serta jurusan IPS. Dan karena kedua jurusan tersebut tidaklah sama, maka ujian nasional untuk keduanya pun berbeda. Ujian nasional SMA terdiri dari 3 (tiga) mata pelajaran pokok, yaitu matematika, bahasa Indonesia, dan bahasa Inggris, serta memiliki 3 mata pelajaran jurusan. Mata pelajaran jurusan disesuaikan dengan jurusan yang dipilih seorang siswa, yaitu untuk jurusan IPA adalah biologi, fisika, dan kima, serta untuk jurusan IPS adalah sosiologi, geografi, dan sejarah. Oleh karena kebutuhan dalam menghadapi ujian nasional, maka kita memerlukan kumpulan soal ujian nasional tersebut.

Kumpulan soal ujian nasional dapat berupa soal-soal ujian nasional tahun sebelumnya maupun soal-soal prediksi ataupun try out. Oleh karena itulah, maka dalam mempelajari dan mendapatkan kumpulan soal ujian nasional SMA, kita dapat melakukan hal seperti di bawah ini :

Ikuti Try Out

Jika anda murid kelas 3 SMA, pastinya anda akan mengikuti try out. Dan try out itu sangat penting untuk di ikuti, karena try out dibuat sebagai prediksi ujian nasional yang akan dihadapi. Selain itu setelah anda mengikuti try out, anda akan diberitahu berapa nilai yang anda dapat. Dan nilai tersebut dapat menjadi patokan apakah anda sudah siap dalam mengikuti ujian nasional atau tidak. Namun, bila anda mendapatkan nilai yang rendah, jangan langsung merasa putus harapan. Karena menurut pengalaman saya, soal try out yang diberikan lebih susah dibandingkan soal ujian nasional yang sesungguhnya. Namun, walaupun begitu anda harus terus berjuang menghadapi try out ini. Jangan karena dibilang bahwa soal try out lebih susah, maka anda membuatnya dengan setengah hati. Try out itu harus dikerjakan dengan sungguh-sungguh karena dapat menjadi patokan mengenai pengetahuan kita dan sekaligus dapat menjadi kumpulan soal yang dikerjakan.

Ikuti Bimbingan Belajar

Dalam bimbingan belajar, anda pastinya pernah mendengar bahwa mereka memberikan embel-embel bahwa anda akan dapat lulus ujian dengan nilai sempurna. Hal tersebut tidaklah salah, namun jangan hanya percaya dan tidak mau berjuang dalam belajar. Kelebihan dari mengikuti bimbingan belajar adalah anda pada saat akan menghadapi ujian nasional akan diberikan berbagai macam kumpulan soal-soal ujian nasional, baik itu prediksi maupun soal-soal lainnya. Selain soal-soal tersebut, anda akan diberikan pula jawaban dari soal-soal tersebut yang dapat dijadikan referensi apakah jawaban anda benar ataupun tidak.

Belajar Tambahan Sekolah

Salah satu hal yang sering dilakukan sekolah saat akan menghadapi ujian nasional adalah dengan membuat suatu jadwal tambahan sekolah. Kelebihan dari belajar tambahan ini adalah kita akan membahas soal-soal ujian nasional tahun sebelumnya, sekaligus dengan try out nya sekalian. Dan pada tambahan belajar ini, anda akan diberikan cara menjawabnya oleh guru pembimbingnya.

Dengan majunya teknologi sekarang ini, tidaklah sulit bagi anda untuk mencari kumpulan-kumpulan soal ujian nasional. Anda tinggal mengakses internet dan kemudian mencarinya. Selain itu, anda bisa saja pergi ke toko buku dan membeli kumpulan soal ujian nasional tersebut. Selain hal tersebut, anda bisa mengikuti saran yang saya berikan diatas. Jadi tunggu apalagi, siapkan diri anda menghadapi ujian nasional SMA, dengan cara mempelajari kumpulan soal ujian nasional SMA.


Posted by 0 Responses
     

Leave a Reply to this Post

Jul
26
2012
 
 
ujiansma.com Search form
DUKUNG GERAKAN LULUS UAN 100% Yang GAG DUKUNG berarti GAG PENGEN LULUS!!!