ujiansma.com

Portal pendidikan no 1

Menu

Langkah jitu lulus usm stan

October 29, 2015 | Sekolah Kedinasan

tes sbmptn

Langkah jitu lulus usm stan

Siapa yang tak kenal stan? Peminat stan dari tahun ke tahun kian membludak seiring fasilitas yang akan diperoleh lulusannya yang akan ditempatkan di instansi-instansi pemerintahan setelah lulus pendidikan. Biaya pendidikan gratis, pula. Hal paling mendasar yang harus diperhatikan adalah persiapan awal. Jangan hanya mengandalkan keberanian untuk menghadapi ujian penerimaan apapun, apalagi usm stan. tidak ada kata terlambat untuk mulai mempersiapkan sesuatu. Dan tak jarang banyak orang menggunakan berbagai cara agar lulus usm stan. Itu sah saja bukan? Asal dengan cara yang benar dan jujur.

Tips jitu lulus usm stan:

  1. Perhatikan persyaratan dan kuota penerimaan serta spesifikasi peserta ujian yang akan diterima. Jika anda tidak begitu yakin dengan kemampuan bersaing anda dengan ribuan peserta usm stan lainnya, perhatikan kuota penerimaan untuk tiap jurusan. Anda dapat memilih kelas yang peminatnya tidak sebanyak jurusan yang menjadi unggulan dalam jumlah peserta di stan. carilah informasi selengkapnya dan cocokkan dengan keinginan anda. Sekali lagi, gunakan logika dan intuisi anda untuk hal yang satu ini. Jika masih ragu, carilah informasi dari mahasiswa stan itu sendiri untuk mengenal kondisi riil dengan lebih spesifik entah secara langsung maupun melalui jejaring sosial.
  2. Carilah buku yang membahas mengenai soal-soal usm stan pada tahun sebelumnya karena sekitar 50 persen soal pada tahun berikutnya memiliki tipe yang sama. Mulailah belajar dari sekarang. Fokuslah dengan soal-soal untuk usm stan karena tipenya berbeda dengan tipe soal untuk smptn. Jika memiliki dana lebih, tidak ada salahnya mengikuti bimbel tetapi pastikan bimbel tersebut cukup kompeten dalam membimbing peserta yang pernah mengikuti usm stan.
  3. Tes TPA. Berlatihlah untuk mengerjakan soal ini. Tes potensi akademik dilakukan untuk menguji logika berpikir peserta secara terstruktur. Kunci keberhasilannya adalah tetap tenang dan fokus dalam mengerjakan. Dua hal tersebut yang harus dilatih.
  4. Rencanakan waktu pengerjaan soal. Sebelum memulai ujian, periksa total soal dan perkirakan berapa waktu yang bisa digunakan per soal. Sisakan juga waktu cadangan untuk berjaga. Simpanlah waktu sebanyak mungkin. Jangan terlena pada salah satu soal sehingga melupakan soal yang lain karena bobot tiap soal adalah sama. Jika menemui kesulitan, segera teruskan pada soal berikutnya.
  5. Percaya diri. Kondisi fisik dan psikis sangat mempengaruhi konsentrasi saat ujian. Yang biasanya luput dari persiapan para peserta adalah kondisi psikis disaat ujian. Jangan takut dan merasa tidak percaya diri karena anda memiliki nilai rata-rata UN yang tidak tinggi (persyaratan stan rata-rata UN minimal 7,00) karena posisi anda dengan pemilik rata-rata UN 9,00 sekalipun adalah sama. Kelulusan usm murni ditentukan dari nilai usm itu sendiri.
  6. Ciptakan suasana menyenangkan. Berkumpulah dengan teman-teman yang juga sedang bergiat untuk lulus dalam usm stan. Ini akan membantu menyulut semangat anda untuk terus belajar. Tidak ada salahnya untuk bergabung di grup dalam media sosial yang mempersatukan rekan-rekan yang memiliki tujuan yang sama dengan anda. Jangan lupa up date terus berbagai informasi terkait usm stan itu sendiri. Jangan sepelekan informasi sekecil apapun, tetapi juga jangan lupa untuk memastikan kebenaran informasi tersebut.

Related For Langkah jitu lulus usm stan