Langkah-langkah Memainkan Drama | ujiansma.com

Kamu Berada di:
Home » Bahasa » Langkah-langkah Memainkan Drama

Langkah-langkah Memainkan Drama

 

drama

Kita semua pasti tahu apa itu drama, bahkan drama ini mungkin merupakan salah satu acara yang anda sukai. Mengingat drama Korea sekarang ini begitu terkenal di Negara kita. Namun, sebenarnya drama mempunyai arti yang lebih kompleks dari apa yang kelihatan sekilas.

Mungkin bagi anda drama merupakan pertunjukkan yang dimainkan oleh actor atau pemerannya. Memang hal tersebut tidak sepenuhnya salah, namun drama mempunyai arti yang lebih dari itu. Kata drama sendiri sebenarnya berasal dari bahasa Yunani yang berarti aksi.

Oleh karena itu, bisa dikatakan bahwa drama merupakan salah satu bentuk karya sastra yang mempunyai bagian untuk diperankan oleh para aktornya. Drama ini sendiri bisa ditampilkan dengan berbagai media, misalnya di atas panggung, film atau televisi.

Biasanya, sebuah drama juga dikombinasikan dengan music atau tarian. Jika sebuah drama tidak diiringi dengan music, maka rasanya drama akan terasa kosong dan hampa. Mungkin anda sering sekali menonton drama atau bahkan anda juga pernah memerankannya.

Ketika kita duduk di bangku sekolah, salah satu tugas yang pastinya pernah kita dapatkan adalah membuat dan memerankan drama. Dalam bermain drama sendiri, tentunya hal tersebut tidak boleh kita lakukan dengan sembarangan.

Ada langkah-langkah memainkan drama yang perlu anda perhatikan dengan baik. Mungkin pada pertama kali anda memainkannya anda merasa panic, namun sebaiknya anda melakukan banyak latihan agar anda tidak panic pada saat menampilkan drama tersebut di depan orang banyak.

Di Indonesia sendiri, yang termasuk atau yang bisa dikatakan sebagai drama sebenarnya bukan hanya teater saja, melainkan banyak hal, di antaranya adalah wayang orang, ketoprak, ludruk, lenong, randai, reog, rangda dan lainnya.

Untuk lebih jelas mengenai langkah-langkah memainkan drama, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

 1.      Langkah bermain drama

 

Adapun beberapa langkah-langkah memainkan drama, termasuk cara membuat naskahnya agar anda bisa tampil dengan baik, yaitu :

-         Sebaiknya anda melakukan survey terlebih dahulu pada tempat yang akan anda gunakan untuk bermain drama. Pastikan ada berapa pintu yang bisa anda gunakan, ruang tembus dari belakang menuju ke panggung, posisi penonton duduk dan berbagai hal yang berkaitan lainnya. Hal ini bisa membuat pergantian adegan sesuai dengan tempat pentasnya, sehingga tidak mengganggu penonton

-         Sebelum membuat naskah drama, sebaiknya anda pahami dulu cerita yang ingin anda buat dan latar belakangnya. Misalnya dalam membuat drama sedih yang latar belakangnya adalah keluarga. Carilah pemain yang cocok untuk memainkan tokoh dalam drama tersebut

-         Setelah itu, anda harus membuat tujuan atau pesan dari drama yang akan dipentaskan

-         Setelah mengikuti langkah-langkah memainkan drama di atas, anda mulai bisa membayangkan latar tempat yang dibagi dalam beberapa bagian

-         Dalam membuat naskah yang baik, anda harus bisa masuk ke dalam naskah tersebut

-         Buatlah dengan kata kata yang menarik dan sesuaikan dengan karakternya

-         Setelah itu, lakukan revisi kembali pada bagian yang anda anggap kurang sesuai

-         Bagilah tokoh yang telah anda ciptakan sesuai dengan karakteristik yang dimiliki oleh pemeran

-         Lakukan latihan beberapa kali untuk memperlancar atau menemukan kesalahan yang mungkin luput dari perhatian anda.

  1. 2.      Bentuk-bentuk drama

 

Pada dasarnya, drama bukan hanya merupakan teater saja, melainkan terdiri dari banyak jenis seni pertunjukkan. Adapun beberapa bentuk dari drama yang akan disajikan berikut ini.

  • Opera

 

Merupakan jenis pertunjukkan yang berasal dari Negara barat dan cukup populer. Opera sendiri merupakan bentuk drama yang menggabungkan music dengan teater. Karena begitu kuatnya pengaruh music klasik pada saat itu, opera yang sekarang ini telah banyak mengalami perubahan dari dulu.

  • Pantomime

 

Merupakan pertunjukkan yang lahir dari adanya cerita rakyat dan fable. Biasanya, ada pelajaran atau pesan moral yang ingin disampaikan kepada penontonnya. Pertunjukkan ini juga menggunakan berbagai karakter yang umum, misalnya pahlawan, penjahat, pasangan kekasih dan lainnya. Pertunjukkan ini biasanya mengajarkan bahwa yang baik selalu yang menang dan merupakan cara yang efektif dalam mendidik.

Inilah sekilas mengenai langkah-langkah memainkan drama. Semoga bermanfaat


Posted by 0 Responses
     

Comments are closed.

May
27
2013
 
 
ujiansma.com Search form
DUKUNG GERAKAN LULUS UAN 100% Yang GAG DUKUNG berarti GAG PENGEN LULUS!!!



Recently Active Users
admin