Les Matematika, Membantu Prestasi Belajar Matematika | ujiansma.com

Kamu Berada di:
Home » Info pendidikan » Les Matematika, Membantu Prestasi Belajar Matematika

Les Matematika, Membantu Prestasi Belajar Matematika

 

Anda suka dengan pelajaran matematika? Atau anda merasa alergi ketika mendengar kata matematika? Yang manapun anda, anda pastinya ingin meningkatkan prestasi belajar matematika anda. Namun bagaimana? Salah satu cara yang dapat membantu prestasi matematika anda adalah dengan mengikuti les atau kursus matematika. Les matematika bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar anda, terutama di bidang matematika. Disini saya akan memberikan beberapa daftar tempat les atau kursus matematika yang menggunakan metode belajar matematika khusus yang dapat membantu anda dalam meningkatkan prestasi matematika anda.

Kumon

Di sekitar anda pasti ada suatu slogan yang berisikan untuk mengajak anda mengikuti les matematika di tempat les kumon. Sebenarnya apa itu metode kumon? Saya akan sedikit menjelaskan sejarah dari metode belajar kumon.

Metode Kumon adalah metode belajar perseorangan. Level awal untuk setiap siswa Kumon ditentukan secara perseorangan. Siswa mulai dari level yang dapat dikerjakannya sendiri dengan mudah, tanpa kesalahan. Lembar kerjanya telah didesain sedemikian rupa sehingga siswa dapat memahami sendiri bagaimana menyelesaikan soalnya. Jika siswa terus belajar dengan kemampuannya sendiri, ia akan mengejar bahan pelajaran yang setara dengan tingkatan kelasnya dan bahkan maju melampauinya.

Metode Kumon yang diperkenalkan oleh seorang pendidik Jepang, Toru Kumon (di Osaka pada tahun 1958) merupakan sistem pendidikan matematika dan bahasa yang paling besar di dunia. Sampai pada bulan Maret 2007, lebih dari 4 juta anak belajar menggunakan metode Kumon melalui lebih dari 26.000 lembaga pendidikan Kumon di 45 negara.

Keistimewaan dari kumon antara lain :

  • Memulai dari level yang tepat akan menumbuhkan kecintaan belajar
  • Maju dengan kemampuan sendiri
  • Mengembangkan kebiasaan belajar yang baik dan kemampuan belajar mandiri
  • Maju melampaui tingkatan kelas
  • Di Kumon, orang tua memegang peranan yang sangat penting
  • Manfaat belajar secara kontinu di Kumon

Sakamoto

Anda pernah mendengar yang namanya metode sakamoto? Jika belum saya akan memberikan sedikit keterangan mengenai metode ini.

Metode Sakamoto berasal dari Jepang, ditemukan oleh DR Hideo Sakamoto tahun 1980. Metode sakamoto ini telah berkembang dibeberapa negara seperti Jepang, Singapore, Thailand, Indonesia, Brunei Darusalam, Korea dan Philiphine.

Kelebihan dari les di sakamoto ini adalah :

  • Bimbingan secara perseorangan. Setiap siswa bisa mengerjakan lembar kerja yang berbeda, sesuai dengan kemampuannya. Maksimum 6 anak per kelas.
  • Diperuntukkan anak usia Sekolah Dasar (SD). Tidak menutup kemungkinan bagi anak usia Taman Kanak-Kanak (TK) yang sudah bisa membaca.
  • Ada 6 tingkat (mulai tingkat 1 s.d. 6). Setiap tingkat lamanya 1 tahun (jika anaknya cepat, bisa selesai kurang dari 1 tahun).
  • Setiap tingkat ada sertifikatnya.
  • Siswa dapat mengikuti kompetisi bertaraf internasional.
  • Siswa yang lulus Proficiency Sakamoto Exam (PSE) akan mendapat Sertifikat Internasional yang ditandatangani langsung oleh DR Hideo Sakamoto

Metode Sempoa

Anda pastinya pernah mendengar yang namanya sempoa. Baiklah saya akan sedikit menjelaskan apa itu sempoa dan sejarahnya.

Sempoa adalah satu alat hitung yang sudah beratus-ratus tahun yang lalu digunakan oleh bangsa-bangsa di Asia Barat. Mereka menggunakan sempoa sebagai alat bantu mereka dalam melakukan transaksi perdagangan.

Kemudian sejalan beriringnya waktu, sempoa makin dikenal dan mulai diperhitungkan sebagai alat bantu hitung di sekolah-sekolah. Anak-anak sekolah mulai diajarkan bagaimana menggunakan sempoa dengan benar agar akurat dalam melakukan perhitungan matematika dasar, seperti tambah, kurang, kali, dan bagi.

Kemudian sekitar tahun 80’an sempoa mulai dikembangkan dan diteliti secara sungguh-sungguh di Jepang hingga menghasilkan satu metode perhitungan sempoa yang baru dengan formasi manik-manik 1 di atas dan 4 di bawah. Tidak seperti formasi manik-manik yang sebelumnya. Dan perkembangan metode sempoa dari Jepang ini bisa dikatakan sebagai terobosan baru dari metode sempoa yang ada yaitu dengan lahirnya metode mental aritmatika.

Itulah beberapa metode belajar di beberapa tempat les yang kiranya dapat membantu anak anda dalam meningkatkan prestasinya dalam belajar matematika. Setelah mengikuti les ini diharapkan anda siap untuk berprestasi dalam matematika.


Posted by 0 Responses
     

Leave a Reply to this Post

Jul
4
2012
 
 
ujiansma.com Search form
DUKUNG GERAKAN LULUS UAN 100% Yang GAG DUKUNG berarti GAG PENGEN LULUS!!!



Recently Active Users
admin