ujiansma.com

Portal pendidikan no 1

Menu

Lulus SMA : kuliah atau kerja?

January 27, 2013 | motivasi

Mungkin sebagian dari kita mengalami dilema menjelang kelulusan, hendak melanjutkan ke bangku kuliah atau bekerja. Bagi sebagian dari kita yang memiliki orang tua dengan kemampuan finansial yang cukup, pasti akan didorong oleh orang tua untuk melanjutkan ke bangku kuliah. Namun, bagaimana dengan kita yang kurang mampu membayar pendidikan di bangku kuliah? Apa harus kita memilih bekerja?

Kuliah

Perlu kita catat bahwa kuliah tidak hanya sekedar mengejar gelar sarjana, master, dan seterusnya, tapi yang terpenting dari proses kuliah adalah pengembangan pola pikir dan pembentukkan karakter yang mungkin belum sepenuhnya kita dapatkan ketika duduk dibangku SMA. Ketika kita menjadi mahasiswa, banyak sekali hal – hal baru yang akan kita dapatkan, yang tentu tidak kita dapatkan di bangku SMA. Jika kita memang bertekad untuk melanjutkan kuliah tetapi terganjal oleh kesanggupan orang tua membiayai, tak perlu putus asa. Kita bisa mencari program beasiswa dari universitas atau perusahaan tertentu atau mengikuti program bidik misi, yaitu program beasiswa yang diberikan oleh pemerintah bagi mahasiswa yang kurang mampu.

Kerja

Siswa SMK memiliki peluang untuk diterima bekerja lebih besar daripada siswa SMA, karena siswa SMK memilki keahlian yang lebih pada bidang tertentu dibanding siswa SMA. Namun, jika kita memang sudah tidak berniat melanjutkan ke bangku kuliah, bekerja bisa jadi pilihan terbaik. Dengan niat sungguh – sungguh dan pantang putus asa, kita bisa mendapatkan pekerjaan yang sesuai untuk kita. Namun kebanyakan dari kita akhirnya sama sekali tidak berniat melanjutkan kuliah, karena setelah bekerja dan memiliki penghasilan sendiri, kita merasa sudah cukup.

Kuliah sambil kerja

Mungkin kebanyakan dari kita bahkan kita semua tidak ingin lagi merepotkan orang tua dengan membiayai pendidikan atau hidup kita. Kuliah sambil bekerja bisa menjadi pilihan kita, yang artinya kita berkuliah sambil mencari penghasilan sendiri. Namun, pilihan ini terkadang tidak mudah karena artinya kita harus pandai membagi waktu, fokus dan tenaga kita agar keduanya selaras dan akhirnya tidak menelantarkan salah satunya.

Kerja sambil kuliah

Berbeda dengan pilihan sebelumnya, disini kita lebih berfokus pada mencari penghasilan dan kuliah adalah fokus sampingan kita. Seperti pilihan sebelumnya, pilihan ini juga menuntut kita untuk pandai membagi waktu, fokus dan tenaga kita. Namun, biasanya ketika kuliah adalah fokus sampingan, kuliah kita cenderung tertelantarkan.

Pilihan apapun yang kita ambil, tetap diri kita sendiri yang menentukan kesuksesan seperti apa yang kita capai nantinya.

Semoga bermanfaat! J

Dari berbagai sumber.


Related For Lulus SMA : kuliah atau kerja?