Macam-macam Ikatan Kimia | ujiansma.com

Kamu Berada di:
Home » Pembelajaran » Macam-macam Ikatan Kimia

Macam-macam Ikatan Kimia

 

 

Apa itu ikatan kimia?ikatankimiaMungkin bagi anda yang pernah mempelajari kimia pertanyaan tersebut tentunya sangat mudah untuk anda jawab. Secara sederhana mungkin anda mengartikan ikatan kimia sebagai sekumpulan molekul yang saling berhubungan.

Akan tetapi, sebenarnya ikatan kimia ini mempunyai pengertian yang lebih luas, begitu pula dengan macam macam ikatan kimia yang ada. Ikatan kimia secara umum merupakan sebuah proses fisika yang bertanggung jawab dalam interaksi gaya tarik menarik antara dua atom atau molekul yang menyebabkan suatu senyawa diatomic atau poliatomik menjadi stabil.

Penjelasan mengenai gaya tarik menarik ini sendiri sangatlah rumit dan dapat dijelaskan oleh cabang ilmu fisika, khususnya elektrodinamika kuantum. Dalam prakteknya sendiri, biasanya para kimiawan bergantung dari teori kuantum atau penjelasan kualitatif yang kurang kaku namun mudah untuk dijelaskan dalam menjelaskan ikatan kimia.

Secara umum, ikatan kimia yang kuat diasosiasikan dengan transfer elektron antara dua atom yang berpartisipasi. Ikatan kimia juga menjaga molekul, kristal, dan gas diatomic untuk tetap bersama. Selain itu, ikatan kimia juga menentukan struktur suatu zat.

Sebenarnya, kekuatan ikatan kimia ini sendiri sangatlah bervariasi. Pada umumnya, ikatan kovalen dan ion dianggap sebagai ikatan kuat, sedangkan ikatan hydrogen dan ikatan van der Waals dianggap sebagai ikatan yang lemah.

Dalam rumus kimia sendiri, bentuk atom dan molekul yang 3 dimensi sangatlah menyulitkan dalam menggunakan teknik tunggal yang mengindikasikan orbital dan ikatan. Pada rumus molekul, ikatan kimia diindikasikan menggunakan beberapa metode yang berbeda tergantung pada tipe diskusi.

Untuk lebih jelas mengenai macam macam ikatan kimia, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

  1. Ikatan kuat kimia

Ikatan ini merupakan ikatan intramolekul yang mengikat atom atom bersama menjadi molekul. Dalam pandangan yang sederhana dan terlokalisasikan, jumlah elektron yang berpartisipasi dalam suatu ikatan biasanya merupakan perkalian dari dua, empat atau enam.

Jumlah yang berangka genap umumnya dijumpai karena elektron akan memiliki keadaan energi yang rendah jika berpasangan. Jenis jenis ikatan kuat sendiri bergantung pada elektronegativitasnya, semakin besar elektronnya tertarik pada suatu atom, maka akan semakin besifat ion pula ikatan tersebut.

Adapun yang termasuk ke dalam ikatan ini, yaitu :

  • Ikatan kovalen yang sering dijumpai dan merupakan perbedaan elektronegativitas di antara atom atom yang berikat sangatlah kecil atau hampir tidak ada. Ikatan ini sebagian besar terdapat dalam senyawa organic.
  • Ikatan polar kovalen merupakan ikatan yang sifatnya berada di antara ikatan kovalen dan ion
  • Ikatan ion merupakan sejenis interaksi elektrostatik antara dua atom yang memiliki perbedaan elektronegativitas yang besar. Ikatan ion juga menghasilkan ion ion positif dan negatf yang berpisah
  • Ikatan kovalen koordinat merupakan ikatan kovalen yang keseluruhan elektron ikatannya hnaya berasal dari salah satu atom
  • Ikatan pisang merupakan ikatan yang terdapat pada molekul yang mengalami terikan atau rintangan sterik, sehingga membentuk struktur ikatan yang menyerupai pisang
  • Ikatan 3c-2e dan 3c-4e merupakan ikatan yang terjadi pada senyawa yang kekurangan elektron seperti pada diborana.
  • Ikatan aromatic merupakan ikatan yang terjadi pada molekul yang berbentuk cincin datar
  • Ikatan logam dimana elektron elektron ikatan terdelokalisasi pada kekisi atom

  1. Ikatan antarmolekul

Adapun yang termasuk macam macam ikatan kimia antarmolekul, yaitu :

  • Dipole permanen ke dipole permanen merupakan perbedaan elektronegativitas yang besar antara dua atom yang berikatan dengan kuat dan menyebabkan terbentuknya dipole atau dwikutub. Dipole ini bisa saling tarik menarik atau tolak menolak
  • Ikatan hydrogen bisa dikatakan sebagai dipole permanen yang sangat kuat. Namun, pada ikatan ini protin hydrogen berada sangat dekat dengan atom penderma elektron dan mirip dengan ikatan tiga pusat dua elektron seperti pada dibonara.
  • Dipole seketika ke dipole terimbas atau gaya van der Waals merupakan ikatan yang paling lemah namun sering dijumpai di antara semua zat kimia
  • Interaksi kation pi yang terjadi di antara muatan negatif dengan positif

Inilah sekilas mengenai macam macam ikatan kimia. Semoga bermanfaat


Posted by 0 Responses
     

Comments are closed.

Jun
10
2013
 
 
ujiansma.com Search form
DUKUNG GERAKAN LULUS UAN 100% Yang GAG DUKUNG berarti GAG PENGEN LULUS!!!



Recently Active Users
admin