Macam-macam Lembaga Peradilan | ujiansma.com

Kamu Berada di:
Home » Pembelajaran » Macam-macam Lembaga Peradilan

Macam-macam Lembaga Peradilan

 

sistem hukum

Pada dasarnya, setiap warga Negara yang hidup di suatu wilayah atau Negara pastinya harus mematuhi hukum yang berlaku di wilayah tersebut. Hal ini karena hukum itu sendiri merupakan alat yang digunakan untuk menjamin kemakmuran warga Negara.

Coba anda bayangkan bila suatu Negara tidak mempunyai hukum yang berlaku, tentunya keadaan akan menjadi sangat kacau dan berantakan bukan ? Oleh karena itulah setiap Negara memerlukan hukum. Hukum di setiap Negara pada umumnya berbeda beda.

Pada dasarnya, hukum di Indonesia sendiri merupakan campuran dari sistem hukum di Eropa, hukum agama dan hukum adat. Sebagian besar sistem yang dianut, baik pada hukum pidana maupun hukum perdata berbasis pada hukum Eropa, khususnya Belanda.

Hal ini karena pada masa lalunya Indonesia sendiri merupakan wilayah jajahan Belanda dengan sebutan Hindia Belanda. Selain itu, seperti yang telah disebutkan tadi bahwa hukum Indonesia berasal dari hukum agama.

Berasal dari hukum agama karena sebagian masyarakat Indonesia menganut agama Islam, maka dominasi hukum atau syariat Islam lebih banyak terutama pada bidang perkawinan, kekeluargaan dan warisan. Selain itu, di Indonesia juga berlaku hukum adat yang diserap dalam perundang undangan atau yurisprudensi, yang meerupakan penerusan dari berbagai aturan setempat dari masyarakat dan budaya yang ada di wilayah nusantara.

Lembaga yang melaksanakan hukum ini adalah lenbaga peradilan. Pada dasarnya, lembaga peradilan adalah salah satu pelaksana kekuasaan kehakiman bagi rakyat pencari keadilan pada umumnya. Peradilan umum juga merupakan salah satu lingkungan peradilan di luar peradilan agama, tata usaha Negara dan peradilan militer.

Landasan yang mengatur susunan dan kekuasaan peradilan umum adalah undang undang nomor 8 tahun 2004 yang disebutkan dalam UU tersebut bahwa peradilan umum adalah salah satu pelaksana kekuasaan kehakiman bagi rakyat pencari keadilan pada umumnya.

Adapun macam-macam lembaga peradilan, yaitu pengadilan negri, pengadilan tinggi dan mahkamah agung. Untuk lebih jelas mengenai macam-macam lembaga peradilan, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

  • Pengadilan negri

 

Salah satu dari macam-macam lembaga peradilan adalah pengadilan negri yang merupakan pengadilan umum yang sehari harinya memeriksa dan memutuskan perkara pada tingkat pertama dari segala perkara perdata dan pidana sipil untuk semua golongan penduduk.

Pengadilan negri berkedudukan di daerah tingkat kabupaten atau kota. Pada umumnya, perkara yang diselesaikan dibantu oleh hakim dan panitera. Pada setiap daerah pengadilan negri, ditempatkan pula kejaksaan negri sebagai alat pemerintah yang bertindak sebagai perkara perdata dan kejaksaan neggri tidak turut ikut campur.

  • Pengadilan tinggi

 

Salah satu dari macam-macam lembaga peradilan adalah pengadilan tinggi atau pengadilan banding tingkat kedua yang mengadili perkara pidana dan perdata yang telah diputuskan oleh pengadilan negri tingkat pertama. Pengadilan tinggi sendiri juga tidak hanya berada di lingkup peradilan umum, namun juga terdapat pada peradilan khusus, misalnya pengadilan agama, adat dan tata usaha Negara.

Dengan kata lain, pengadilan tinggi memutuskan perkara dari pengadilan tingkat pertama apabila keputusan tersebut belum memberikan suatu kepuasan aau keadilan terhadap suatu keputusan jika dilakukan upaya hukum banding belum memperoleh kekuatan hukum yang tetap.

Dalam pelaksanaan suatu perkara dalam peradilan agar seseorang dapat dituntut karena bersalah ada dua asas yang harus diperhatikan, yaitu :

-         Asas oportunitas, dalam asas ini jaksa tidak berkewajiban untuk menuntut seseorang walaupun telah diketahui bahwa ia benar benar bersalah demi kepentingan umum

-         Asas legalitas, dalam asas ini jaksa diwajibkan untuk menuntut setiap orang yang melakukan tindak pidana tanpa memperhatikan segala akibat yang mungkin timbul

  • Mahkamah agung

 

Merupakan salah satu dari macam-macam lembaga peradilan yang merupakan pengadilan tertinggi Negara dari semua lingkungan peradilan yang dalam melaksanakan tugasnya terlepas dari pengaruh atau intervensi pemerintah dan berbagai pengaruh lainnya.

Hal tersebut dilaksanakan dengan tujuan agar hukum dilaksanakan dengan sebaiknya. Mahkamah agung sendiri terdiri dari seorang ketua, seorang wakil, dan beberapa anggota yang dibantu oleh seorang panitera dan beberapa panitera pengganti.

Inilah sekilas mengenai macam-macam lembaga peradilan. Semoga dapat bermanfaat


Posted by 0 Responses
     

Comments are closed.

Jun
3
2013
 
 
ujiansma.com Search form
DUKUNG GERAKAN LULUS UAN 100% Yang GAG DUKUNG berarti GAG PENGEN LULUS!!!



Recently Active Users
admin