Macam-macam Pelaku Ekonomi Sebagai Bagian dari Kegiatan Ekonomi | ujiansma.com

Kamu Berada di:
Home » Pembelajaran » Macam-macam Pelaku Ekonomi Sebagai Bagian dari Kegiatan Ekonomi

Macam-macam Pelaku Ekonomi Sebagai Bagian dari Kegiatan Ekonomi

 

Ekonomi merupakan istilah yang tentunya tidak lagi asing bagi kita semua. Pada umumnya, di dalam suatu Negara akan berlangsung kegiatan ekonomi yang melibatkan sejumlah pelaku ekonomi, guna mencapai kesejahteraan dan kemakmuran.

Pada dasarnya, kegiatan ekonomi yang berlangsung dalam kehidupan sehari-hari bertujuan utama untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Namun, seperti yang kita ketahui bahwa permasalahan penting dari ekonomi tersebut adalah kebutuhan manusia yang tidak terbatas, sedangkan alat pemuasnya yang terbatas.

Ilmu ekonomi ini sendiri lahir untuk mengatasi masalah tersebut. Kata ekonomi berasal dari bahasa Yunani, yaitu oikos yang berarti rumah tangga atau keluarga dan nomos yang berarti aturan atau hukum.

Jadi, secara singkat dapat dikatakan bahwa ekonomi merupakan aturan rumah tangga atau manajemen keluarga. Ilmu ekonomi ini sendiri termasuk ke dalam ilmu social yang sekarang ini mulai banyak dikaji dan bahkan dijadikan mata pelajaran untuk siswa yang duduk di bangku sekolah atau perkuliahan.

Kegiatan ekonomi ini sendiri tidak akan berlangsung bila tidak ada pelaku ekonominya. Pelaku ekonomi ini sendiri terdiri dari banyak jenis dengan masing-masing peranan yang berbeda pula. Secara umum, macam-macam pelaku ekonomi adalah produsen dan konsumen.

Untuk lebih jelas lagi mengenai macam-macam pelaku ekonomi, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

  • Rumah tangga

 

Rumah tangga atau yang akrab disebut seabgai keluarga merupakan pelaku ekonomi terkecil, namun yang terpenting. Hal ini karena perekonomian rumah tangga akan sangat mempengaruhi ekonomi suatu masyarakat ataupun Negara.

a.      Rumah tangga konsumen

 

Setiap rumah tangga pastinya memiliki kebutuhan dalam rangka untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya. Oleh karena itu, untuk memenuhi hal tersebut setiap rumah tangga pastinya akan mengonsumsi sesuatu, baik dalam bentuk barang atau jasa.

Selain itu, tingkat konsumsi dalam suatu keluarga juga sangat beragam, karena dipengaruhi oleh faktor jumlah anggota keluarga, penghasilan, pendidikan dan lainnya.

b.      Rumah tangga produsen dan distributor

 

Kegiatan produksi merupakan kegiatan yang akan dilakukan oleh seorang produsen. Kegiatan produksi yang akan dilakukan oleh rumah tangga adalah menyediakan faktor produksi yang dibutuhkan oleh pelaku ekonomi lainnya.

Faktor produksi ini sendiri meliputi tanah, tenaga kerja, modal atau keahlian. Distributor juga sangat penting karena harus menyalurkan faktor produksi tersebut ke rumah tangga lainnya.

  • Masyarakat

 

Masyarakat merupakan salah satu dari macam-macam pelaku ekonomi. Masyarakat ini sendiri merupakan kumpulan dari beberapa rumah tangga. Masyarakat juga berperan sebagai produsen, konsumen ataupun distributor.

Hal ini bisa kita buktikan karena faktanya masyarakat ini sendiri mempunyai kebutuhan. Dari adanya kebutuhan tersebut, maka masyarakat akan mengonsumsi, memproduksi dan mendistribusikan sesuatu.

  • Perusahaan

 

Perusahaan merupakan kesatuan secara teknis yang menghasilkan suatu barang atau jasa. Namun bukan berarti bahwa perusahaan hanya melakukan kegiatan produksi saja, melainkan juga melakukan kegiatan konsumsi dan distribusi.

Sering kali perusaan diakatakan sebaga produsen karena peran dan fungsi utamanya adalah untuk menghasilkan barang atau jasa. Namun, ada 3 masalah ekonomi yang harus dihadapi oleh perusahaan, yaitu :

-         Apa dan berapa jumlah barang atau jasa yang akan diproduksi ?

-         Bagaimana caranya untuk memproduksi barnag atau jasa tersebut ?

-         Untuk siapa barang atau jasa tersebut diproduksi ?

Perusahaan sebagai konsumen karena pada dasarnya perusahaan juga membutuhkan faktor-fakotr produksi dalam melakukan aktivitasnya. Jadi, dengan kata lain perusahaan merupakan pihak yang menggunakan faktor produksi untuk menghasilkan barang atau jasa.

Sementara itu, perusahaan juga disebut sebagai distributor, karena perusahaan melakukan kegiatan distribusi untuk menjamin agar barang atau jasa yang telah diproduksinya bisa sampai ke tangan masyarakat.

  • Negara

 

Negara atau pemerintah merupakan pelaku ekonomi dengan kekuasaan tertinggi yang mampu memaksakan kehendak warganya. Negara juga berperan sebagai konsumen, karena harus :

-         Menggunakan kendaraan untuk dinas pemerintah

-         Menggunakan perlengkapan untuk administrasi Negara

-         Mengonsumsi kebutuhan Negara

-         Dan lainnya

Negara juga berperan sebagai produsen, karena harus memenuhi fasilitas Negara. Negara juga dikatakan sebagai distributor karena wajib menyalurkan barang atau jasa yang ada.

Inilah sekilas mengenai macam-macam pelaku ekonomi. Semoga bermanfaat


Posted by Tags: 0 Responses
     

Leave a Reply to this Post

Mar
18
2013
 
 
ujiansma.com Search form
DUKUNG GERAKAN LULUS UAN 100% Yang GAG DUKUNG berarti GAG PENGEN LULUS!!!



Recently Active Users
admin