ujiansma.com

Portal pendidikan no 1

Menu

Macam-macam Teater Daerah Jawa Barat

February 18, 2013 | Pembelajaran

Kesenian teater merupakan salah satu kesenian yang banyak mendapatkan perhatian dari orang-orang. Kesenian ini sendiri cukup populer di daerah Jawa Barat sendiri, sehingga banyak sekali macam-macam teater daerah Jawa Barat.

Pada dasarnya, kesenian teater diciptakan sebagai sarana hiburan untuk manusia. Namun, seiring berjalannya waktu dan datangnya arus modernisasi yang begitu cepat, kesenian ini mulai bnayak dilupakan dan ditinggalkan.

Akan tetapi, masih banyak masyarakat setempat yang terus melestarikan kesenian ini. Kesenian ini juga merupakan bagian dari budaya asli Indonesia yang penting. Teater sendiri pastinya sudha tidak asing lagi bagi anda.

Sejak anda duduk di bangku sekolah anda pasti pernah diperkenalkan dengan istilah ini. Beberapa sekolah juga menugaskan anda untuk membentuk sebuah kelompok dan kemudian menampilkan sebuah teater.

Selain itu, di berbagai acara tertentu, misalnya hari pahlawan atau hari peringatan kemerdekaan biasanya sebuah drama akan dibuat berdasarkan tema tersebut dan ditampilkan di hadapan banyak orang.

Untuk mengenal lebih jelas mengenai macam-macam teater daerah Jawa Barat, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

  • Lenong

 

Lenong merupakan kesenian teater tradisional atau sandiwara masyarakat Betawi yang biasanya dibawakan dengan menggunakan dialek Betawi. Kesenian yang satu ini biasanya diiringi oleh music gambang kromong dengan alat music seperti gambang, kromong, gong, kendang, kempor, suling dan krecekan.

Lenong juga mendapatkan pengaruh timur, hal ini bisa dilihat dari beberapa alat music Tionghua yang dipergunakan, yaitu tehyan, kongahyang, dan sukong. Pada umumnya, lakon di dalam lenong ini mengandung pesan moral, yaitu menolong yang lemah dan membenci kerakusan serta perbuatan yang tercela.

Lenong sendiri merupakan kesenian yang berkembang pada akhir abad ke 19. Kesenian ini merupakan adaptasi  oleh masyarakat Betawi terhadap kesenian yang serupa, yaitu komedi bangsawan dan teater stambul yang sudah ada saat itu.

Lenong sendiri terdiri dari dua jenis, yaitu lenong denes dan lenong preman. Lenong denes pada umumnya menggunakan busana formal dan menceritakan kisah tentang kerajaan atau kaum bangsawan. Sedangkan lenong preman pada umumnya berkisah tentang kehidupan sehari-hari

  • Ludruk

 

Salah satu dari macam-macam teater daerah Jawa Barat adalah seni teater ludruk. Ludruk merupakan drama tradisional yang diselenggarakan di sebuah panggung dan mengambil kisah kehidupan rakyat sehari-hari, cerita perjuangan dan lainnya.

Dialog atau monolog dalam ludruk ini bersifat menghibur dan dapat membuat penontonnya tertawa. Bahasa yang digunakan adalah bahasa khas Surabaya. Sebelum memulai teater ludruk ini, biasanya dimulai dengan tari Remo yang diselingi dengan pementasan seorang tokoh yang memerankan Pak Sakera, seorang jagoan Madura.

  • Ketoprak

 

Ketoprak berasal dari bahasa Jawa, yaitu kethoprak yang merupakan seni pentas yang berasal dari Jawa. Dalam sebuah pementasan ketoprak, biasanya terdapat sandiwara yang akan diselingi oleh lagu-lagu Jawa  yang diiringi dengan gamelan yang disajikan.

Tema cerita yang biasanya dipergunakan dalam kesenian ini bisa sangat beragam. Biasanya diambil dari cerita legenda ataupun sejarah Jawa. Namun, seiring perkembangan waktu cerita ketoprak mulai banyak mengambil cerita luar negri.

Namun, tema ceritanya tidak pernah diambil dari repertoar cerita epos, Ramayana dan Mahabhrata. Hal ini karena jika diambil dari cerita tersebut, maka bentuk kesenian akan berubah menjadi wayang orang.

Di beberapa tahun terakhir ini, muncul sebuah tema baru, yaitu ketoprak humor yang ditayangkan di stasiun televisi.

  • Wayang golek

 

Wayang merupakan bentuk teater rakyat yang sangat populer. Pada dasarnya, ada dua jenis wayang golek, yaitu wayang golek papak dan wayang golek purwa yang berada di daerah Sunda. Di dalam wayang golek, terdapat lakon-lakon baik galur maupun carangan.

Alur cerita bisa diambil dari penyebaran agama Islam oleh Wali Songo ataupun cerita Ramayana dan Mahabhrata yang biasanya sambil diiringi oleh gamelan sunda. Pertunjukkan wayang golek juga dipercaya dapat membersihka diri dari kecelakaan dan fungsi spiritual lainnya.

Wayang golek pada saat ini memang lebih banyak dijadikan sebagai sarana hiburan rakyat, namun juga sering ditampilkan pada acara tertentu, misalnya khitanan, perayaan dan lainnya.


Related For Macam-macam Teater Daerah Jawa Barat