Makna Semangat Kebangsaan Sebagai Rasa Nasionalisme | ujiansma.com

Kamu Berada di:
Home » Pembelajaran » Makna Semangat Kebangsaan Sebagai Rasa Nasionalisme

Makna Semangat Kebangsaan Sebagai Rasa Nasionalisme

 

anak_indonesia_by_dicka_v081

Mungkin makna semangat kebangsaan ini sudah menjadi sesuatu yang sudah mendarah daging bagi sebagian dari anda. akan tetapi, tahukah anda bagaimana cara menunjukkan semangat kebangsaan itu sendiri ?

Sebenarnya, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menunjukkan semangat kebangsaan anda, yaitu dengan menjunjung tinggi rasa nasionalisme dan patriotisme. Mengapa demikian ? Hal ini karena kedua istilah tersebut sangatlah erat hubungannya dengan makna semangat kebangsaan.

Lantas, apa yang dimaksud dengan nasionalisme dan patriotisme itu sendiri ? Bisa dikatakan bahwa kedua istilah ini merupakan rasa cinta dan rela berkorban demi tanah air. Akan tetapi, apabila maknanya tidak dipahami dengan baik, maka bisa menimbulkan rasa cinta terhadap tanah air secara berlebihan.

Hal tersebut pernah terjadi di beberapa Negara, misalnya Jerman pada masa pemerintahan Adolf Hitler. Untuk lebih jelas mengenai makna semangat kebangsaan, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

  • Nasionalisme

 

Secara etimologis, kata nasionalisme sendiri berasal dari kata nasional dan isme yang berarti paham mengenai kebangsaan yang mengandung makna kesadaran dan semangat cinta tanah air, memiliki kebanggaan sebagai bangsa atau memelihara kehormatan bangsa, memiliki rasa solidaritas terhadap musibah dan kekurang beruntungan saudara setanah air, sebangsa dan senegara.

Selain itu, nasionalisme ini juga bisa diartikan sebagai paham yang menciptakan dan mempertahankan kedaulatan Negara dengan mewujudkan suatu konsep identitas bersama untuk sekelompok manusia.

Adapun pengertian lain dari nasionalisme menurut ensiklopedia Indonesia, yaitu sikap politik dan social dari sekelompok bangsa yang mempunyai kesamaan kebudayaan, bahasa dan wilayah serta persamaan cita cita dan tujuan dengan meletakkan kesetiaan yang mendalam terhadap kelompok bangsanya.

Oleh karena itu, bisa dikatakan bahwa nasionalisme itu sendiri adalah paham yang meletakkan kesetiaan tertinggi individu yang harus diberikan kepada Negara dan bangsanya, dengan maksud bahwa individu sebagai warga Negara memiliki suatu sikap atau perbuatan untuk mencurahkan segala tenaga dan pikirannya demi kemajuan, kehormatan dan tegaknya kedaulatan Negara dan bangsa.

Nasionalisme ini sendiri terbagi ke dalam dua jenis, yaitu :

-         Nasionalisme dalam arti sempit yang merupakan perasaan cinta atau bangga terhadap tanah airnya secara berlebihan dengan memandang bangsa sendiri lebih tinggi atau unggul dari bangsa lainnya. Paham ini sering juga disebut sebagai chauvinism yang pernah dianut di Italia oleh Benito Mussolini, Jepang oleh Tenno Haika dan Jerman pada masa Adolf Hitler

-         Nasionalisme dalam arti luas merupakan perasaan cinta terhadap tanah air dan bangsanya dengan tidak memandang bangsa lain lebih rendah derajatnya.

Lalu, bagaimana dengan nasionalisme di Indonesia itu sendiri ? Sebenarnya, nasionalisme Indonesia merupakan semangat yang berdasarkan pada pancasila yang selalu menempatkan kepentingan bangsa dan Negara di atas kepentingan pribadi dan golongan.

Indonesia sendiri juga menganut nasionalisme dalam arti luas dan menghindarkan dirinya dari paham chauvinism, ekstrimisme dan kedaulatan yang sempit.

  • Patriotisme

 

Kata patriotisme sendiri berasal dari kata patriot yang berarti pecinta atau pembela tanah air. Oleh karena itu, patriotisme dikatakan sebagai sikap yang bersumber dari perasaan cinta tanah air atau semangat kebangsaan dan nasionalisme, sehingga menimbulkan kerelaan berkorban untuk bangsa dan negaranya.

Adapun ciri khas dari patriotisme, di antaranya adalah :

-         Memiliki rasa cinta terhadap tanah air

-         Rela berkorban untuk kepentingan nusa dan bangsa

-         Menempatkan persatuan, kesatuan dan keselamatan bangsa serta Negara di atas kepentingan pribadi dan golongan

-         Bersifat pembaharuan

-         Tidak kenal kata menyerah

-         Bangga sebagai bangsa Indonesia

Nasionalisme dan patriotisme sangat penting bagi kelestarian kehidupan bangsa Indonesia. Hal ini mengingat pada kondisi :

-         Masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang majemuk atau memiliki keaneka ragaman pada suku, ras, golongan, agama, budaya dan wilayah

-         Alam Indonesia, dimana kepulauan nusantara terletak pada posisi silang yang dapat mengandung kerawanan bahaya dari negri lain

-         Adanya bahaya disintegrasi atau perpecahan bangsa dan gerakan separatism atau ingin memisahkan diri dari suatu bangsa apabila pemerintah tidak bijaksana.

Inilah sekilas mengenai makna semangat kebangsaan. Semoga bermanfaat


Posted by 0 Responses
     

Comments are closed.

Jun
1
2013
 
 
ujiansma.com Search form
DUKUNG GERAKAN LULUS UAN 100% Yang GAG DUKUNG berarti GAG PENGEN LULUS!!!



Recently Active Users
admin