ujiansma.com

Portal pendidikan no 1

Menu

MAN Lebong

November 3, 2015 | Info pendidikan

64upacara-bendera-di-limapuluh-kota

MAN Lebong

Mungkin istilah sekolah sudah sangat sering sekali anda dengarkan. Akan tetapi, bagaimana dengan istilah madrasah ? Di Indonesia sendiri masih banyak sekali masyarakat yang mengenyam pendidikan di madrasah. Sebelum kita membahas mengenai MAN Lebong, sebaiknya kita bahas sedikit mengenai madrasah.

Madrasah merupakan sebuah kata dalam bahasa Arab yang artinya sekolah. Asal katanya yaitu darasa (baca: darosa) yang artinya mengajar. Di Indonesia madrasah dikhususkan sebagai sekolah (umum) yang kurikulumnya terdapat pelajaran-pelajaran tentang keislaman.

Madrasah Ibtidaiyah (MI) setara dengan sekolah dasar (SD), Madrasah Tsanawiyah (MTs) setara dengan Sekolah Menengah Pertama atau SMP dan dan Madrasah Aliyah (MA) setara dengan Sekolah Menengah Atas atau SMA.

Madrasah pertama sepanjang sejarah Islam adalah rumah Abu Abdillah al Arqam bin Abi al Arqam yang merupakan tempat ilmu pengetahuan dan amal saleh diajarkan secara terpadu oleh sang guru pertama, Muhammad Rasulallah. Ia sendiri yang mengajar dan mengawasi proses pendidikan disana, para As Sabiqun al Awwalun adalah merupakan murid-muridnya.

Berbeda dengan sekolah yang merupakan sebuah lembaga yang dirancang untuk pengajaran siswa atau murid di bawah pengawasan guru. Sebagian besar Negara mempunyai sistem pendidikan formal yang umumnya bersifat wajib.

Dalam sistem ini, siswa kemajuan melalui serangkaian sekolah. Selain sekolah-sekolah inti, siswa di negara tertentu juga mungkin memiliki akses dan mengikuti sekolah-sekolah baik sebelum dan sesudah pendidikan dasar dan menengah. TK atau pra-sekolah menyediakan sekolah beberapa anak-anak yang sangat muda (biasanya umur 3-5 tahun).

Alternatif sekolah dapat menyediakan kurikulum dan metode non tradisional. Ada juga sekolah non pemerintah yang disebut sebagai sekolah swasta. Sekolah swasta mungkin untuk anak-anak dengan kebutuhan khusus ketika pemerintah tidak bisa memberi sekolah khusus bagi mereka; keagamaan seperti sekolah Islam, sekolah Kristen, hawzas, yeshivas dan lain-lain, atau sekolah yang memiliki standar pendidikan yang lebih tinggi atau berusaha untuk mengembangkan prestasi pribadi lainnya.

Visi dan misi

Adapun visi dari MAN Lebong ini, yaitu untuk Terwujudnya siswa/ siswi MAN Lebong yang islami, berakhlak  mulia, cerdas dan kompetitif. Sedangkan misi dari sekolah ini adalah untuk :

  • Mengupayakan agar komunitas Madrasah Aliyah Negeri Lebong mengimplementasikan ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari.
  • Menciptakan komunitas Madrasah Aliyah Negeri Lebong yang memiliki akhlak mulia, beradab dan berilmu.
  • Meningkatkan mutu dan daya saing Madrasah Aliyah Negeri Lebong.
  • Mewujudkan manajemen pendidikan yang akuntabel, transparan, efektif, efisien serta visioner
  • Mengembangkan Madrasah Aliyah Negeri Lebong menjadi lembaga pilihan bagi masyarakat.

Related For MAN Lebong